Selamat Datang di Blog saya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kamis, 23 Juni 2011

PENDALAM MATERI MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

PENDALAMAN MATERI
MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

TEORI PERKEMBANGAN
PENGERTIAN PERKEMBANGAN
PERKEMB. : POLA PERUBAHAN INDIVIDU YG BERAWAL PD MASA KONSEPSI DAN TERUS BERLANJUT SEPANJANG HAYAT ( SANTROCK & YUSSEN, 1992)
PERKEMBANGAN : PSIKIS, SIFATNYA KUALITATIF
PERTUMBUHAN : FISIK, SIFATNYA KUANTITATIF
PERKEMBANGAN SEBAGAI PROSES HOLISTIK : SEMUA ASPEK DIRI MANUSIA ( BIOLOGIS, KOGNITIF, PSIKOSOSIAL)
TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN SEPANJANG KEHIDUPAN (HAVIGHURST)
MASA BAYI DAN AWAL MASA KANAK-KANAK
o a. Belajar makanan padat
o b. belajar makan
o c. Belajar berbicara
o d. Bel. Mengendalikan pembuangan kotoran tubuh.
o e. mempelajari perbedaan seks dan tata caranya
o f. mempersiapkan diri untuk membaca
o g. belajar membedakan mengembangkan hati nurani
AKHIR MASA KANAK-KANAK
o mempelajari keterampilan fisik yg diperlukan untuk permainan umum
o Membangun sikap sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yg sedang tumbuh
o Bel. menyesuaikan diri dg teman sebaya
o Mulai mengembangkan peran sosial
o Mengembangkan keterampilan dasar (baca, tulis, hitung)
o f. Mengembangkan pengertian2 yg diperlukan untuk keidupan sehari-hari
o g. Mengembangkan hati nurani
o h. mengemb.sikap thd kelpk. Sosial
o i. Mencapai kebebasan pribadi
AWAL MASA DEWASA
o Mulai bekerja
o Memilih pasangan
o Belajar hidup dengan tunangan
o Mulai membina keluarga
o Mengasuh anak
o Mengelola rumah tangga
o Mengambil tanggung jawab sebagai WN
o Mencari klpk sosial yg menyenangkan
MASA USIA PERTENGAHAN
 a. Mencapai tanggung jawab sosial
 b. Membantu anak2 remaja belajar untuk menjadi dewasa yg bertanggungjawab dan bahagia
 c. Mengembangkan kegiatan pengisi waktu luang
 d. Menghubungkan diri sendiri dg pasangan hidup sebagai individu
 e. Menerima dan menyesuaikan diri dg perubahanfisik yg terjadi
 f. Menyesuikan diri dg orang tua yg semakin tua
Masa tua
o Menyesuikan diri dg menurunnya kekuatan fisik dan kesehatan
o Menysuikan diri pada masa pensiun
o Menyesuikan diri dg kematian pasangan hidup
o Membentuk hub. Dg orang seusia
o Membentuk pengaturan kehidupan fisik yg memuaskan
TEORI PERKEMBANGAN SECARA KLASIK
Teori empirik ; Tokohnya : John Locke, Manusia lahir bagaikan : tabula rasa, Perkemb. berdasarkan pengalaman dari lingkungannya
Teori Nativisme ; Tokohnya Schopenheaur, Manusia lahir dalam keadaan baik/positif atau negatif, Perkembangannya secara alami
Teori Naturalisme ; Tokohnya Rouseau, Manusia lahir dalam keadaan positif/baik, Perkembangan berdasarkan alami
Konvergensi ; Tokohnya William Stern, Perkembangan manusia dipengaruhi faktor intern dan ekstern
Teori perkembangan menurut Sigmund Freud, Teorinya psikoanalitik, ada tiga tahapan
1. The id : umur 1 th, kepuasan biologis, tak peduli, belum mengenal nilai dan norma-norma
2. The Ego : 2 th. Terus berkembang perilakunya : mulai mengendalikan dorongan dr dlm dirinya, Mulai mampu mempelajari dan menemukan cara menyelesaikan masalah, Mulai mampu menyeleksi perilaku apa yg boleh dan tidak boleh
3. The super ego : 6-7 th mulai matang
Discribe the volluwing items.

1. Characteristics of children aged Middle School
2. Needs of children aged Middle School
3. The problems faced by the children of intermediate school age.
4. Children caracteristics of elementary school age
5. Development of children aged Elementary School
6. Method of education in elementary school.
7. The basic concepts of guidance in schools.
8. The functions and purposes of guidance in schools.
9. The basic principles of school guidance.
10. The steps of guidance in schools.

2 komentar:

  1. asalamualaikum, pak TJIPTO saya Sri handayani mahasiswa ums Purwodadi, mau memberi komentar mengenai blog anda. saya sangat setuju dengan blog anda karena bisa menambah pengetahuan saya tentang Islam sehingga saya dapat lebih mendekatkan diri pada NYA.Terimakasih, Asalamualaikum Warahmatulohi wabarokatuh.

    BalasHapus
  2. maaf pak, TADI NIMNYA KETINGGALAN. INI NIM SRI HANDAYANI MAHASISWA UMS PURWODADI NIM:A54F101037

    BalasHapus