Pendalaman Mata Kuliah Inovasi Pendidikan
Untuk mendalami materi Inovasi Pendidikan saudara bisa mempelajari soal-soal latihan di bawah ini
1. Pengertian inovasi, pengertian pembelajaran, dan pengertian inovasi pembelajaran.
2. Tahapan pembelajaran .
3. Pengertian strategi pembelajaran, mcam-macam strategi pembelajaran.
4. Langkah-langkah pembelajaran jigsaw modifikasi.
5. Pengertian micro teaching, beberapa ketrampilan pembelajaran micro teaching
6. Pengertian PTK, ciri-ciri / karakteristik PTK.
7. Tujuan PTK sebagai inovasi pembelajaran.
8. Pengertian lesson study, ciri-ciri atau karakteristik lesson study.
9. Langkah-langkahnya (siklus) lesson study sebagai inovasi pembelajaran.
10. Alasan perlunya inovasi dalam pembelajaran sebagai inovasi pendidikan.
11. Landasan hukum penyelenggasraan lesson study sebagai inovasi pembelajaran
12. Mengapa ICT (Information Comuncation Tecnology) sebagai inovasi dalam pembelajaran.
13. Jelaskan pengertian salah satu strategi pembelajaran, kemudian sebutkan kebaikan dan kelemahannya !
14. Mengapa micro teaching disebut sebagai inovasi pembelajaran?
15. Mengapa PTK disebut sebagai inovasi pembelajaran, sebutkan kebikan dan kelemahannya?
16. Mengapa lesson study disebut sebagai inovasi pembelajaran ?
17. Jelaskan pengertian kurikulum
18. Sebutkan beberapa fungsi kurikulum
19. Sebutkan prinsip-prinsip proses pengembangan kurikulum.
20. Jelaskan pengertian diferensiasi
21. Jelaskan yang pengertian kurikulum diferensiasi
22. Jelaskan kebijakan pemerintah tentang inovasi pendidikan
23. Jelaskan pula kebijakan pemerintah tentang pengembangan Karier Guru tentang Sertifikasi
24. Jelaskan secara singkat isi dari UU Nomor 14 Tahun 2005 !
25. Dalam penentuan materi, ditetapkan prosedur dan kriteria penetuan, sehingga guru dapat terhindar dari kesembronoan penetapan bahan ajar. Penetuan bahan ajar terikat oleh kriteria atau basis tertentu. Salah satu basis tersebut adalah kompetensi dan kreteria.
a. Beri penjelasan apa yang dimaksud dengan berbasis kompetensi dan berbasis indikator dalam penetapan bahan ajar !
b. Berilah salah satu contoh prosedur penetapan bahan ajar di atas kemudian seperti apa contohnya !
26. Setelah munculnya teori konstruktivisme dari Lev Vygotsky (1978), maka layaman pendidikan banyak yang berubah bahkan muncul teori belajar baru. Teori Vygotsky telah mengilhami lahirnya cara mendiferenciasi instruktional.
a. Apa yang dimaksud dengan konstruktivisme dalam pembelajaran dari Vygotsky ?
b. Jelaskan apa yang dimaksud diferensiasi dan kurikulum diferensiasi !
c. Bagaimana diferensiasi instruksional terjadi terutama dalam kelas inklusif ?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Terimakasih Pak.. :)
BalasHapusterima kasih pak, ats kisi2 yg diberikan.
BalasHapusdan terima kasih ats waktunya 1 semester ini,
semoga bermanfaat bagi kita semua.
asalamualaikum warahmatulohiwabarokatuh
BalasHapus