Selamat Datang di Blog saya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Senin, 07 Mei 2012

MATA KULIAH: INOVASI PENDIDIKAN. Prodi: PBSID dan P. Geografi. Kuliah Setelah Ujian Tengah Semester (Mei 2012). Mahasiswa diwajibkan memberi komentar sebagai bukti kalau sdr sudah buka blog ini

Kurikulum Diferensiasi



1. Pengertian Kurikulum
Ada banyak kalangan yang beranggapan bahwa kurikulum berhubungan dengan materi ajar, sehingga kurikulum selalu dikaitkan dengan buku-buku pelajaran. Jika kita runut dari awal, sebenarnya istilah kurikulum berawal dari istilah olah-raga pada zaman Yunani kuno yang berasal dari kata curir dan curere yang kemudian dimaknai sebagai jarak tempuh yang dilakukan oleh seorang pelari.
Sementara Sukmadinata (2006 : 5) membedakan antara kurikulum sebagai rencana (curriculum plan) dengan kurikulum yang fungsional (functioning curriculum). Sebagai suatu rencana pendidikan atau pengajaran., Menurut Beauchamp, pelaksanaan rencana tersebut sudah termasuk dalam pengajaran. Sementara menurut Zais, kurikulum tidak dapat dinilai dari dokumen tertulisnya saja, melainkan harus dinilai dalam proses pelaksanaan fungsinya dalam kelas. Sedangkan S. Nasution (2008: 5) menjelaskan kurikulum adalah suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses berlajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggunga jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. Kurikulum adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di bawah pengawasan sekolah, jadi selain kegiatan kulikuler yang formal juga kegiatan yang tak formal.
Untuk mendapatkan rumusan tentang pengertian kurikulum, para ahli mengemukakan pandangan yang beragam. Dalam pandangan klasik, lebih menekankan kurikulum dipandang sebagai rencana pelajaran di suatu sekolah. Pelajaran-pelajaran dan materi apa yang harus ditempuh di sekolah, itulah kurikulum. George A. Beauchamp (1986) mengemukakan bahwa: “ A Curriculun is a written document which may contain many ingredients, but basically it is a plan for the education of pupils during their enrollment in given school”. Dalam pandangan modern, pengertian kurikulum lebih dianggap sebagai suatu pengalaman atau sesuatu yang nyata terjadi dalam proses pendidikan, seperti dikemukakan oleh Caswel dan Campbell (1935) yang mengatakan bahwa kurikulum … to be composed of all the experiences children have under the guidance of teachers. Dipertegas lagi oleh pemikiran Ronald C. Doll (1974) yang mengatakan bahwa : “ …the curriculum has changed from content of courses study and list of subject and courses to all experiences which are offered to learners under the auspices or direction of school.
Untuk mengakomodasi perbedaan pandangan tersebut, Hamid Hasan (1988) mengemukakan bahwa konsep kurikulum dapat ditinjau dalam empat dimensi, yaitu:
1. Kurikulum sebagai suatu ide; yang dihasilkan melalui teori-teori dan penelitian, khususnya dalam bidang kurikulum dan pendidikan.
2. Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, sebagai perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide; yang didalamnya memuat tentang tujuan, bahan, kegiatan, alat-alat, dan waktu.
3. Kurikulum sebagai suatu kegiatan, yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis; dalam bentuk praktek pembelajaran.
4. Kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan konsekwensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan, dalam bentuk ketercapaian tujuan kurikulum yakni tercapainya perubahan perilaku atau kemampuan tertentu dari para peserta didik.
Sementara itu, Purwadi (2003) memilah pengertian kurikulum menjadi enam bagian : (1) kurikulum sebagai ide; (2) kurikulum formal berupa dokumen yang dijadikan sebagai pedoman dan panduan dalam melaksanakan kurikulum; (3) kurikulum menurut persepsi pengajar; (4) kurikulum operasional yang dilaksanakan atau dioprasional kan oleh pengajar di kelas; (5) kurikulum experience yakni kurikulum yang dialami oleh peserta didik; dan (6) kurikulum yang diperoleh dari penerapan kurikulum.
Dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional sebagaimana dapat dilihat dalam Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 19, menyatakan bahwa: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu” (diakses dari www.muniryusuf.com/.../pengertian-pendidikan-kurikulum-diferensiasi Written by Munir Yusuf on February 2, 2010 — Leave a Comment)
Dari uraian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana yang berisi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, isi, bahan pelajaran, cara yang digunakan, dan semua komponen yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan (pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, laboratorium, perpustakaan, gedung sekolah, lingkungan sekolah, jongos sekolah dan lain-lain) yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2. Fungsi Kurikulum
Hamalik (2007:13) menyatakan bahwa kurikulum memiliki beberapa fungsi yaitu : (1) Fungsi penyesuaian, (2) Fungsi pengintegrasian, (3) Fungsi diferensiasi, (4) Fungsi persiapan, (5) Fungsi pemilihan, dan (6) Fungsi diagnostik.
a. Fungsi Penyesuaian (The Adjustive of Adaptive Function).
Individu hidup dalam lingkungan. Setiap individu harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya secara menyeluruh. Karena lingkungan senantiasa berubah dan bersifat dinamis, maka masing-masing individu pun harus memiliki kemampuan menyesuaikan diri secara dinamis pula. Dibalik itu, lingkungan pun harus disesuaikan dengan kondisi perorangan. Di sinilah letak fungsi kurikulum sebagai alat pendidikan, sehingga indi¬vidu bersifat well-adjusted.
b. Fungsi Integrasi (The Integrating Function).
Kurikulum berfungsi mendidik pribadi-pribadi yang terintegrasi. Oleh karena individu sendiri merupakan bagian dari masyarakat, maka pribadi yang terintegrasi itu akan memberikan sumbangan dalam pembentukan atau pengintegrasian masyarakat.
c. Fungsi Diferensiasi (The Differentiating Function).
Kurikulum perlu memberikan pelayanan terhadap pebedaan di antara setiap orang dalam masyarakat. Pada dasarnya, diferensiasi akan mendorong orang berpikir kritis dan kreatif, sehingga akan mendorong kemajuan sosial dalam masyarakat. Akan tetapi, adanya diferensiasi tidaf berarti mengabaikan solidaritas sosial dan integrasi, karena diferensiasi juga dapat menghindarkan terjadinya stagnasi sosial.
d. Fungsi Persiapan (The Propaedeutic Function).
Kurikulum berfungsi mempersiapkan siswa agar mampu melanjutkan studi lebih lanjut untuk suatu jangkauan yang lebih jauh, misal melanjutkan studi ke sekolah yang lebih tinggi atau persiapan belajar di dalam masyarakat Persiapan kemampuan belajar lebih lanjut ini sangat diperlukan, mengingat sekolah tidak mungkin memberikan semua yang diperlukan siswa atau apa pun yang menarik perhatian mereka.
e. Fungsi Pemilihan (The Selective Function).
Perbedaan (diferensiasi) dan pemilihan (seleksi) adalah dua hal yang saling berkaitan. Pengakuan atas perbedaan berarti memberikan kesempatan bagi seseorang untuk memilih apa yang diinginkan dan menarik minatnya. Kedua hal tersebut merupakan kebutuhan bagi masyarakat yang menganut sistem demokratis. Untuk mengembangkan berbagai kemampuan tersebut, maka kurikulum perlu disusun secara luas dan bersifat fleksibel.
f. Fungsi Diagnostik (The Diagnostic Function).
Pendidikan adalah membantu dan mengarahkan siswa untuk mampu memahami dan menerima dirinya, sehingga dapat mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Hal ini dapat dilakukan jika siswa menyadari semua kelemahan dan kekuatan yang dimilikinya melalui proses eksplorasi. Selanjutnya siswa sendiri yang memperbaiki kelemahan tersebut dan mengembangkan sendiri kekuatan yang ada. Fungsi ini merupakan fungsi diagnostik kurikulum dan akan membimbing siswa untuk dapat berkembang secara optimal. (forumguruhebat.blogspot.com/Tio dalam blog Forum Guru Hebat)
3. Proses Pengembangan Kurikulum
Kurikulum pada dasarnya berfungsi sebagai pedoman terutama bagi pendidik di setiap jenjang pendidikan pada tingkat satuanya masing-masing, oleh karenanya ada sejumlah prinsip dalam proses pengembanganya. Berikut ini beberapa prinsip dalam pengembangan kurikulum yaitu (1) Prinsip relevansi. (2) Prinsip fleksibilitas (3) Prinsip kontinuitas (4) Prinsip efisiensi, dan (5) Prinsip efektifitas.
a. Prinsip Relevansi
Kurikulum sebagai pedoman akan membawa siswa untuk dapat memaknai hidup sesuai dengan aturan hidup yang ada di masyarakat dan membekali siswa baik dalam bidang pengetahuan, sikap maupun keterampilan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Oleh karenanya dalam penyusunan kurikulum yang didapat melalui pengalaman belajar siswa, kurikulum harus relevan dengan kebutuhan masyarakat dan inilah yang dinamakan prinsip relevansi.
Relevansi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu relevansi internal dan relevansi eksternal. Wina (2008 : 39) Relevansi internal adalah bahwa setiap kurikulum harus me-miliki keserasian antara komponen-komponennya, yaitu keserasian antara tujuan yang harus dicapai, isi, materi atau pengalaman belajar yang harus dimiliki siswa, strategi atau metode yang digunakan serta alat penilaian untuk melihat ketercapaian tujuan. Relevansi internal ini menunjukkan keutuhan suatu kurikulum.
Relevansi eksternal memiliki makna bahwa antara tujuan, isi, dan proses belajar siswa yang tercakup dalam kurikulum seyogiyanya sesuai dengan kebutuh¬an dan tuntutan masyarakat. Menurut Wina (2008 : 39) dalam pengembanganya relevansi eksternal terbagi menjadi tiga: Pertama, relevan dengan lingkungan hidup peserta didik. Artinya isi kurikulum hendaknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar siswa. Misalkan untuk siswa yang tinggal di perkotaan perlu dikenalkan kehidupan lingkungan perkotaan seperti bagaimana cara menyebrang yang baik pada zebra cross, pelayanan jasa : pembayaran Air, Listrik, Telepon baik secara manual maupunonline dan sebagainya. Kedua, relevan dengan perkembangan zaman baik sekarang maupun dengan yang akan datang. Artinya, isi kurikulum harus sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang berkembang. Selain itu juga apa yang diajarkan kepada siswa harus bermanfaat untuk kehidupan siswa pada waktu yang akan datang. Ketiga, relevan dengan tuntutan dunia pekerjaan. Artinya, bahwa apa yang diajarkan di sekolah harus mampu memenuhi dunia kerja. Misalkan pembelajaran Internet yang diajarkan pada siswa, memiliki tujuan bahwa suatu saat nanti apa yang telah diajarkan dapat memberikan manfaat di masyarakat, terutama dalam mengahadpi kemajuan teknologi informasi.
b. Prinsip Fleksibilitas
Prinsip ini lebih menekankan tentang perlunya sifat fleksibel atau kelenturan, prinsip ini dirasa perlu karena bisa jadi apa yang kita harapkan dalam kurikulum ideal tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di masyarakat artinya kurikulum harus dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang ada.
Menurut Wina (41:2008) Prinsip fleksibilitas memiliki dua sisi: Pertama, fleksibel bagi guru, yang artinya kurikulum harus memberikan ruang gerak bagi guru untuk mengembangkan program pengajarannya sesuai dengan kondisi yang ada. Kedua, fleksibel bagi siswa, artinya kurikulum harus menyediakan berbagai kemungkinan program pilihan sesuai dengan bakat dan minat siswa.
c. Prinsip Kontinuitas
Kontinuitas yang dimaksud disini adalah berkesinambungan, artinya perkembangan proses belajar itu tidak terputus-putus tapii berkesinambungan-terus menerus. Oleh karenanya pengalaman yang meski ada dalam isi kurikulum harus memperhatikan kesinambungan antara materi pelajaran pada berbagai jenjang dan jenis program pendidikan.
Untuk itu pengembangan kurikulum meski dilakukan secara bersama-sama antara pengembang kurikulum pada setiap jenjang pendidikan sekolah dasar, jenjang SLTP jenjang SLTA, dan pengembang kurikulum pada perguruan tinggi.
d. Praktis (Efisiensi)
Kurikulum praktis dikatakan baik jika memenuhi prinsip efisiensi yang berhubungan dengan tenaga, waktu, sarana, dan biaya yang dikeluarkan semurah mungkin dan hasil yang diperoleh dapat maksimal. Karena sehebat dan seideal-idealnya kurikulum namun jika peralatan, sarana dan prasarana sangat mahal harganya, maka kurikulum tidaklah praktis dan akan sulit untuk di implementiiskan, oleh karenanya kurikulum meskinya harus dirancang utnuk dapat digunakan dalam situasi apapun (keadaan terbatas).
e. Efektifitas
Kurikulum disamping harus murah dan sederhana, bukan lantas mengindahkan faktok keberhasilan yang ingin dicapai dari kurikulum itu sendiri baik secara kualitas maupun kuantitas. Karena pengembangan kurikulum merupakan penjabaran dari perencanaan pendidikan. Menurut Wina (2008:4) Prinsip efektivitas berkenaan dengan rencana dalam suatu kurikulum dapat dilaksanakan dan dapat dicapai dalam kegiatan belajar mengajar. Terdapat dua sisi efektivitas dalam suatu pengembangan kurikulum. Pertama, efektivitas berhubungan dengan kegiatan guru dalam melaksanakan tugas mengimplementasikan kurikulum di dalam kelas. Kedua, efektivitas kegiatan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar. (forumguruhebat.blogspot.com/Tio dalam blog Forum Guru Hebat)
4. Diferensiasi berarti bahwa suatu produk atau jasa memiliki tidak saja keberbedaan dengan produk atau jasa yang sudah ada, melainkan juga merupakan titik keunggulan dibandingkan yang lainnya itu. Tetapi, diferensiasi tidak berarti ‘asal berbeda’, sehingga kalau sudah berbeda berarti pasti memiliki titik keunggulan yang dimaksud.
5. Kurikulum Diferensiasi
a. Kurikulum diferensiasi adalah kurikulum yang memberi pengalaman pendidikan yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan intelektual siswa (Ward, 1980).
b. Kurikulum diferensiasi adalah kurikulum yang menantang sesuai dengan kemampuan siswa. Kurikulum yang mempunyai karakter cepat belajar, mampu menyelesaikan problem lebih cepat maupun keunggulan lain.
c. Kurikulum berdiferensiasi adalah kurikulum nasional dan lokal yang dimodifikasi dengan penekanan pada materi esensial dan dikembangkan melalui sistem eskalasi yang dapat memacu dan mewadahi secara integrasi pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

