Selamat Datang di Blog saya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Minggu, 05 September 2010

KULIAH ILMU PENDIDIKAN PGSD HARI PERTAMA

SILABUS MATA KULIAH
Dosen : Dr. Tjipto Subadi M.Si
Telp/HP: (0271)780571/0816652241
E-mail : tjiptosubadi@yahoo.com
Blog : Tjipto Subadi Blogspot

----------------------------
Mata Kuliah : Ilmu Pendidikan
Program Studi : PGSD
Kode Mata Kuliah :
Jumlah SKS : 2
Semester : I
Mata Kuliah Pra Syarat : -

Diskripsi Mata Kuliah : Menjabarkan tentang; Tujuan, manfaat, dan Linkup mata kuliah; Sifat Hakikat manusia; Hakikat Peserta Didik; Hakikat Pendidikan; Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan; Unsr-Unsur Pendidikan; Sistem Pendidikan dan Sisstem Pendidikan Nasional; Kewibawaan; Permasalahan Pendidikan Nasional.

Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu mendiskripsikan Tujuan, manfaat, dan
Linkup mata kuliah; Sifat Hakikat manusia; Hakikat Peserta Didik; Hakikat
Pendidikan; Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan; Unsr-Unsur Pendidikan; Sistem
Pendidikan dan Sisstem Pendidikan Nasional; Kewibawaan; Permasalahan Pendidikan
Nasional.

Kompetensi Dasar
1.Dapat mendiskripsikan arti pentingnya mata kuliah Ilmu Pendidikan bagi jurusan PGSD
2.Dapat mendis-kripsikan makna Hakikat Manusia
3.Dapat mendis-kripsikan Hakikat, karak-teristik Peserta Didik dan berbagai potensi
yang harus dikembangkan
4.Dapat menjelaskan Konsep Hakikat Pendidikan dari berbagai Pendekatan
5.Mendiskripsikan makna visi,misi, tujuan dn azsas-azas pendidikan
6.Dapat mengidentifikasi Unsur-Unsur Pendidikan
7.Mendiskripsikan Makna Sistem Pendidikan SISDIK
8.Mendiskripsikan Makna Sistem Pendidikan Nasional SISDIKNAS
9.Mendiskripsikan Makna Kewibawaan Dalam Pendidikan
10.Mengidentifikasi berbagai permasalahan pendidikan nasional

Indikator
1.Mendiskripsikan arti pentingnya mata kuliah Ilmu Pendidikan bagi jurusan PGSD
2.Merumuskan Konsep tentang Sifat Hakikat Manusia (SHM)
3.Identifikasi Hakikat, karakteristik Peserta Didik (HPD)dan berbagai potensi yang
harus dikembangkan
4.Merumskan Konsep Hakikat Pendidikan dari berbagai Pendekatan
5.Secara berkelompok mahasiswa membuat rumusan tentang makna visi, misi, tujuan,
dan azas-azas pendidikan
6.Mendiskripsikan Unsur-Unsur Pendidikan
7.Secara individual dapat merumuskankan makna SISDIK
8.Secara individual dapat merumuskankan makna Sistem Pendidikan Nasional SISDIKNAS
9.Secara individual dapat merumuskankan makna Kewibawaan Dalam Pendidikan
10.Mendiskripsikan berbagai permasalahan pendidikan nasional

Pengalaman Pembelajaran
1.Berdiskusi untuk merumuskan arti penting-nya mata kuliah Ilmu Pendidikan bagi
jurusan PGSD
2.Mencari informasi tenang SHM dari berbagai sumber belajar
3.Berdiskusi kelas untuk merumuskan Konsep HPD
4.Berdiskusi dengan dengan sesma teman untuk merumuskan Konsep Hakikat Pendidikan
dari berbagai Pendekatan
5.Mencermati uraian materi tentang makna visi,misi, tujuan dan azsas-azas
pendidikan dari sumber belajar
6.Mahasiswa mencermati Bahan belajar darai berbagai sumber
7.Secara berkelompok mahasiswa berdiskusi tentang SISDIK
8.Mahasiswa Mencermati UU SISDIKNAS
9.Secara berkelompok berdiskusi bahan belajar
10.Secar berkelompok mahasiswa melakukan pencermatan pendidikan di Indonesia

POKO-POKOK MATERI
A.PENDAHULUAN
1.Tujuan Mata Kuliah
2.Manfaat Mata Kuliah
3.Lingkup Mata Kuliah
B. SIFAT HAKIKAT MANUSIA
1. Pengertian
2.Sifat Hakikat Manusia
3.Wujud Sifat hakikat Manusia
4. Pengembangan wujud sifat hakikat manusia
C. HAKIKAT PESERTA DIDIK
1.Makna Hakikat Peserta Didik
2.Karakteristik Peserta Didik
3. Potensi Peserta Didik
D. HAKIKAT PENDIDIKAN
1.Pendekatan Reduksionisme
a. Pedekatan Pedagogis
b. Pendekat-an Filo-sofis
c. Pendekatan Religius
d. Pendekat-an Psiko-logis
e. Pendekat-an Negativis
f. Pendekat-an Sosio-logis
2.Pendekatan Holistik Integratif
E. VISI DAN MISI PENDIDIKAN
1.Visi Pendidikan
2.Misi Pendidikan
3.Dasar Pendidikan
4.Tujuan Pendidikan
5.Azas-Azas Penddikan
F. UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN
1.Peserta Didik
2.Pendidik
a. Hakikat Pendidik
b. Tugas dan tanggungjawab pendidik
c. Persyaratan Pendidik
3.Interaksi Edukatip
4.Alat Pendidikan
5.Aspek Tujuan
6.Aspek Lingkungan
7.Waktu Pelaksanaan
G. SISTEM PENDIDIKAN
1.Pengertian Sistem
2.Sistem Pendidikan
3.Komponen Sistem
H.SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
1.Pengertian
2.UU SISDIKNAS
3.PERMEN
I.KEWIBAWAAN DALAM PENDIDIKAN
1.Pengertian Kewibawaan
2.Macam- macam Kewibawaan
3.Alat Kewibawaan
4.Kewibawaan Dan Anak
J. PERMASALAH-AN PENDIDIK-AN
1.Maslah Kualitas
2.Masalah Relevansi
3.Masalah Efektifitas

DAFTAR PUSTAKA

1.Muchtar Buchori.2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.
2.Dirto Hadisusanto.dkk.1995. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta:FIP-IKIP
3.Langgulung Hasan (th). Asas-Asas Pendidikan Islam.Jakarta: Pustaka Al-Husna
4.Team Pend. 2003. Landasan Pendidikan. Surakarta: UMS
5.H.A.R. Tilaa. 2000. Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat madani Indonesia.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
6.Umar Tirahardja. 1994. Pengentar Pendidikan. Jakarta: P3TK DEPDIKBUD
7.UU SUSDIKNAS
8.Uyoh Sadulloh. Dkk 2006. Pedagogik. Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPPI PRESS
9.Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: BIGRAF Publishing
10.Akses Internet.

TUGAS INDIVIDUAL
1.Kembangkan dalam bentuk Makalah untuk pokok bahasan A dan B
2.Kuliah yang akan datang dikumpulkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar