Nama Mata Kuliah : Inovasi Pendidikan
Semester : 3
Tujuan Mata Kuliah:
Mata kuliah ini memberikan bekal yang komprehensif kepada mahasiswa tentang kajian inovasi, baik secara teoritis maupun empiris dalam bidang pendidikan.
Pokok-pokok kajian:
Pertemuan I Orientasi Inovasi Pendidikan
1. Pengenalan tentang aturan perkuliahan dan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan
2. Definisi inovasi
Pertemuan II Telaah Materi (penjelasan, diskusi kelas dosen sebagai moderator)
1. Tipe dan Sumber inovasi
2. Tujuan dan Siklus inovasi (tatap muka di kelas);
3. Manajemen dan Kegagalan Inovasi (tatap muka di kelas);
Pertemuan III Pendalaman Materi (diskusi kelompok)
1. Definisi inovasi
2. Tipe dan Sumber inovasi
3. Tujuan dan Siklus inovasi (tatap muka di kelas);
4. Manajemen dan Kegagalan Inovasi (tatap muka di kelas);
Pertemuan IV Kajian Materi Lesson Study (LS) sebagai Inovasi Pendidikan
1. Pengertian LS
2. Sejarah SL
Pertemuan V Kajian Materi Lesson Study (LS) sebagai Inovasi Pendidikan
1. Siklus SL
2. SL berbasis PTK
Pertemuan VI Pendalaman Materi (diskusi kelompok)
1. Pengertian LS
2. Sejarah SL
3. Siklus SL
4. SL berbasis PTK
Pertemuan VI Kajian Materi Jaringan Internet sebagai media pembelajaran.
1. Restrukturisasi dan renovasi pendidikan
2. Pembelajaran berbasis teknologi komunikasi.
Pertemuan VII Pendalaman Materi (diskusi kelompok)
1. Restrukturisasi dan renovasi pendidikan
2. Pembelajaran berbasis teknologi komunikasi.
Pertemuan UTS (Ujian Tengah Semester)
Pertemuan VIII Diskusi kelompok, Kebijakan dalm inovasi pendidikan (standar
nasional pendidikan, badan stndar nasional, sekolah standar nasional, program
akselerasi, sekolah nasional bertaraf internasional).
Pertemuan IX Diskusi kelompok, Pengembangan Karier Guru. (Sertifikasi, pendidikan
profesi dan UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Permendiknas nomor 16
tahun 2007 tentang Stándar Kualifikasi Dan Kompetensi Guru)
Pertemuan X Diskusi kelompok, Innovási dibidang pembelajaran (Implementasi ;
Permendiknas nomor 22, 23, 24 tahun 2006 tentang standat isi dan standar
kopetensi lulusan).
Pertemuan XI Diskusi kelopok, Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Mekanisme
penyusunan KTSP, dokumen I dan dokumen II KTSP)
Pertemuan XII Program Pengembangan Muatan Lokal (Latar Belakang, Pengembangan dan
Penetapan Mata Pelajaran, Pelaksanan, Pihak-pihak yang terlibat, dan penilaian).
Pertemuan XIII Pembelajaran Inovatif (pembelajaran terpadu dengan pendekatan
Tematik dan Kontekstual).
Pertemuan XIV Pengembangan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
berdasarkan KTSP.
Pertemuan XV Pedalaman Materi
Pertemuan UJUAN AKHIR SEMESTER (UAS).
Evaluasi
1. Keaktifan mhs di kelas
2. Tugas individu yang dilakukan melalaui blog yang dikembangkan oleh mahasiswa;
2. Tugas yang didapat melalui Internet dan diserahkan dalam bentuk print-out;
3. Ujian Tengah Semester (UTS);
4. Ujian Akhir Semester (UAS).
Sumber Rujukan
1. Abernathy, W.J. & K.B. Clark, 1985, Innovation: Mapping the Winds of Creative
Destruction, Research Policy, 14: 3-22.
2. Argyris, C. & D. Schön, 1978, Organizational Learning, Reading, Mass.: Addison-
Wesley.
3. Burns, T. & G.M. Stalker, 1961, The Management of Innovation, London: Tavistock.
4. Nooteboom, B., 1999b, Innovation, Learning and Industrial Organization Cambridge
Jopurnal of Economics,23:127-150.
5. Subadi,T, 2010, Lesson Study Berbasis PTK, Surakarta: BP FKIP-UMS.
6. Sudarwan Danim, (2002) Inovasi Pendidikan.,dalam Upaya Peningkatan
Pofesionalisme Tenaga Kependidikan Jakarta.
MAHASISWA DIPERSILAHKAN MENGEMBANGKAN POKOK-POKOK BAHASAN DARI TIAP-TIAP PERTEMUAN TERSEBUT DI ATAS
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus