Selamat Datang di Blog saya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kamis, 23 Juni 2011

PENDALAMAN MATERI MATA KULIAH STUDI ISLAM III

PENDALAMAN MATA KULIAH STUDY ISLAM III
1. Prinsip-prinsip Islam tentang pendidikan
(cakupan pembahasan; menjelaskan pengertian pendidikan, penguraikan ayat-ayat Al-Quran yang dijadikan dasar pendidikan, memahami batas awal dan akhir proses pendidikan, menjelaskan catur pusat pendidikan, menjelaskan faktor-faktor pendidikan)

2. Prinsip-prinsip Islam tentang kesehatan
(cakupan pembahasan; menghubungkan Islam dan kesehatan, membandingkan pentingnya kesehatan fisik dengan mental dan lingkungan, menghubungkan kesehatan fisik, gizi dan mental, menguraikan dalil tentang pentingnya memelihara lingkungan hidup, dan mengaplikasikan nilai-nilai Islam tentang kesehatan dan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari)

3. Prinsip-prinsip Islam tentang hukum/syariah
(cakupan pembahasan; menjelaskan kewenangan penguasa, menjelaskan pengakuan dan perlindungan hak-hak rakyat, menguraikan hukum perjalanan, penerapan hukum jual beli dalam kehidupan sehari-hari)

4. Prinsip-prinsip Islam tentang farmasi dan genetika
(cakupan pembahasan; menguraikan macam dan jenis penyakit, batas-batas pemanfaatan bahan haram dalam pengobatan, jenis pengobatan alternatif yang dilarang dan yang diperbolehkan, pengaruh lingkungan terhadap perkembangan janin, bahaya makanan dan minuman yang haram dan yang berlebihan, bahayanya hubungan laki-laki dengan perempuan di luar nikah, bahayanya tidak mampu mengendalikan nafsu sex, kloning manusia dilihat dari sudut Agama Islam).

5. Gender dalam Islam
(cakupan pembahasan; makna sex dan genger, membedakan antara sex dan gender, menghubungkan perkembangan gender pada masa pra Islam dengan masa Nabi Muhammad SAW., gender dan feminisme)

6. a. Ada tiga istilah pendidikan (dalam bahasa arab), yaitu ta’lim. Tarbiyah, ta’dib. Jelaskan
persamaan dan perbedaannya.
b. “Uthlubul ‘ilma minal mahdi ilaallahdi” konsep ini erat kaitannya dengan konsep “life long education”. Jelakan !
c. Mengapa keluarga, masjid, madrasah, dan masyarakat menjadi pusat pendidikan Islam? Dan bagaiman keterkaitan antara keempat pusat pendidikan Islam tersebut ?
7. Ayat Al Quran di bawah ini menjelaskan tetang perjanjian
……… يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَوْفُوا بِالْعُقُودِ
a. Terjemahkanlah ayat diatas
b. Menurut Syayyid Sabiq ada 3 syarat yang harus dipenuhi dalam membuat perjanjian, sebutkan !

8. Ayat di bawah ini menjelaskan larangan makan harta dengan cara batil, melainkan dengan jalan jual-beli suka sama suka.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً

عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ

a. Terjemahkanlah ayat di atas
b. Agar jual-beli itu syah maka harus dipenuhi minimal 3 syarat, sebutkan !

9. a. Islam mengajarkan kepada umat agar menjaga minimal 3 kesehatan yaitu kesehatan fisik, roahani (mental) dan kesehatan sosial. Jelaskan menurut logika berpikir saudara (pandangan saudara).
b. Bagaimana Islam memandang terhadap pengobatan alternatif. Jelaskan!
c. Berbohong atau berdusta, menfitnah dalam komunikasi merupakan sumber kejahatan, jelaskan!

3 komentar:

  1. Nama : Mohamad Wisnu
    Nim : A.610110108
    FKIP Geografi



    Dari sini, semakin jelaslah bahwa agama Islam yang mulia ini tak hanya meperhatikan prinsip keilmuan semata. Namun dalam segala aspek kehiddupan dan yang paling mendasar adalah prinsip mengenai akhlak mulia dan amal shalih (sebagai aplikasi dari keilmuan tersebut). Seperti yang telah diguratkan Rasulullah dengan sedalam-dalamnya pada bingkai agama Islam.

    BalasHapus
  2. Nama : Rita Indariani
    NIM : A.610090017
    FKIP Geografi

    tanggapan saya, bahwasannya islam membahas segala perkara yang didunia dan gambaran kehidupan setelah mati. tidak ada kata ketinggalan zaman, membahas segala hal mulai dari perkara kecil hingga perkara yang besar. baik itu pernah ada dalam ulasan sejarah bahkan perkara yang belum diketahui manusia. terima kasih

    BalasHapus