133 komentar:

  1. Nama : RIAN APRILIANI
    Nim : A310100110

    Materi tentang kurikulum hingga kurikulum deferensiasi ini dapat menambah pengetahuan saya terhadap ragam kurikulum yang mungkin belum dijelaskan secara gamblang di buku refrensi.
    Terimakasih Pak Tjipto.

    BalasHapus
  2. assalamualaikum,

    izin masuk pak?

    BalasHapus
  3. terima kasih ya pak materinya...smakin tambah ilmu pengetahuan saya tentang kurikulum diferensiasi

    #Riki Madsyuri (A 310 100 108)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. wah tambah lg ilmu beta... makasih pak

    dwi achmad fauzan: a310100111

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak mau tanya.
      1. Sebuah kurikulum pastinya memiliki hambatan baik secara eksternal maupun internal termasuk kurikulum diferensiasi. yang saya tanyakan hambatan apa saja yang dialami dlam pengembangan kurikulum diferensiasi?

      2. Apakah setiap sekolah didaerah2 terpencil seperti daerah pedalaman kalimantan juga bisa menggunakan kurikulum semacam ini? jika bisa, hal apa saja yang harus dilakukan demi mendukung terlaksananya kurikulum ini.


      trimakasih

      Hapus
  5. sangat bermanfaat materi yang Bapak tulis...terimaksih

    Vandy Saputra
    A310100102

    BalasHapus
  6. Alkhamdulillah materinya sudah diunduh, superrr sekali ^_^
    Terima kasih bapak sudah membagikan pengetahuan kepada kami lewat blog ini

    Puspasari Nur Hidayah
    A 310 100 081
    PBSID

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaykum hatur nuhun bapak sudah diberi materi mengenai Kurikulum Diferensiansi.

    Fitri Kartikasari
    A 310 100 068

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Selamat malam bapak, materi sudah diunduh.
    Laporan selesai :D

    Putri Ambarsari
    A 310 100 070

    BalasHapus
  10. Terima kasih pak atas pemberian materinya, blog bapak sangat membantu ;-)

    Widya Putri
    A 310 100 051

    BalasHapus
  11. Materi sudah diunduh pak,,,
    siap untuk dibuat belajar untuk pertemuan berikutnya.....
    terimakasih,,,,

    Novita Asriyanti K.
    A.610090093
    Pend.geografi

    BalasHapus
  12. trimakasih pak, atas tambahan materinnya, melalui blog bapak..

    waskito hari handoyo
    a.310100087

    BalasHapus
  13. atur nuwun pak,.. atas materi yang telah bapak tulis melalui blog bapak, semoga sangat berguna...

