Selamat Datang di Blog saya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Rabu, 12 Oktober 2011

KULIAH INOVASI PENDIDIKAN Kamis 13 Oktober 2011

PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI

1. Unduh materi ini, diskusikan secar kelompok, anggota maksimal 4 orang
2. Bagaiman pengertiannya? Bagaimana langkah-langkahnya? dan Bagaimana?apa kebaikan
dan kelemahannya model/strategi pembelajaran di bawah ini?
3. Beri komentar, sebagai tanda bukti sdr buka blog ini dan sebagai pengganti
presensi kuliah.

Materi Kuliah
Model-Model Pembelajaran

Guru adalah jabatan dan pekerja profesioal, indikator untuk mengukur keprofesionalan adalah jika kelas yang diasuh menjadi “surganya siswa untuk belajar”, atau “kehadiran seorang sebagai guru di kelas selalu dinantikan siswa”. (Sugiyanto, 2008: 5). Sudahkah pembelajaran kita mencapai kondisi yang demikian? Selain tugas profesional tersebut guru juga harus berperan sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator dan evaluator. Jika peran ini dijalankan dengan baik dan benar maka usaha memberikan pelayanan pembelajaran yang optimal kearah pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) Insya Allah dapat dicapai. Perlu diingat bahwa kemampuan menerapkan pendekatan PAIKEM tersebut diperlukan model pembelajaran yang inovatif. Joyce dan Weil (1986) menjelaskan bahwa hakikat mengajar adalah membantu siswa memperoleh informasi, ketrampilan, nilai, cara berfikir, sarana untuk mengekspresikan dirinya, dan cara belajar bagaimana belajar.
Banyak model atau strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh para ahli dalam usaha meningkatkan kualitas guru, diantaranya adalah:
1. Model Pembelajaran Kontektual.
2. Model Pembelajaran Quantum.
3. Model Pembelajaran Terpadu.
4. Model Pembelajaran Berbasis Masalah.
5. Model Pembelajaran Kooperatif

74 komentar:

  1. dengan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM),maka materi yang disampaikan akan lebih efektif dan efisien


    ryan sakti sk a610090061

    BalasHapus
  2. profesionalitas guru di indonesia masih sangat kurang,maka kita sebagai calon guru harus dapat meningkatkanya, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang PAIKEM.

    bagas setyawan
    a610090071

    BalasHapus
  3. kita sebagai calon guru harus memiliki inovasi yang kreatif dalam pembelajarannya,agar siswa merasa nyaman dalam mengikuti pelajaran

    Bayu Fandini
    A610090063

    BalasHapus
  4. rendahnya kwalitas pendidikan di negeri ini salah satunya di karenakan rendahnya kwalitasnya SDM(pengajar) sehingga pembelajaran PKEM kurang terlaksana. jadi perlunya penyuluhan tentang pendidikan (evaluasi pendidikan)bagi para guru agar guru lebih profesionaldalam mengajar dan PAKEM akan tercapai
    M. irsam yulianto(a610090094)

    BalasHapus
  5. Sebagai seorang guru kita harus mampu menguasai berbagai macam model pembelajaran, agar pembelajaran bisa lebih optimal.

    Heri Nurcahyo
    ( A.610090067 )

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Kehadiran seorang dosen sangat dinantikan mahasiswa diruang perkuliahan.

    Herfian Sri Cahyo
    (A.610090060)

    BalasHapus
  8. Kualitas pendidikan yang ada di Indonesia saat ini perlu ditingkatkan lagi, yaitu dengan memperbaiki dan meningkatkan profesionalitas pengajar. Model pembelajaran yang ada dalam artikel di atas seharusnya diterapkan sesuai sasaran, dan disesuaikan dengan pendiikan yang ada di Indonesia.

    Andika Pri Handono
    (A.610090099)

    BalasHapus
  9. Realitas yang ada sekarang, kualitas pendidikan di Indonesia sangat rendah. Rendahnya kulitas pendidikan tersebut tidak terlepas dari rendahnya kualitas guru dalam memberikan pelayanan PBM di sekolah. Sudah saatnya kepada semua pihak yang berkompeten didunia pendidikan, terutama guru untuk memikirkan bagaimana seharusnya menerapkan teknik-teknik jitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang handal.

    _RIANDITA_
    A.610 090 095

    BalasHapus
  10. guru tu harus lah kreatif dan inovatif,.,.,dan jadi diri sendiri kalo jadi guru.,.,
    jadilah guruku idolaku,..pekerjaan yg pling dpan masuk surga adalah seorang guru

    Muhammad Bayu Aji Pramata
    A610090036

    BalasHapus
  11. Selain pendekatan PAIKEM yang dijelaskan diatas, itu semua tidak akan berarti jika tidak dibarengi dengan Akhlak yang Mulia yang sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah. Syariat Islam OK !!!

    AHMAD ZA'IM FAHMI
    A.610090043

    BalasHapus
  12. kualitas pengajaran guru tidak tergantung hanya dengan metode/bgaimana dia mengajar tetapi bagaimana dia bersikap dalam kehidupan sehari hari.
    karena guru itu digugu dan di tiru :)


    TARU DEWI KARTIKA JATI (A 610090058)

    BalasHapus
  13. di indonesia ini memang sistem pengajaran belum begitu variatif, masih banyak menggunkan sitem ceramah untuk menyampaikan materi yang diajarkan, sehingga keberhasilan dalam menerima pelajaran sangat minim sekalai. oleh karna itu setiap guru harus mempunyai sisitem pembelajaran yang piekem, agar para anak didk mudah dalam menerima pelajaran yang diberikan okeh seorang guru,.

    BalasHapus
  14. di indonesia ini memang sistem pengajaran belum begitu variatif, masih banyak menggunkan sitem ceramah untuk menyampaikan materi yang diajarkan, sehingga keberhasilan dalam menerima pelajaran sangat minim sekalai. oleh karna itu setiap guru harus mempunyai sisitem pembelajaran yang piekem, agar para anak didk mudah dalam menerima pelajaran yang diberikan okeh seorang guru,.

    agus pitono ( A610100099)

    BalasHapus
  15. Guru yang profesional adalah guru yang mampu menjalankan tanggung jawabnya sebagai pengajar, karena kehadiran guru sangat penting bagi para siswanya dalam menimba ilmu sangalah diperlukan guru yang profesional dan mampu menerapkan pembelajaran inovatf sebagai fasilitator para siswanya untuk mencapai pembelajaran PAIKEM yang efektif , efisien dan bermakna.
    Melihat pembelajaran guru sekarang masih banyak guru yang belum menjalankan perannya dengan baik karena belum mampu menerapkan pembelajaran yang inovatif dalam mencapai tujuan pembelajaran. untuk itu perlu sosialisasi kepada para guru agar para guru memiliki kesadaran dalam mengajar dengan menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai kemajuan pendidikan dan membentuk siswa yang berkualitas dan berakhlak mulia.
    (KOment:Ferri Prasetyo A.610090081

    BalasHapus
  16. Guru dalam mengajar harus dapat menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga peserta didik aktif didalam kelas, dan dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dengan beragam inovasi pembelajaran yang diterapkan agar peserta didik tidak bosan dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

    _Susanti Budi Pratiwi_
    A610090080

    BalasHapus
  17. Guru yang seharusnya itu mampu mengayomi dan bertanggung jawab kepada prosfesionalnya yaitu mensukseskan pendidikan, Kehadiran guru itu sangat penting di dalam belajar mengajar, karena utnuk apa sekolah didirikan jika tanpa guru
    Guru menjadi inspirasi peserta didik,, jika guru itu tidak mampu menerapkan profesionalnya< maka berimbas pada kemalasan murid
    Guru saat ini masih banyak yang menyelewengkan tanggung jawabnya,, namun tak sedikit juga yang professional…
    ( TRI WAHYUNINGSIH A 610090079 )

    BalasHapus
  18. Hemmm,memang benar di dunia pendidikan di era globalisasi saat ini membutuhkan pendekatan pembelajaran paikem. Yang mana kita ketahui tidak hanya guru yg aktif di dalam kelas tapi peserta didik juga harus aktif dan kreatif. Guru hendaknya menciptakan pembelajaran dengan inovasi-inovasi baru agar pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan. Hal tersebut secara tidak langsung akan menumbuhkan peserta didik yang berkualitas,berkompeten,berdaya saing tinggi dan berorientasi ke depan.

    _Usitta Dwiyana_>>>
    A610090082

    BalasHapus
  19. wouw....PAIKEM memang di butuhkan untuk menunjang kualitas peserta didik.Dengan pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan akan membantu peserta didik dalam pembelajaran tanpa mengurangi keseriusan. dengan demikian peserta didik akan lebih mudah menerima materi-materi dari guru dan meningkatkan prestasi siswa.

    _Indah Purnamasari_
    A610090083

    BalasHapus
  20. guru itu seorang yang mulia

    Indriyantoro
    A610090008

    BalasHapus
  21. Tidak semua guru mampu bekerja secara profesional terutama di Indonesia, banyak guru melakukan bisnis di sekolah tempat mengajarnya, karna kebutuhan ekonomi yang mendesak, guru mewajibkan muridnya untuk les dirumahnya dengan iming-iming nilainya akan bagus, bagi yang tidak ikut maka akan mendapat nilai jelek. Apa itu yang disebut guru yang profesional.,.,.,,.????

    (Koment By Agung Suseno A 610090077)

    BalasHapus
  22. keprofesionalitasan guru tidak hanya diperhatikan dari bagaimana cara guru mengajar, bagaimana guru mampu mengolah kata kata agar mudah di pahami murid, tapi juga kedisiplinan guru harus ada. kedisiplinan itu tercermin pada kehadiran atau ketidak hadiran di dalam kelas untuk mengajar. seorang guru tidak boleh meninggalkan anak didiknya tanpa keterangan sooo... karena guru adalah Di GUGU lan Di TIRU

    amiruddin rosyad
    a610090078

    BalasHapus
  23. Dengan pembelajaran PAIKEM / pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, peserta didik dapat lebih memahami materi yang disampaikan oleh pendidik, karena mengguanakan model pembelajaran yang berfariasi

    Tiar ciptaning tresnani
    A610090066

    BalasHapus
  24. cara pembelajaran yg baik dalam kegiatan di dalam kelas adalah guru dan murid harus sama-sama aktif dalam belajar tetapi sebagian besar guru belum bisa memberikan model pembelajaran yg baik karena kurang memprioritaskan kegiatan belajar melainkan urusan pribadi

    miftakhul huda
    A 610 090 004

    BalasHapus
  25. saya setuju dengan tulisan Sugiyanto yang mengatakan bahwa indikator untuk mengukur keprofesionalan adalah jika kelas yang diasuh menjadi “surganya siswa untuk belajar”, atau “kehadiran seorang sebagai guru di kelas selalu dinantikan siswa”. akan tetapi untuk mencapai hal tersebut tidak muda, seorang guru harus benar-benar menguasai situasi kelas, menguasai materi yang diajarkan, bahkan seorang membutuhkan pengalaman yang banyak agar ia dapat mencapai hal tersebut. jadi memang tidak mudah bagi seorang guru agar kehadirannya dinantikan siswa dan kelasnyaoun menjadi surga bagi murid-muridnya. dimana menurut saya hal tersebut merupakan salah satu PR besar bagi pendidikan Indonesia agara mencapai pendidikan yang benar-benar pendidikan, bukan hanya ajang meraup untung bagi guru-gurunya, ataupun hanya tempat bermain dan bertemu teman sebayanya. saya mengatakan hal tersebut karena memang sebagian besar pendidikan Indonesia saat ini seperti itu dan mungkin butuh waku yang tidak cepat dan tidak semudah membalikan telapak tangan untuk merubah pendidikan di Indonesia, namun saya yakin suatu hal itu akan terwujud karena bagaimanapun Indonesia bukan hanya negara koruptor ataupun negara teroris.


    Muh Agus Hidayatulloh
    A610090046

    BalasHapus
  26. saya sangat setuju dengan apa yang telah di tuliskan di atas bahwa seorang guru harus mempunyai sistem pembelajaran yang PAIKEM, jika sistem tersebut di terapkan dengan baik di indonesia insyaalloh ke depan pendidikan di indonesia semakin lebih maju....

    AGUNG MULYONO
    A610100069

    BalasHapus
  27. menjadi seorang guru sesuatu itu hal yang mudah, tapi menjalankan profesi seorang bukan merupakan sesuatu hal yang gampang, mengapa saya katakan seperti itu, karena dengan 4 tahun kita kuliah , mendapat gekar s1 kemudian dilanjut kuliah profesi kita sudah dapatkan title itu, akan tetapi, apakah dengan pengalaman 4 tahun itu kita mampu memberikan ilmu yang dapat di jadikan tongkat untuk hidup siswa siswa kita (itu bukan pekerjaan gampang men) so we must learning more n more. .now
    fajar dwi utomo
    A610090105

    BalasHapus
  28. Pembelajaran di indonesia masih dalam proses perkembangan sehingga guru dapat di andalkan untuk mengembangkan suatu sistim dalam pembelajaran sehingga PAIKEM dapat berjalanan dengan baik dan benar,,,,

    Rouf Khoirul Basyar
    (A610080003)

    BalasHapus
  29. guru adalah jabatan dan pekerjaan profesional namun kualitas guru dan pendidikan di indonesia saat ini belum begitu baik sehingga guru harus lah lebih bisa penguasai pendekatan-pendekatan pembelajaran dengan seperti itu mereka akan lebih bisa direspek oleh siswa-siswanya..

    sri winarni a610090076guru adalah jabatan dan pekerjaan profesional namun kualitas guru dan pendidikan di indonesia saat ini belum begitu baik sehingga guru harus lah lebih bisa penguasai pendekatan-pendekatan pembelajaran dengan seperti itu mereka akan lebih bisa direspek oleh siswa-siswanya..

    sri winarni a610090076

    BalasHapus
  30. Karakteristik seorang guru dalam mengajar tentu mempunyai berbagai metode dalam penyampaiannya kepada siswanya,,
    Namun kapasitas seorang guru dalam mengajar juga tidak boleh asal mengajar,,tetapi mengajar yang menyenangkan,aktif,penuh inovatif,kreatif seperti dalam metode pembelajaran PAIKEM contohnya.
    Guru adalah pekerjaan yang mulia,maka harus dilaksanakan penuh kemuliaan dan profesionalitas


    Dwi Endarsih A610090073

    BalasHapus
  31. Perkembangan beragam model pembelajaran memiliki peran yang besar dalam upaya meningkatkan kualitas guru dan keberhasilan siswa dalam belajar. Implementasi dari masing – masing model pembelajaran di sekolah mempunyai berbagi implikasi bagi guru, siswa, buku ajar, sarana prasarana, pengelolaan kelas, dan media. Implikasi bagi guru penerapan model pembelajaran memerlukan guru yang kreatif untuk senantiasa memilih dan memadukan model pembelajaran yang tepat ketika menyampaikan materi agar siswa nyaman dalam belajar dan mendapatkan pembelajaran yang bermakna.
    Impilasi dari perkembangan model pembelajaran bagi siswa, selain memacu siswa harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran yang dalam pelaksanaannya dimungkinkan untuk bekerja baik secara individual, pasangan, kelompok kecil ataupun klasikal, juga siswa harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran yang bervariasi secara aktif, misalnya melakukan diskusi kelompok , mengadakan penelitian, dan pemecahan masalah.
    (INTAN FITRIANA DEWI... A.610080006)KELAS A

    BalasHapus
  32. seorang guru harus dapat menguasai berbagai metode dalam pembelajaran hal ini penting karena agar siswa tidak jenuh dengan metode penyampaian yang konvensional(ceramah),oleh karena itu seorang guru harus pandai dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan&kemampuan siswa dalam meyerap materi pembelajaran yang disampaikan,sehingga materi yang di sampaikan dapat di serap secara maksimal dan prestasi belajar dapat meningkat.
    (Imam bashori...A610080001, kls A)

    BalasHapus
  33. sebagai guru memang berharap suasana KBM seperti surga, dan tiap-tiap guru mempunyai strategi pembelajaran yang berbeda-beda dan inovatif dan membawa warna dalam siswa.jangan seperti yang telah berlalu hanya membaca dan ceramah saja

    hasto yudha
    A610090009

    BalasHapus
  34. model pembelajaran yang baik harus diikuti kecerdasan guru yang mumpuni, baik cerdas intelektual, emosi, dan terlebih spiritual.

    andi ardianto
    a. 610090053

    BalasHapus
  35. diperlukan juga pengalaman, mental, pembaharuan dan akhlak yang baik guna menunjang terciptanya suasana kelas yang "kondusif". agar anak didik dapat menyerap, menangkap dan mengimplementasikan apa yang guru curahkan.

    m.mujibur rohman
    A610090084

    BalasHapus
  36. seorang guru harus bisa menerapkan inovasi pendidikan yang baik dan bisa memberikan suasana pengajaran yang baik serta menyenangkan agar siswa tidak bosan dalam belajar. guru juda harus bisa mengikuti perkembangan kurikulum untuk memberikan yangn terbaik pada anak didiknya.
    maaf telat komennya pak.

    Nindi pradipta kustanti
    A.610090086

    BalasHapus
  37. sdm dari tenaga pengajarlah yang akan menentukan inovasi inovasi dalam pengajaran ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  38. Sebagai guru yang profesional, dalam melakukan kegiatan belajar mengajar guru harus bisa mengolah suasana di dalam kelas. Supaya pesera didik tidak bosan dan jenuh saat menerima pembelajaran dari gurunya. Jadi, inovasi pembelajaran sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Agar tercipta Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam kelas.

    DWI MULYANI
    A610100058

    BalasHapus
  39. Sebagai seorang guru seharusnya kita dapat memotivasi peserta didik agar lebih terpacu dan termotivasi dalam belajar . dan guru juga harus mempunyai skill atau inovasi dalam belajar agar siswa dapat merasa nyaman dan dapat mengerti atau memahami pelajaran.

    Alfian Fahrur Lukito
    A610090057

    BalasHapus
  40. seorang guru harus mempunyai kepribadian yang baik dan sikap-sikap yang terpuji karena seorang guru akan di contoh oleh peserta didiknya
    seorang guru juga harus mampu mengajar kan ilmu dan bagaimana cara peserta didiknya menjadi orang yang baik beserta kepribadianya,dan juga bisa menjadi pengganti sosok orang tua sekaligus teman waktu di sekolah...

    Pipit supriyanto
    (A610090025)

    BalasHapus
  41. seorang guru harus mempunyai kepribadian yang baik dan teladan, karena seorang guru merupakan contoh anak didik. maka di itu guru harus menjadi yang terbaik.
    dalam proses belajar mengajar, seorang guru harus pintar-pintar mengolah strategi-strategi yang digunakan dalam proses belajar mengajar. agar para peserta didik mampu mencerna semua materi yang diberikan oleh guru, jadi siswa tidak merasa jenuh dan bosan.dengan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM),maka materi yang disampaikan akan lebih efektif dan efisien.

    SRI LESTARI
    (A610080004)
    kelas A

    BalasHapus
  42. Sebagai guru indonesia harus mempunyai motivasi untuk proses pembelajaran.agar siswa tidak jenuh mengikuti proses pembelajaran. di indonesia pendidikan baru berjalan untuk meningkatkan mutu belajar.maka dari itu.untuk mengembangkan suatu sistim dalam pembelajaran sehingga PAIKEM dapat berjalanan dengan baik dan benar.agar siswa tidak jenuh.

    vuri septiana
    a 610080002
    kls a

    BalasHapus
  43. "Guru yang bermutu memungkinkan siswanya untuk tidak hanya dapat mencapai standar nilai akademik secra nasioanal,tetapi juga mendapatkan pengetahuan dan keahlian yang penting untuk belajar selama hidup mereka"

    NOVI DWI ASTUTI
    A610090103
    KLAS B
    FKIP GEOGRAFI

    BalasHapus
  44. guru itu harus profesional. karena guru pencetak generasi penerus....

    muhammad wijayanto
    A 610090106

    BalasHapus
  45. guru profesional adlah guru yang berkarakter dan inspiratif..,,

    bisa bermakna bagi peserta didik khususnya, masyarakat pada umumnya.

    erna mardliyana rahmawati(A 610090107)

    BalasHapus
  46. Realita pembelajaran saat ini belum sesuai, seperti yang dikatakan sugiyanto.2008:5.
    Hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang malas berangkat kesekolah mereka lebih asik nongkrong dipinggir jalan atau ditempat lain. Guru dan pihak sekolah harus lebih peka terhadap peserta didik agar peserta didik lebih merasa nyaman berada di sekolah. oleh karena itu guru harus mampu mengembangkan model atau strategi pembelajaran yang inovatif dan mampu menerapkan pendekatan PAIKEM.

    RINA FATMAWATI
    A 610090014
    KLS A/V
    FKIP GEOGRAFI

    BalasHapus
  47. dengan kegiatan pembelajaran pembelajaran PAIKEM guru bisa memberikan materi dan informasi lebih efektif & efisien,dan murid juga dapat aktif dalam kegiatan pembelajaran,,,,


    Widha Adhi Pradana
    A 610090022

    BalasHapus
  48. setiap model-model pembelajaran mempunyai teknik dan metode berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama, semua itu diterapkan agar siswa lebih termotivasi pada saat proses pembelajan secara. sehingga proses kbm dapat berjalan secara optimal

    BalasHapus
  49. dalam melaksanakan kegiatan kita juga harus punya kreatifitas dalam mengunakan tehnik tehnik mengajar supaya dapat tercapai pembelajaran yang optimal

    teguh s
    A610090051

    BalasHapus
  50. guru dikatakan profisional biala menguasai metede pembelajaran antara lain
    1. Model Pembelajaran Kontektual.
    2. Model Pembelajaran Quantum.
    3. Model Pembelajaran Terpadu.
    4. Model Pembelajaran Berbasis Masalah.
    5. Model Pembelajaran Kooperatif

    m.kohar silaturrahim
    A610090016

    BalasHapus
  51. banyak model dan strategi pembelajaran yang dikembangkan olaeh para ahli dalam meningkatkan kualitas guru namun masih ada juga guru yang bekerja belum secara profesional.

    Anton wijaya putra
    A610090033

    BalasHapus
  52. setiap guru harus mempunyai ketrampilan untuk membuat sebuah inovasi pembelajaran agar para siswa mampu mencerna dan faham dengan apa yang di sampaikan guru, dalam mengajar guru di tuntut untuk menyampaikan meteri sejelas jelasnya.

    Syahrul Azhari
    A610090012

    BalasHapus
  53. metode pembelajaran yang benar akan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran untuk mewujudkan guru yang benar benar profesional maka pemerintah bisa membuatkan suatu asrama untuk pelatihan guru.

    Dina Nur K
    A610090054

    BalasHapus
  54. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN yang EFEKTIF

    CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN KD
    1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
    2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
    3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
    4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
    5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
    6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
    7. Kesimpulan


    Ardin Widonartyas
    A.610090020

    BalasHapus
  55. kita sebagai calon guru pendidik,, harus membuat suasana kelas menjadi nyaman dan komunikatif antara guru dan muruid,, agar mempermudah proses belajar mengajar,,

    surya prasetya
    a610090013

    BalasHapus
  56. dengan model pembelajaran yang baik seperti
    1. Model Pembelajaran Kontektual.
    2. Model Pembelajaran Quantum.
    3. Model Pembelajaran Terpadu.
    4. Model Pembelajaran Berbasis Masalah.
    5. Model Pembelajaran Kooperatif
    siswa dapat lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran sehingga jelas dengan materi yang di berikan oleg guru-guru dan juga mengembangkan cara berpikir yang baik dalam pengetahuan tentang materi2 yang di berikan selanjutnya.....

    Anita cahyaningrum
    A 610090001

    BalasHapus
  57. Agar menjadi seorang pendidik yang yang profesional di masa depan, maka perlu di latih sejak dini, perlu pelatihan di segala bidang, baik pembelajaran tentang menejemen waktu, dan pembelejaran untuk menumbuhkan sikap profesionalitas di dalam diri calon pendidik.

    AHMAD MAHBUB NUR RAHMAN
    A 6100 900 30

    BalasHapus
  58. di jaman sekarang ini memang sulit guru-guru yang melakukan model pembelajaran yang efektif dan di mengerti oleh murid-murid tetapi guru sebagian besar hanya membaca membaca dan menerangkan lalu memberikan PR, itu yang membuat siswa tidak berkembang. jadi kita sebagai calon guru harus bisa memberikan model pembelajaran yang baik supaya siswa dapat berkembang dan tidak tergantung pada guru saja.

    siti bariah
    A610090027

    BalasHapus
  59. seseoarang guru itu harus mampu menyampaikan sesuatu ilmu kepada anak didik yg telah di dapatkan sewaktu kuliah,sehingga anak didikny bisa menerima ilmu yg kita punya dan berguna bagi nusa dan bangsa

    FAJAR SETIAWAN
    A 610090074

    BalasHapus
  60. seorang guru bisa memberikan pengajaran yang baik bagi murid-muridnya dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang baik dan dapat dimengerti oleh siswa supaya siswa tidak hanya tergantung pada kinerja gurunya tetapi siswa juga ikut aktif dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah....

    Rita indariani
    A610090017

    BalasHapus
  61. Menjadi guru berarti harus siap mengabdikan diri demi kemajuan pendidikan bangsa.Guru tak hanya sebatas menyampaikan materi dikelas,tetapi harus mampu memahami dan melaksanakan kurikulum dengan baik dan Guru harus memiliki profesionalisme yang tingg,profesional berarti menyandang suatu jabatan/pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau ketrampilan yang tinggi....Guru harus memiliki inovasi dalam proses KBM/model baru dalam proses pembelajaran,agar peserta didik tidak merasa jenuh dan bersemangat mengikuti pembelajaran...


    HAMIID AR RAZZAAQ
    A610090037

    BalasHapus
  62. sebagai calon guru yang baik,dan menjadi sosok yang disegani murid dan sibagai contoh suritauladan yang baik,kita sebagai calon guru harus pintar dan cerdas untuk mengambil hati dan perhatian para murid,agar murid merasa nyaman dalam kegaitan belajar mengajar......


    maulan asyhar
    A610090056

    BalasHapus
  63. guru adalah seorang pembimbing bagi peserta didik,seorang guru harus mempunyai karakter yang baik sehingga guru dapat memberikan contoh yang baik pula bagi peserta didiknya dan seorang guru di dalam kelas harus mampu memberikan pelajaran/materi secara baik, dan guru memiliki kewajiban agr peserta didiknya memahami materi yang di sampaikan.

    MUHAMMAD ANWAR SYAMSUL HADI
    A610090021
    FKIP GEOGRAFI

    BalasHapus
  64. guru adalah profesi yang mulia karena guru selain sebagai suatu pekerjaan juga sebagai amalan, karena guru memberikqan contoh yang baik dan mulia bagi para peserta didik.

    ibnu prawaca
    A610090028
    fkip geografi

    BalasHapus
  65. guru adalah sosok yang patut diteladani dan dibanggakan,karena guru mengajarkan tentang ilmu dan kehidupan yang kita jalani kelak.

    nugroho
    A610090049
    fkip geografi

    BalasHapus
  66. Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru.
    DWI WIJANARKO A610090047

    BalasHapus
  67. Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru.

    BalasHapus
  68. maka dari itu guru juga harus mempunya daya intelektual sehingga guru bisa mengunakan cara pengajaran atau metode pembelajaranya menggunakan berbagai model - model pembelajaran sehingga pelajar bisa lebih bisa cepat menangkap dan bisa mempelajarinya dengan menyengakan pula.

    BalasHapus
  69. assalamualaikum wr wb
    pak cip,suwun pendalaman materinya pak, & smoga slalu dberi kesehatan

    bayu mukti abdullah (a410090148)

    BalasHapus
  70. askum bapak'e..
    nuwun pak atas infonya.
    makasih bnyak.

    by arie w (a 4100 90 143) n
    agung R (a 4100 90 113)

    BalasHapus
  71. You sure this is going to work for all and I mean for literally all and you must know how it work https://www.rude69.com/videos/sexy_b0rsch/

    BalasHapus