Selamat Datang di Blog saya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Minggu, 20 Januari 2013

Kerjakan Soal Ujian Susulan MATA KULIAH INOVASI PENDIDIKAN

Soal-Soal------------------------------------ 1. Pengertian inovasi, pengertian pembelajaran, dan pengertian inovasi pembelajaran. 2. Tahapan pembelajaran . 3. Pengertian strategi pembelajaran, mcam-macam strategi pembelajaran. 4. Langkah-langkah pembelajaran jigsaw modifikasi. 5. Pengertian micro teaching, beberapa ketrampilan pembelajaran micro teaching 6. Pengertian PTK, ciri-ciri / karakteristik PTK. 7. Tujuan PTK sebagai inovasi pembelajaran. 8. Pengertian lesson study, ciri-ciri atau karakteristik lesson study. 9. Langkah-langkahnya (siklus) lesson study sebagai inovasi pembelajaran. 10. Alasan perlunya inovasi dalam pembelajaran sebagai inovasi pendidikan. 11. Landasan hukum penyelenggasraan lesson study sebagai inovasi pembelajaran 12. Mengapa ICT (Information Comuncation Tecnology) sebagai inovasi dalam pembelajaran. 13. Jelaskan pengertian salah satu strategi pembelajaran, kemudian sebutkan kebaikan dan kelemahannya ! 14. Mengapa micro teaching disebut sebagai inovasi pembelajaran? 15. Mengapa PTK disebut sebagai inovasi pembelajaran, sebutkan kebikan dan kelemahannya? 16. Mengapa lesson study disebut sebagai inovasi pembelajaran ? 17. Jelaskan pengertian kurikulum 18. Sebutkan beberapa fungsi kurikulum 19. Sebutkan prinsip-prinsip proses pengembangan kurikulum. 20. Jelaskan pengertian diferensiasi 21. Jelaskan yang pengertian kurikulum diferensiasi 22. Jelaskan kebijakan pemerintah tentang inovasi pendidikan 23. Jelaskan pula kebijakan pemerintah tentang pengembangan Karier Guru tentang Sertifikasi 24. Jelaskan secara singkat isi dari UU Nomor 14 Tahun 2005 ! 25. Dalam penentuan materi, ditetapkan prosedur dan kriteria penetuan, sehingga guru dapat terhindar dari kesembronoan penetapan bahan ajar. Penetuan bahan ajar terikat oleh kriteria atau basis tertentu. Salah satu basis tersebut adalah kompetensi dan kreteria. a. Beri penjelasan apa yang dimaksud dengan berbasis kompetensi dan berbasis indikator dalam penetapan bahan ajar ! b. Berilah salah satu contoh prosedur penetapan bahan ajar di atas kemudian seperti apa contohnya ! 26. Setelah munculnya teori konstruktivisme dari Lev Vygotsky (1978), maka layaman pendidikan banyak yang berubah bahkan muncul teori belajar baru. Teori Vygotsky telah mengilhami lahirnya cara mendiferenciasi instruktional. a. Apa yang dimaksud dengan konstruktivisme dalam pembelajaran dari Vygotsky ? b. Jelaskan apa yang dimaksud diferensiasi dan kurikulum diferensiasi ! c. Bagaimana diferensiasi instruksional terjadi terutama dalam kelas inklusif ?

1 komentar:

  1. saya sudah mengcopy dan membaca materi kurikulum diferensiasi dari blog bapak tjipto
    Nama:Agung mulyo taufiq
    Nim:A310120056
    Kelas:2E
    Angkatan:2012

    BalasHapus