    Eko Nuryanto
    A. 310100089

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Terima kasih bapak..,
    telah memberikan materi tambahan di blog bapak..,semoga dengan tamabahan materi ini dapat menambah ilmu dan berguna kedepannya..,
    amien..,

    Sugeng Saputro
    A. 310 100 067

    BalasHapus
  16. Rahayu: A310100113

    artikel yang sangat bagus dan pastinya dapat menambah ilmu saya. Makasih pak....

    BalasHapus
  17. Farid Firmana : A310100125

    materi yang sangat bagus, lengkap n berbobot. wah nambah lg pengetahuan saya tenang inovasi pendidikan. makasih pak

    BalasHapus
  18. M. Supriyanto Wahyu/ a310100128

    Materi yang menarik dan bagus skali. alhamdulillah ya sesuatu.


    makasih pak untuk materinya

    BalasHapus
  19. ADITYA DONI PRADIPTA
    A310100077

    Terimakasih bapak,Artikel yang sangat menarik.
    Untuk mewujudkan pendidikan yang dapat dirasakan oleh semua kalangan, maka alangkah baik Pemerintah bisa saja mengadopsi strategi dan teknik dalam kurikulum dan pembelajaran dari sekolah Internasional untuk diterapkan di sekolah berstandar nasional yang menggunakan kurikulum nasional sehingga dapat memperkaya pendidikan di Indonesia. Dengan memadukan kedua kurikulum, antara kurikulum Internasional dan Kurikulum Nasional dapat membuat kurikulum mempunyai strategi pembelajaran yang maksimal.

    BalasHapus
  20. WINY NOVITASARI
    A 3101001materi
    materi yang diberikan bapak sangat super dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

    terima kasih untuk materi yang bapak berikan

    BalasHapus
  21. NOVIANA DWI ANGGRAINI
    A 310100120
    Materi tentang kurikulum deferensiasi yang bapak berikan sangat berguna dan bermanfaat bagi mahasiswa....
    Terima kasih Pak atas infonya!!!!!!

    BalasHapus
  22. HABIB ARIF RAHMAN
    A.310100116

    assalamu'alaikum.

    Trimakasih atas Materinya pak.
    Pasti menambah ilmu untuk saya...
    Sedikit pertanyaan dari saya :

    Diferensiasi kurikulum itu diwujudkan oleh sekolah dalam bentuk kelas EKSELERASI.

    Adanya kelas Ekselerasi ini pasti mendatangkan kecemburuan dari siswa lain yang Reguler disebabkan karena perlAkuan yang berbeda.
    Bagaimana mengatasi permasalahan tersebut pak?

    Trimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  23. assalamu'alaikum wr.wb

    trimaksih bapak telah memberikan ilmu yang bermanfaat buat sya pribadi dan teman2 yang lainnya. semoga ilmu yang bapak berikan bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi kami semua... amin!!!

    Nama: Harsanti.M.F
    Nim: A310100013

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  24. Terima kasih pakk..,
    Telah memberikan materi tambahan..,semoga dapat menambah ilmu.,
    amien.

    Umi Nursanty
    A. 310 100 094

    BalasHapus
  25. penjelasan tentang kurikulum sudah jelas pak
    terimakasih

    Rizki Hertanto
    A310100107

    BalasHapus
  26. terimakasih atasan penjelasan kurikulum yang bapak berikan

    zaid ali wardana
    A. 610110027

    BalasHapus
  27. Rizki Andreas : A310100133

    Trimakasih pak untuk materinya. semoga materi ini dapat berguna bagi semua orang yang membacanya

    BalasHapus
  28. yudha satyo wibowo: a310100122

    Wah kalau begini tidak hanya inovasi pendidikan. Tp juga cara pemberian materi yang inovatif dan enak selain itu bisa dinikmati semua orang. trimakasih pak......

    BalasHapus
  29. anggun s yudhiastuti: a310100130

    Wah yang begini ini saya seneng. jd selain ga bisa dilihat sewaktu2, berguna juga efisien. makasih banyak pak tjipto......

    BalasHapus
  30. materi telah diunduh siap untuk di pelajari. terima kasih ilmunya :)

    Alista NSP
    A310100056

    BalasHapus
  31. Assalamua'laikum Bapak
    NamaSaya Aesoh Roding
    Nim A310100109
    Dari materi yang diberikan bapak di atas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami Alhamdulillah bisa menambah ilmu saya tentang kurikulum termasuk,arti maupun fungsi-fungsinya dan lain-lain
    terimakasih ya Bapak
    wassalam.

    BalasHapus
  32. Asurina Charu
    A310100129
    Assalamu'alaikum
    Terima kasih pak,yang mana sudah membagikan ilmunya.

    BalasHapus
  33. Tambahan materi yang bagus dan bermanfaat. Menambah pengetahuan :) terima kasih pak

    Barokah Nur Fitriani
    A310100143

    BalasHapus
  34. terima kasih pak, atas materinya,,,
    materinya bagus dan sangat bermanfaat sekali.

    Sigit Puriyanto
    A310 100 088

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Ginanjar arif w: a310100106

    terimakasih pak untuk materinya tentag kurikulum diferensiasi.

    BalasHapus
  37. rimaksih bapak telah memberikan ilmu yang bermanfaat buat sya pribadi dan teman2 yang lainnya. Dengan memadukan kedua kurikulum, antara kurikulum Internasional dan Kurikulum Nasional dapat membuat kurikulum mempunyai strategi pembelajaran yang maksimal.Semoga ilmu yang bapak berikan bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi kami semua.

    NURIANA MM
    A610090085
    FKIP GEOGRAFI

    BalasHapus
  38. Assalamu'alaikum
    Nama : TRI HARIYANTI
    NIM : A310100115

    Materi kurikulum diferensiasi sangat perlu dipelajari. Hal ini penting untuk diketahui bagi calon pendidik sebagai rangsangan sikap berfikir kritis dan analitis untuk menghimpun energi positif untuk inovasi pendidikan yang lebih baik. Terima kasih, Bapak Tjip. Materi semoga bermanfaat. Demikian.Terima kasih.

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  39. Nama : RIA WIDYAWATI
    NIN : A310100096

    Terima kasih pak atas materi yang udah diberikan kepada kami,. semoga bermanfaat,.

    BalasHapus
  40. assalamu'alaikum wr. wb
    Nama:anik maslihah
    NIM: A610090092
    FKIP Geografi

    Terima kasih pak Tjip atas materinya. ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman untuk menambah ilmu pengetahuan bagi kami, terutama mengenai materi kurikulum differensisi yang sebelumnya kami belum mengetahuinya.

    Wassalamu'alaikum wr. wb

    BalasHapus
  41. Nama : Bagas Setyawan
    NIM : A610090071

    sebagai komentar saya tanya sedikit pak??
    perkembangan kurikulum di indonesia sangat pesat,dengan kurikulum yang sekarang ini dipaki di indonesia, menurut bapak sudah tepat apa belum??dan alasannya gmna pak??

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. A610090075 YAYUK TRIYANI
    MAKASIH PAK SAYA JADI TAU APA ITU KURIKULUM....

    BalasHapus
  44. Dianita Fenty U
    a610090091

    sebaik apapun kurikulum,jika gurunya tidak profesional maka tujuan pembelajaran tidak tercapai

    BalasHapus
  45. assalamuallaikum wr.wb
    terima kasih atas materinya pak, semoga bermanfaat bagi kita semua, amin.
    wassalamuaalaikum wr.wb

    Nama : wiwik Murtiningsih
    NIm : A310100097

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. assalamu'alaikum wr.wb.
    Semula saya hanya mengerti definisi kurikulum dari satu atau dua ahli saja, setelah membaca materi Bapak mengenai kurikulum tersebut,tidak hanya definisi kurikulum saja ilmu yang saya peroleh, namun komponen- komponen yang berhubungan dengan kurikulum tersebut dapat saya pelajari juga,, terimakasih Pak Tjip semoga materi tersebut dapat membantu dan bermanfaat untuk kami dalam proses pembelajaran selanjutnya,amin.
    wassalamu'alaikum wr.wb.

    Nama : Riska Prasetiyarini
    NIM : A310 100 099

    BalasHapus
  48. assalamualaikum wr.wb
    terima kasih atas tambahan materinya pak, menambah pengetahuan saya


    Nama : Lintang Aji sasongko
    Nim : A 310 100 083

    BalasHapus
  49. assalamuaikum wr.wb
    terimakasi atas tamabahan materinya pak sehingga mampu menambah pengetahuan saya
    nama: Diki utomo
    nim a310 100 075

    BalasHapus
  50. Nama : Nur Wijayanto
    NIM : A 310 100 034

    Asslamu'alaikam.
    saya koment untuk memenuhi tugas dari bapak. maaf untuk materi di atas belum saya baca secara cermat. insyaallah setelah saya download akan saya baca.

    Terimakasih atas bimbingannya selama ini.

    BalasHapus
  51. assalamualaikum wr wb
    nama : wega sukmawati ariesta
    nim : A 310 100 098

    super sekali, materi ini telah menambah pengetahuan saya dan teman-teman.......

    BalasHapus
  52. Nama :Suryanti
    NIM :A 310100100

    Assalamu'alaikum, Wr.Wb
    Terimakasih bapak atas materi yang diberikan mengenai Kurikulum Diferensiasi. Semoga bermanfaat bagi semua. Wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  53. NAMA: ATIK PURWANTI
    NIM : A 310 100 078
    Assalamu'alaikum, Wr. Wb
    Terimakasih pak, atas materi tambahannya. tentang kurikulum Deferesiansi, smoga bermanfaat bagi semua untuk kedepannya.
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  54. Nama : Ade uci w
    Nim : A 610090088 penddkn.Geografi
    Trimakasih pak,atas Materi tentang kurikulum diferensiasi ini dapat menambah pengetahuan saya lebih luas lagi mengenai kurikulum.

    BalasHapus
  55. Erwan Andi Nugroho : A310100135

    Materi yang bagus, terima kasih pak untuk materinya....

    BalasHapus
  56. irma agustina: A310100131

    Materi yang sangat berguna bg calon guru. makasih pak.........

    BalasHapus
  57. Wahid febryanto : a310100138

    Materi yang bagus n bermanfaat. makasih pak...

    BalasHapus
  58. Pend.geografi
    eka jayanti:A610110045
    Assalamualaikum wr.wb
    terimakasih,setelah saya membaca blog bapak pengetahuan saya bertambah.semoga blog bapak bermanfaat.

    BalasHapus
  59. Pend.geografi
    betty gustina siregar:A610110078
    Assalamualaikum wr.wb
    blog ini sangat bermanfaat,memberikan pengetahuan baru bagi saya,terimakasih pak ..

    BalasHapus
  60. Pend.geografi
    laila dyah mustafida:A610110077
    Assalamualaikum wr.wb
    Alhamdulillah materinya sudah saya baca dan bisa saya pahami,tapi alangkah baiknya apabila bapak bisa memberikan kesimpulan materi tersebut di kelas.
    semoga bermanfaat,terimakasih.

    BalasHapus
  61. assalamualaikum wr.wb
    terima kasih pak atas materi yang telah anda berikan ,semoga bermanfaat untuk kedepannya
    wassalamualaikum wr.wb
    yusuf
    a.610110012
    geografi

    BalasHapus
  62. assalamualaikum wr.wb
    trima kasih pak atas materi yang anda berikan dan alhamdulillah sudah sya pahami. semoga bermanfaat untuk kedepannya.

    Nama: aprillia dian safitri
    Nim: A310100015

    BalasHapus
  63. assalamualaikum wr.wb
    terimakasih pak, penjelasan materinya sangat jelas dan bermanfaat buat saya...

    nama : elviana yuniar kuswanti
    nim : A310100054

    BalasHapus
  64. assalamu'alaikum wr. wb
    terima kasih atas materinya pak.


    Nama : Diah Rahayu Marwati
    Nim : A310 100 079

    BalasHapus
  65. terimakasih atas materi yang anda berikan sehingga saya lebih mudah memahaminya dan lebih bermanfaat bagi saya

    nama : nilam sari nurjanah
    nim : A310100060

    BalasHapus
  66. nama: Ardhiyansah F.S
    NIM: A310100057

    terima kasih materi yang telah diberikan, secepatnya saya akan mempelajarinya.

    BalasHapus
  67. nama: pungkas ari bowo
    NIM: A310100082

    makasih pak atas materinya semoga bisa menjadi pegangan dan menambah wawasan bagi saya

    BalasHapus
  68. nama: ari catur w
    NIM: A310100119

    dalam suatu pengembangan mutu pembelajaran hendaknya guru mempunyai metode pembelajaran aktif dan kreatif agar siswa tidak merasa bosan.

    BalasHapus
  69. nama: fredi hargiato
    NIM: A310100093

    trima kasih pak, atas materi yang diberikan. semoga bermanfaat untuk kedepanya.

    BalasHapus
  70. Nama : Hoppy Nurjayati
    Nim : A 310 100 038
    Kelas : 4A

    trimakasih atas materi yang sudah bapak berikan. penjelasan tentang materi kurikulum sudah sangat jelas sehingga saya lebih mudah untuk mempelajari.

    BalasHapus
  71. terima kasih bapak. saya sudah mengunduh materi ini.. bermanfaat sekaliii

    BalasHapus
  72. nama : sri lestari
    nim : a310100053

    BalasHapus
  73. nama : Popy Septiana
    nim : A310 100 139

    makasih pak
    materinya sangat baik...
    smoga dapat bermanfaat

    BalasHapus
  74. Assalamu'alaikum...
    terima kasih bapak,telah memberikan materi ini yang selalu memberikan manfaat dalam bidang pendidikan.

    Nama: Yuyun Yuniati
    Nim: A310100011

    BalasHapus
  75. Dewi Cahya Ningsih
    A310100112

    Materi yang sangat bermanfaat bagi kami,terima kasih pak..

    BalasHapus
  76. Assalamualaikum wr.wb
    terima kasih atas materi yang telah bapak berikan di blog ini, materi ini sangat bermanfaat bagi saya.
    wassalamualaikum wr.wb

    Nama : Siti Untari
    Nim : A310100101

    BalasHapus
  77. assalamu'alaikum wr wb
    nama: Diah Ayuk Triutami
    NIM: A310100090
    prodi: PBSID

    suppeeerrr sekali pak, materi yang disajikan..
    sangat bermanfaat bagi kami..
    kami tunggu materi selanjutnya..

    wa'alaikumsalam.wr.wb

    BalasHapus
  78. assalamu'alaikum wr.wb
    nama: PUSPITASARI
    nim :a610090098
    prodi:Pend.GEOGRAFI

    terimakasih atas materi yang telah bapak sampaikan, materi tersebut sangat berguna bagi saya.

    BalasHapus
  79. NAMA : NIKEN PERMATA SARI
    NIM : A 310100050
    PBSID

    Terimakasih atas materinya Bpk....

    BalasHapus
  80. Nama: Dian Artisa
    NIM: A310100092
    Progdi: PBSID

    terima kasih atas materi yang diberikan, karena dengan adanya materi kurikulum diferensiasi, saya lebih mengerti apa itu kurikulum diferensiasi.

    BalasHapus
  81. Nama : Riska Putri Murniaati
    NIM : A 310 100 080
    Progdi : PBSID

    Terima kasih Pak, atas tambahan materi yang diberikan melalui blog ini.

    BalasHapus
  82. nama : nuriana m m
    nim : A610090085

    Assalamu'alaikum...
    terima kasih bapak,telah memberikan materi ini yang selalu memberikan manfaat dalam bidang pendidikan.

    BalasHapus
  83. Nama : Oktavia Army Anjani
    NIM : A310100073
    Progdi : PBSID

    assalamu'alaikum pak..
    terima kasih pak atas materi yang diberikan melalui blog ini. saya bisa mendapatkan tambahan ilmu melalui blog bapak...

    BalasHapus
  84. Nurwanti
    A310100049
    PBSID/4A

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Terima kasih pak atas materi yang ada di blog ini, semgoga bermanfaat untuk saya dan teman-teman.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  85. Winda Yulianingsih
    A310100028
    assalamualaikum..
    alhamdulilah yah,dengan membaca blog ini saya jadi tambah pengetahuan tentang kurikulum diferensiasi. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  86. wahyu Lestari
    A310100018
    asaalamualaikum pak,,,
    makasih ya pak atas materi ini saya jadi lebih bisa memahami secara mendalam tentang kurikulum diferensiasi

    BalasHapus
  87. Nur Fita Arismawati
    A310100126
    Materi kurikulum diferensiasi ini sangat membantu dan menambah wawasan kita tentang kurikulum.
    Terima kasih Pak.

    BalasHapus
  88. Nama: Oktalifa Hanna Maulina
    Nim : A310100066
    Assalamu'alaykum Wr.Wb. Bapak, maaf kemarin ada kesallahan teknis,jadi komentar baru bisa sekarang. untuk materi sudah diundah dari minggu-minggu lalu. terimakasih, atas materinya yang sangat membantu pemahaman saya berkaitan dengan kurikulum. Terima kasih pak :}
    Wassalamu'alaykim Wr. Wb.

    BalasHapus
  89. Nama: Astika Putri K
    NIM : A610100112
    Progdi : Pendidikan Geografi

    terima kasih pak materinya,
    materinya sudah saya unduh untuk tugas mencari materi yang berhubungan dengan deferensiasi kurikulum.

    BalasHapus
  90. Nama:Dian Mega Aprilia
    Nim:A610100027
    Progdi:Pendidikan Geografi

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Materi tentang kurikulum sudah saya unduh pak...
    Dengan adanya blog ini sangat membantu mahasiswa dalam memudahkan mencari materi inovasi pendidikan terutama kurikulum.Sehingga mahasiswa tidak kesuulitan dalam menghadapi UAS karena materinya sudah disediakan oleh bapak.
    Terima kasih ya Pak atas kemudahannya...:D
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  91. Nama:Susi Apriana
    Nim :A610100106
    Progdi:Pendidikan Geografi/2010

    Assala'alaikum Wr.Wb
    Materi mengenai kurikulum sudah saya unduh untuk materi inovasi pendidikan sehingga memudahkan kita untuk belajar dalam mengadapi UAS.
    Terima kasih pak buat materi yang bapak sajikan semoga kita semua dapat mengambil manfaat dari materi tersebut.

    Wassalammualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  92. NAMA : Dian Aditya Oktaviantika
    NIM : A610100094
    PROGDI : Pendidikan Geografi / 2010
    kelas : B

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima kasih pak atas Materi mengenai diferensiasi kurikulum yang bapak tampilkan dalam blog ini sudah saya unduh ,, semoga dengan adanya materi ini dapat bermanfaat bagi semua mahasiswa dan dapat menjawab dalam ujian UAS nanti dan semoga dapat menambah pengetahuan , wawasan bagi kita semua.

    Wassalammualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  93. anisa harini triana
    A610100095
    pendidikan geografi

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    terimakasih pak atas materi yang telah bapak sajikan kepada kami,semoga materi ini bisa bermanfaat untuk kami mahasiswa FKIP Geografi...dan materinya sudah saya unduh pak
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  94. Nama : Ariska Wulandari
    NIM : A610100032
    Pend. Geografi

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Materi sudah saya unduh pak. Materi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk belajar.
    Makasih bapak... :) :)
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  95. Nama : Dyah Puspitasari
    NIm : A610100025
    Pend. Geografi

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima kasih pak. Materi yang ada di blog ini sangat membantu mahasiswa. :)
    Materi sudah saya unduh.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  96. Nama : Sofira Laila Rahmawati
    Nim : A610100078
    Progi: Pendidikan Geografi /2010

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Materi dari blog bapak sudah saya unduh sebagai bahan materi inovasi pendidikan. terimakasih untuk materi yang bapak sajikan.
    wassalamu'alaikum Wr. Wb

    BalasHapus
  97. Nama :Arif Suryawan
    Nim :A610100012
    Pend Geografi

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Terimakasih pak atas materi yang telah bapak berikan sehingga saya dapat mempelajarinya dan telah saya unduh.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    BalasHapus
  98. Nama :Wahyu Setyo Nugroho
    Nim :A610100024
    Pend Geografi / 2010

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Terimakasih kepada bapak Tjipto Subadi yang telah memberikan materi pelajaran dan saya sudah mengunduh materi tersebut sehingga saya dapat mempelajarinya dan sangat membantu mahasiswa untuk belajar. terimakasih.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    BalasHapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. Nama :Evita Lylyana Dewi
    Nim :A610100083
    Pend Geografi

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Materi yang bapak berikan telah saya unduh sehingga saya dapat mempelajarinya. dan semoga bermanfaat bagi mahasiswa yang mempelajarinya. Terimakasih.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    BalasHapus
  101. Nama: Linta Fathimah
    NIM : A610100011
    Pend. geografi/2010

    Assalamu'aliakum wr.wb

    terimakasih pak, atas materi yang diberikan sangat membantu pemahaman saya tentang kurikulum.
    materi yang diberikan sudah saya unduh pak.. mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi kami.

    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  102. Nama : Octavina Mayansary
    Nim : A610100111
    Progdi: Pendidikan Geografi / 2010

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Terimakasih buat materi yang bapak sajikan di blog ini,materi ini sangat membantu mahasiswa FKIP Geografi untuk menghadapi UAS, dan materi sudah saya unduh pak.

    Wassalamu'alaikum.Wr.Wb

    BalasHapus
  103. nama : hildawati
    nim:A610100010
    progdy : pendidikan geografi

    assalamu'alaikum wr.wb
    sebelumnya terima kasih atas materi yang bapak berikan di blog ini, sangat super sekali...
    kurikulum oke..
    terima kasih pak buat materinya...:)

    BalasHapus
  104. Nama : Nia Paramitha Sari
    NIM : A 610100029
    Progdi : Pendidikan Geografi

    Assalamu'alaikum wr.wb
    kepada pak tjipto yang saya hormati, terima kasih atas materi yang diberikan kepada kami, semoga materi ini akan bermanfaatkan bagi kami. Dan semoga UAS bsok kita dapat mengerjakan soal-soal dengan baik, dan mendapat nilai yang baik pula, amin

    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  105. Nama : ANDITA YANUANTO
    NIM : A610100036
    Progdi : Pendidikan Geografi

    materi yang bapak posting diblog sangat membatu saya dalam belajar, semoga sukses dan lancar dalam UAS. amin
    terima kasih bapak.

    BalasHapus
  106. Nama : ALWAN FITRIYANTO
    NIM : A610100003
    Prodi : Pendidikan Geografi / 2010
    Kelas : A

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Materi sudah saya unduh dan terimakasih, Insya Allah akan saya baca sebagai salah satu bahan UAS. waalaikumsalam Wr. Wb

    BalasHapus
  107. Ainul Fata
    A610100053
    FKIP Geografi

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Materi mengenai kurikulum ini sangat baik ,,ini bisa menjadi bahan acuan saya ketika kelak menjadi guru.amin
    sebagai referensi sudah baik mencakup banyak hal mengenai kurikulum.
    semoga dapat menambah pengetahuan saya dan kelak dapat berguna materi ini.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  108. Gesit Febi Andika
    A610100037
    FKIP Geografi

    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dengan membaca materi ini saya jadi mengerti bahw kurikulum itu adalah seperangkat rencana yang berisi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, isi, bahan pelajaran, cara yang digunakan, dan semua komponen yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.semoga kelak pengetahuan ini dapat berguna dan bisa saya terapkan dalam proses pembelajaran yang saya lakukan.


    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  109. Nama : Isti Ridyawati
    NIM : A.310110185
    Progdi : PBSID

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Kurikulum Diferensiasi ini sangat membantu kita dalam menghadapi UAS, dan dapat mengasah karakteristik siswa.

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb

    BalasHapus
  110. Nama : UMI MUHIMAH
    NIM : A610110076
    Progdi : Pend.Geografi
    Berdasarkan materi diatas bisa diambil kesimpulan bahwa materi kurikulum dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi menganai kurikulum dan membantu mahasiswa untuk menghadapi UTS dan UAS.terimakasich

    BalasHapus
  111. Nama : Arga Radetya H
    NIM : A610110035
    Progdi : Pend.Geografi
    Assalamu'alaikum.wr.wb
    Materi diatas sudah saya baca dan saya menjadi paham mengenai materi kurikulum secara mendalam dan rinci.Wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  112. Nama : Andi Sahdam S
    NIM : A610110018
    Progdi : Pend. Geografi
    Assalamu'alaikum.wr.wb
    Materinya sangat membantu sekali dalam belajar mahasiswa mengenai kurikulum yang ada.terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  113. Nama : Winda Dwiky N
    NIM : A610110066
    Progdi : pendidikan geografi
    Assalamu'alaikum.wr.wb
    Materinya sudah saya baca dan isinya sangat membantu saya dalam belajar serta menjadi acuan ketika saya menjadi guru dimasa yang akan datang.terimakasih
    Wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  114. Nama : Errys Dwi S
    NIM : A610110036
    Progdi : pendidikan Geografi
    Assalamu'alaikum.wr.wb
    Materinya sangat bagus untuk dibaca, karena kita adalah seorang calon pendidik sehingga perlu mengerti mengenai kurikulum yang baik itu seperti apa jadi materi ini sangat penting untuk dipelajari.
    Wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
  115. Nama : Rizky Fajar R
    NIM : A610110009
    Progdi: Pend.Geogrfi

    assalamu'alaikum.wr.wb
    terimakasih atas materinya dengan membaca ini menambah ilmu bagi saya.
    terimakasih
    Wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus
  116. Nama:Herlian triastono
    Nim:A610110011
    progdi:Pend.Geografi

    assalamu'alaikum wr.wb
    Terimakasih atas materi yg anda berikan dan dapat menambah ilmu saya.
    Terimakasih
    wassalamualaikum.wb.wr

    BalasHapus
  117. Nama : Hanna puji maleeva
    Nim : a610110081
    Prodi : FKIP Geografi

    Assalamualaikum wr.wb
    Terimakasih atas materi yang telah bapak berikan karena, sangat bermanfaat dan dapat menjadi bekal dimasa depan sebagai seorang pendidik .
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  118. Nama : Indrayani
    NIM : a610110051

    Assalamualaikum wr.wb
    materi yang bapak berikan bisa bermanfaat untuk calon seorang guru,terimakasih atas materi yang bapak berikan.wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  119. NAMA :NURUL CHURIYAT
    NIM : A 610110060

    Assalamualaikum wr.wb
    terimakasih atas materi yang bapak sampaikan ,materi tersebut sangat luar biasa sekali.semoga bisa bermanfaat bagi kehidupan saya.wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  120. Nama : Perdana hadiid wijayanto
    nim : a610110116

    Assalamualaikum wr.wb
    terimakasih atas materi yang pak cipto berikan , materi tersebut dapat menambah pengetahuan saya dan bermanfaat sebagai bekal sebagai seorang pendidik di masa depan .
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  121. Nama : Mohammad Pandu Andino
    Nim : A 610110109
    Pendidikan Geografi

    Assalammualaikum wr.wb

    Terimakasih pak, atas materi yang bapak berikan kepada saya. sehingga ilmu saya bertambah lagi, apalagi menurut saya materi ini sangat penting untuk diketahui oleh seorang calon pendidik (seperti saya ini), sebagai bekal untuk menjadi guru yg profesional. Semoga materi yang bapak berikan dapat saya manfaatkan sebaik-baiknya.

    Wassalammualaikum wr.wb

    BalasHapus
  122. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  123. Nama : IKHSAN NUR RASYIDIN
    Nim : A 610110083
    Pendidikan Geografi

    Assalammualaikum wr.wb

    Terima kasih pak atas materi tentang kurikulum yang bapak posting, semoga dengan membaca materi ini saya semakin dapat memahami tentang arti dan fungsi kurikulum sesuai dengan mestinya. sekali lagi terima kasih pak.

    Wassalammualaikum wr.wb

    BalasHapus
  124. Assalamualaikum wr.wb.
    terimakasih atas materi yang sudah di berikan.

    Nama: Zainal Musthofa
    NIM : A610110055

    BalasHapus
  125. Assalamualaikum.wr.wb.
    Pak terimakasih atas kisi-kisi dan materinya sangat bermanfaat sekali.

    Nama: Enik Suryati
    NIM: A610110064

    BalasHapus
  126. Assalamualaikum wr.wb.
    terimakasih pak materinya bermanfaat sekali.

    Nama: Retnaning Widiastuti
    NIM: A610110068

    BalasHapus
  127. assalamualaikum wr.wb.
    terimakasih pak materinya bermanfaat bagi saya untuk di pelajari.

    nama: Yudi Anggara
    NIM: A610110057

    BalasHapus
  128. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus