RENCANA MUTU PERKULIAHAN
Mata Kuliah : Inovasi Pendidikan Dosen : Dr. Tjipto Subadi
Pokok Materi : Inovasi Pembelajaran E mail : tjiptosubadi@yahoo.com
Kode : MKK 103032 Bloger : Tjiptosubadi blogspot
Prodi : Pendidikan Matematika Telp/HP : 780571/0816652241
Fak/Univ/Srtata : FKIP/UMS/S1 Pertemuan: ke 11, 12,13,14
SKS : 2 SKS Strategi : Kooperatif/Jigsaw
I.Standar Kompetensi:
Mahasiswa memahami inovasi pembelajaran, antara lain:
I.11.Mahasiswa memahami strategi (model-model) pembelajaran sebagai inovasi
pembelajaran.
I.12.Mahasiswa memahami micro teaching sebagai inovasi pembelajaran.
I.13.Mahasiswa memahami PTK sebagai inovasi pembelajaran
I.14.Mahasiswa memahami lesson study sebagai inovasi pembelajaran.
II.Kompetensi Dasar:
Mengetahui inovasi pembelajaran, antara lain:
II.11. Mengetahui strategi (model-model) pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran
II.12. Mengetahui micro teaching sebagai inovasi pembelajaran.
II.13. Mengetahui PTK sebagai inovasi pembelajaran.
II.14. Mengetahui lesson study sebagai inovasi pembelajaran.
III.Indikator
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
Menjelaskan inovasi pembelajaran.
III.11. Menjelaskan strategi (model-model) pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran
III.12. Menjelaskan micro teaching sebagai inovasi pembelajaran.
III.13. Menjelaskan PTK sebagai inovasi pembelajaran.
III.14. Menjelaskan lesson study sebagai inovasi pembelajaran.
IV.Tujuan Pembelajaran:
IV.11. Pertemuan 11. Setelah mengikuti kuliah mahasiswa dapat menjelaskan:
1. Pengertian inovasi, pengertian pembelajaran, dan pengertian inovasi pembelajaran
2. Tahapan pembelajaran
3. Pengertian strategi pembelajaran, mcam-macam strategi pembelajaran.
4. Langkah-langkah pembelajaran jigsaw modifikasi.
5. Pengertian micro teaching, beberapa ketrampilan pembelajaran micro teaching
6. Pengertian PTK, ciri-ciri / karakteristik PTK.
7. Tujuan PTK sebagai inovasi pembelajaran.
8. Pengertian lesson study, ciri-ciri atau karakteristik lesson study.
9. Langkah-langkahnya (siklus) lesson study sebagai inovasi pembelajaran.
IV.12. Pertemuan 12. Setelah mengikuti kuliah mahasiswa dapat menjelaskan:
1. Alasan perlunya inovasi dalam pembelajaran sebagai inovasi pendidikan.
2. Macam-macam strategi pembelajaran dan pengertian.
3. Langkah-langkah pembelajaran yang lain (selain jigsaw).
4. Aspek-aspek ketrampilan yang dilatihkan dalam micro teaching sebagai inovasi
pembelajaran.
5. Langkah – langkah pembelajaran micro teaching.
6. Macam-macam PTK (PTK individual, Kolaborasi, dan Kelembagaan) serta penjelasannya.
7. Langkah-langkahnya (siklus) PTK sebagai inovasi pembelajaran.
8. Sejarah lesson study sebagai inovasi pembelajaran.
9. Landasan hukum penyelenggasraan lesson study sebagai inovasi pembelajaran
IV.13. Pertemuan 13 Setelah mengikuti kuliah mahasiswa dapat menjelaskan:
1. Mencari alasan mengapa ICT sebagai inovasi dalam pembelajaran.
2. Menganalisis kelemahan dan kebaikannya salah satu strategi pembelajaran sebagai
inovasi pembelajaran.
3. Menganalisis kelemahan, kebaikan micro teaching sebagai inovasi pembelajaran.
4. Menganalisis kelemahan dan kebaikan PTK sebagai inovasi pembelajaran
5. Menganalisis kelemahan dan kebaikan lesson study sebagai inovasi pembelajaran
IV.14. Pertemuan 14.Setelah mengikuti kuliah mahasiswa dapat menjelaskan/menganalisis
1. Contoh inovasi dalam pempelajaran.
2. Mengapa strategi (model-model) pembelajaran disebut sebagai inovasi pembalajaran?
3. Mengapa micro teaching disebut sebagai inovasi pembelajaran?
4. Mengapa PTK disebut sebagai inovasi pembelajaran?
5. Mengapa lesson study disebut sebagai inovasi pembalajaran?
V. Materi Ajar:
V. 11. Materi: Inovasi Pembelajaran (Strategi Pembelajaran, micro teaching, PTK dan
lesson study) sebagai inovasi pembelajaran. Penjabaran dari materi tersebut
antara lain;
1. Pengertian inovasi, pngertian pembelajaran, dan pengertian inovasi pembelajaran
2. Tahapan pembelajaran (Pendahuluan, Inti, Penutup) atau fersi lain.
3. Pengertian strategi pembelajaran, mcam-macam strategi pembelajaran.
4. Langkah-langkah pembelajaran jigsaw modifikasi.
5. Pengertian micro teaching, tujuan micro teaching, beberapa ketrampilan
pembelajaran micro teaching
6. Pengertian PTK, ciri-ciri / karakteristik PTK.
7. Tujuan PTK sebagai inovasi pembelajaran.
8. Pengertian lesson study, ciri-ciri atau karakteristik lesson study
9. Langkah-langkahnya (siklus) lesson study sebagai inovasi pembelajaran.
V.12.Materi lanjutan: Inovasi Pembelajaran (Strategi Pembelajaran, micro teaching,
PTK dan lesson study) sebagai inovasi pembelajaran. Penjabaran dari materi
tersebut antara lain;
1. Alasan perlunya inovasi dalam pembelajaran sebagai inovasi pendidikan.
2. Macam-macam strategi pembelajaran dan pengertian.
3. Langkah-langkah pembelajaran yang lain (selain jigsaw).
4. Aspek-aspek ketrampilan yang dilatihkan dalam micro teaching sebagai inovasi
pembelajaran.
5. Langkah – langkah pembelajaran micro teching.
6. Macam-macam PTK (PTK individual, Kolaborasi, dan Kelembagaan) serta penjelasannya.
7. Langkah-langkahnya (siklus) PTK sebagai inovasi pembelajaran
8. Sejarah lesson study sebagai inovasi pembelajaran
9. Landasan hukum penyelenggasraan lesson study sebagai inovasi pembelajaran
V.13.Materi lanjutan: Inovasi Pembelajaran (Strategi Pembelajaran, micro teaching,
PTK dan lesson study) sebagai inovasi pembelajaran. Penjabaran dari materi
tersebut antara lain;
1. Mencari alasan mengapa ICT sebagai inovasi dalam pembelajaran.
2. Menganalisis kelemahan dan kebaikannya salah satu strategi pembelajaran sebagai
inovasi pembelajaran.
3. Menganalisis kelemahan dan kebaikan micro teaching sebagai inovasi pembelajaran.
4. Menganalisis kelemahan dan kebaikan PTK sebagai inovasi pembelajaran
5. Menganalisis kelemahan dan kebaikan lesson study sebagai inovasi pembelajaran
V.14.Materi lanjutan: Inovasi Pembelajaran (Strategi Pembelajaran, micro teaching,
PTK dan lesson study) sebagai inovasi pembelajaran. Penjabaran dari materi
tersebut antara lain;
1. Contoh inovasi dalam pempelajaran.
2. Mengapa strategi (model-model) pembelajaran disebut sebagai inovasi pembalajaran?
3. Mengapa micro teaching disebut sebagai inovasi pembelajaran?
4. Mengapa PTK disebut sebagai inovasi pembelajaran?
5. Mengapa lesson study disebut sebagai inovasi pembalajaran?
VI.Metode/ Strategi Pembelajaran: Ceramah, diskusi kelompok, dan presentasi hasil
diskusi (oleh mahasiswa).
VII.Tahap Pembelajaran:
VII.1. Kegiatan Awal: (5 menit)
1. Menertibkan tempat duduk mahasiswa dan pengelolaan kelas.
2. Dosen membuka perkuliahan dengan salam dan Bismillahirrahmanirrahim
3. Dosen menyampaikan Mata Kuliah hari ini yaitu Inovasi Pendidikan dengan Topik
kajian Inovasi Pembelajaran (ditulis di papan tulis).
4. Mahasiswa menjawab pertanyaan-pertanyaan appersepsi, Jelaskan yang sdr ketahui
tentang inovasi!
5. Mahasiswa membuat kelompok (kelas ini akan dibagi menjadi lima kelopok) yaitu
kelompok A, B, C, D. E
6. Masing-masing kelompok akan menerima satu topik yang berbeda dengan kelompok
lain.
VII.2. Kegiatan Inti:
Dosen memberikan menjelaskan: Kelima topik-topik yang akan didiskusikan secara kelompok, yaitu :
a. Inovasi pembelajaran (yang akan didiskusikan oleh kelompok A)
b. Strategi (model-model) pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran (akan
didskusikan oleh kelompok B).
c. Micro teaching sebagai inovasi pembelajaran(yang akan didiskusikan kelompok C).
d. PTK sebagai inovasi pembelajaran (yang akan didiskusikan oleh kelompok D).
e. Lesson study sebagai inovasi pembelajaran (yang akan didiskusikan kelompok E).
Pelaksanaan diskusi kelompok tahap I (waktu 40 menit), masing-masing kelompok membahas topiknya
Setelah selesai, langkah berikutnya:
a. Setiap kelompok MENGIRIM 4 anggotnya ke kelompok yang lain (misalnya kelompok A,
satu anggota ke kelompok B, satu anggota ke kelompok C, satu anggota ke kelompok
D, dan satu anggota ke kelompok E), dan seterusnya diikuti kelompok yang lain.
b. Anggota kelompok yang berkunjung disebut (kelompok ahli) dan kelompok yang
dikunjungi disebut (kelompok asal).
c. Kelompok ahli tersebut secara bergantian menjelaskan hasil diskusi dari
kelompoknya, giliran terakhir anggota kelompok asal menjelaskan hasil diskusinya
kepada keempat anggota kelompok ahli tersebut.
Pelaksanaan diskusi kelompok tahap II (waktu yang disediakan masing-masing penyaji 10 menit x 5 = 50 menit. Sedangkan penyaji kelompok C, D dan E dilaksanakan Jumat berikutnya.
d. Setelah selesai, anggota kelompok sebagai tamu tersebut kembali ke kelompoknya
masing-masing.
3. Dosen memberikan komentar hal-hal yang dianggap perlu.
4. Dosen memberikan penjelasan-penjelasan: diskusi hari ini selesai, dan akan
dilanjutkan kuliah hari Jumat yang akan datang.
5. Tugas kelompok, dalam minggu ini masing-masing kelompok menyempurnakan hasil
diskusi hari ini, minggu depan dikumpulkan.
VII.3. Kegiatan Penutup. (10 menit)
1. Dosen meminta agar mahasiswa menertibkan kembali tempat duduknya.
2. Memberikan pertanyaan-pertanyaan sebagai pos-test;
Jelaskan soal-soal dibawah ini dengan singkat !
a. Pengertian inovasi, pengertian pembelajaran, dan pengertian inovasi pembelajaran.
b. Tahapan pembelajaran .
c. Pengertian strategi pembelajaran, mcam-macam strategi pembelajaran.
d. Langkah-langkah pembelajaran jigsaw modifikasi.
e. Pengertian micro teaching, beberapa ketrampilan pembelajaran micro teaching
f. Pengertian PTK, ciri-ciri / karakteristik PTK.
g. Tujuan PTK sebagai inovasi pembelajaran.
h. Pengertian lesson study, ciri-ciri atau karakteristik lesson study.
i. Langkah-langkahnya (siklus) lesson study sebagai inovasi pembelajaran.
3. Dosen memberikan saran-saran agar mengembangkan materi inovasi pembelajaran, dan
membuka blogspot tjipto subadi.
4. Menutup perkuliahan dengan Alhamdulillahirabbil’alamin. Wassalamu’alaikum w. w
VIII.Alat/ Bahan/ Sumber Belajar:
VIII.A. Alat/ Media : Lembar Materi, LCD, Laptop, Lembar Kerja Mahasiswa.
VIII.B. Bahan :
1. Inovasi pembelajaran
2. Strategi (model-model) pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran.
3. Micro teaching sebagai inovasi pembelajaran.
4. PTK sebagai inovasi pembelajaran.
5. Lesson study sebagai inovasi pembelajaran.
VIII.C. Sumber :
1. Muhroji. 2011. Pedoman Micro Teaching. Badan Penerbit FKIP UMS. Surakarta.
2. Sudarwan Danim, (2002) Inovasi Pendidikan., dalam Upaya Peningkatan
Profesionalisme Tenaga Kependidikan Jakarta.
3. Tjipto Subadi. 2010. Lesson Study Berbasis PTK. Badan Penerbit FKIP UMS.
Surakarta.
4. Tim PLPG . 2009. Modul PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Badan Penerbit FKIP UMS.
4. Akses internet.
5. Blogspot Tjipto Subadi.
IX. Kriteria Penilaian:
2 Pt + 3 Ps + 5 Ut
-------------------- = NA/NS
10
Keterangan:
Pt = Portofolio NS/ NA = Nilai Sumatif/NilaiAkhir
Ps = Proses Ut = Ujian tulis
Surakarta, 14 Mei 2011
Dosen Pengampu
Kamis, 19 Mei 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Alhamdulillah..
BalasHapussdah Saya download pak..
Assalamu'alaikum.w.w
trimakasih Prof.
BalasHapus