Selamat Datang di Blog saya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Minggu, 23 Desember 2012

Kurikulum Diferensiasi (Mata Kuliah Inovasi Pendidikan) UNTUK SEMUA PRODI ==== MAHASISWA HARUS MEMBERI KOMENTAR

Kurikulum Diferensiasi=====1. Pengertian Kurikulum. Ada banyak kalangan yang beranggapan bahwa kurikulum berhubungan dengan materi ajar, sehingga kurikulum selalu dikaitkan dengan buku-buku pelajaran. Jika kita runut dari awal, sebenarnya istilah kurikulum berawal dari istilah olah-raga pada zaman Yunani kuno yang berasal dari kata curir dan curere yang kemudian dimaknai sebagai jarak tempuh yang dilakukan oleh seorang pelari. ====== Sementara Sukmadinata (2006 : 5) membedakan antara kurikulum sebagai rencana (curriculum plan) dengan kurikulum yang fungsional (functioning curriculum). ===== Sebagai suatu rencana pendidikan atau pengajaran.===== Menurut Beauchamp, pelaksanaan rencana tersebut sudah termasuk dalam pengajaran. Sementara menurut Zais, kurikulum tidak dapat dinilai dari dokumen tertulisnya saja, melainkan harus dinilai dalam proses pelaksanaan fungsinya dalam kelas. ===== Sedangkan S. Nasution (2008: 5) menjelaskan kurikulum adalah suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses berlajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggunga jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. Kurikulum adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di bawah pengawasan sekolah, jadi selain kegiatan kulikuler yang formal juga kegiatan yang tak formal. ===== Untuk mendapatkan rumusan tentang pengertian kurikulum, para ahli mengemukakan pandangan yang beragam. Dalam pandangan klasik, lebih menekankan kurikulum dipandang sebagai rencana pelajaran di suatu sekolah. Pelajaran-pelajaran dan materi apa yang harus ditempuh di sekolah, itulah kurikulum. George A. Beauchamp (1986) mengemukakan bahwa: “ A Curriculun is a written document which may contain many ingredients, but basically it is a plan for the education of pupils during their enrollment in given school”. Dalam pandangan modern, pengertian kurikulum lebih dianggap sebagai suatu pengalaman atau sesuatu yang nyata terjadi dalam proses pendidikan, seperti dikemukakan oleh Caswel dan Campbell (1935) yang mengatakan bahwa kurikulum … to be composed of all the experiences children have under the guidance of teachers. Dipertegas lagi oleh pemikiran Ronald C. Doll (1974) yang mengatakan bahwa : “ …the curriculum has changed from content of courses study and list of subject and courses to all experiences which are offered to learners under the auspices or direction of school. ===== Untuk mengakomodasi perbedaan pandangan tersebut, Hamid Hasan (1988) mengemukakan bahwa konsep kurikulum dapat ditinjau dalam empat dimensi, yaitu:1. Kurikulum sebagai suatu ide; yang dihasilkan melalui teori-teori dan penelitian, khususnya dalam bidang kurikulum dan pendidikan.======= 2. Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, sebagai perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide; yang didalamnya memuat tentang tujuan, bahan, kegiatan, alat-alat, dan waktu.====== 3. Kurikulum sebagai suatu kegiatan, yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis; dalam bentuk praktek pembelajaran.==== 4. Kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan konsekwensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan, dalam bentuk ketercapaian tujuan kurikulum yakni tercapainya perubahan perilaku atau kemampuan tertentu dari para peserta didik.====== Sementara itu, Purwadi (2003) memilah pengertian kurikulum menjadi enam bagian : (1) kurikulum sebagai ide; (2) kurikulum formal berupa dokumen yang dijadikan sebagai pedoman dan panduan dalam melaksanakan kurikulum; (3) kurikulum menurut persepsi pengajar; (4) kurikulum operasional yang dilaksanakan atau dioprasional kan oleh pengajar di kelas; (5) kurikulum experience yakni kurikulum yang dialami oleh peserta didik; dan (6) kurikulum yang diperoleh dari penerapan kurikulum.===== Dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional sebagaimana dapat dilihat dalam Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 19, menyatakan bahwa: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu” (diakses dari www.muniryusuf.com/.../pengertian-pendidikan-kurikulum-diferensiasi Written by Munir Yusuf on February 2, 2010 — Leave a Comment). ========= Dari uraian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana yang berisi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, isi, bahan pelajaran, cara yang digunakan, dan semua komponen yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan (pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, laboratorium, perpustakaan, gedung sekolah, lingkungan sekolah, jongos sekolah dan lain-lain) yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. =========== 2. Fungsi Kurikulum, Hamalik (2007:13) menyatakan bahwa kurikulum memiliki beberapa fungsi yaitu : (1) Fungsi penyesuaian, (2) Fungsi pengintegrasian, (3) Fungsi diferensiasi, (4) Fungsi persiapan, (5) Fungsi pemilihan, dan (6) Fungsi diagnostik. ===== a)Fungsi Penyesuaian (The Adjustive of Adaptive Function). Individu hidup dalam lingkungan. Setiap individu harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya secara menyeluruh. Karena lingkungan senantiasa berubah dan bersifat dinamis, maka masing-masing individu pun harus memiliki kemampuan menyesuaikan diri secara dinamis pula. Dibalik itu, lingkungan pun harus disesuaikan dengan kondisi perorangan. Di sinilah letak fungsi kurikulum sebagai alat pendidikan, sehingga indi¬vidu bersifat well-adjusted.==== b)Fungsi Integrasi (The Integrating Function). Kurikulum berfungsi mendidik pribadi-pribadi yang terintegrasi. Oleh karena individu sendiri merupakan bagian dari masyarakat, maka pribadi yang terintegrasi itu akan memberikan sumbangan dalam pembentukan atau pengintegrasian masyarakat.===== c)Fungsi Diferensiasi (The Differentiating Function).Kurikulum perlu memberikan pelayanan terhadap pebedaan di antara setiap orang dalam masyarakat. Pada dasarnya, diferensiasi akan mendorong orang berpikir kritis dan kreatif, sehingga akan mendorong kemajuan sosial dalam masyarakat. Akan tetapi, adanya diferensiasi tidaf berarti mengabaikan solidaritas sosial dan integrasi, karena diferensiasi juga dapat menghindarkan terjadinya stagnasi sosial.===== d)Fungsi Persiapan (The Propaedeutic Function).Kurikulum berfungsi mempersiapkan siswa agar mampu melanjutkan studi lebih lanjut untuk suatu jangkauan yang lebih jauh, misal melanjutkan studi ke sekolah yang lebih tinggi atau persiapan belajar di dalam masyarakat Persiapan kemampuan belajar lebih lanjut ini sangat diperlukan, mengingat sekolah tidak mungkin memberikan semua yang diperlukan siswa atau apa pun yang menarik perhatian mereka.====== e)Fungsi Pemilihan (The Selective Function).Perbedaan (diferensiasi) dan pemilihan (seleksi) adalah dua hal yang saling berkaitan. Pengakuan atas perbedaan berarti memberikan kesempatan bagi seseorang untuk memilih apa yang diinginkan dan menarik minatnya. Kedua hal tersebut merupakan kebutuhan bagi masyarakat yang menganut sistem demokratis. Untuk mengembangkan berbagai kemampuan tersebut, maka kurikulum perlu disusun secara luas dan bersifat fleksibel.===== f)Fungsi Diagnostik (The Diagnostic Function).Pendidikan adalah membantu dan mengarahkan siswa untuk mampu memahami dan menerima dirinya, sehingga dapat mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Hal ini dapat dilakukan jika siswa menyadari semua kelemahan dan kekuatan yang dimilikinya melalui proses eksplorasi. Selanjutnya siswa sendiri yang memperbaiki kelemahan tersebut dan mengembangkan sendiri kekuatan yang ada. Fungsi ini merupakan fungsi diagnostik kurikulum dan akan membimbing siswa untuk dapat berkembang secara optimal. (forumguruhebat.blogspot.com/Tio dalam blog Forum Guru Hebat)======= 3. Proses Pengembangan Kurikulum. Kurikulum pada dasarnya berfungsi sebagai pedoman terutama bagi pendidik di setiap jenjang pendidikan pada tingkat satuanya masing-masing, oleh karenanya ada sejumlah prinsip dalam proses pengembanganya. Berikut ini beberapa prinsip dalam pengembangan kurikulum yaitu (1) Prinsip relevansi. (2) Prinsip fleksibilitas (3) Prinsip kontinuitas (4) Prinsip efisiensi, dan (5) Prinsip efektifitas.====== (a)Prinsip Relevansi.Kurikulum sebagai pedoman akan membawa siswa untuk dapat memaknai hidup sesuai dengan aturan hidup yang ada di masyarakat dan membekali siswa baik dalam bidang pengetahuan, sikap maupun keterampilan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Oleh karenanya dalam penyusunan kurikulum yang didapat melalui pengalaman belajar siswa, kurikulum harus relevan dengan kebutuhan masyarakat dan inilah yang dinamakan prinsip relevansi.Relevansi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu relevansi internal dan relevansi eksternal. Wina (2008 : 39) Relevansi internal adalah bahwa setiap kurikulum harus me-miliki keserasian antara komponen-komponennya, yaitu keserasian antara tujuan yang harus dicapai, isi, materi atau pengalaman belajar yang harus dimiliki siswa, strategi atau metode yang digunakan serta alat penilaian untuk melihat ketercapaian tujuan. Relevansi internal ini menunjukkan keutuhan suatu kurikulum.====== Relevansi eksternal memiliki makna bahwa antara tujuan, isi, dan proses belajar siswa yang tercakup dalam kurikulum seyogiyanya sesuai dengan kebutuh¬an dan tuntutan masyarakat. Menurut Wina (2008 : 39) dalam pengembanganya relevansi eksternal terbagi menjadi tiga: Pertama, relevan dengan lingkungan hidup peserta didik. Artinya isi kurikulum hendaknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar siswa. Misalkan untuk siswa yang tinggal di perkotaan perlu dikenalkan kehidupan lingkungan perkotaan seperti bagaimana cara menyebrang yang baik pada zebra cross, pelayanan jasa : pembayaran Air, Listrik, Telepon baik secara manual maupunonline dan sebagainya. Kedua, relevan dengan perkembangan zaman baik sekarang maupun dengan yang akan datang. Artinya, isi kurikulum harus sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang berkembang. Selain itu juga apa yang diajarkan kepada siswa harus bermanfaat untuk kehidupan siswa pada waktu yang akan datang. Ketiga, relevan dengan tuntutan dunia pekerjaan. Artinya, bahwa apa yang diajarkan di sekolah harus mampu memenuhi dunia kerja. Misalkan pembelajaran Internet yang diajarkan pada siswa, memiliki tujuan bahwa suatu saat nanti apa yang telah diajarkan dapat memberikan manfaat di masyarakat, terutama dalam mengahadpi kemajuan teknologi informasi.===== (b)Prinsip Fleksibilitas. Prinsip ini lebih menekankan tentang perlunya sifat fleksibel atau kelenturan, prinsip ini dirasa perlu karena bisa jadi apa yang kita harapkan dalam kurikulum ideal tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di masyarakat artinya kurikulum harus dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang ada. ====== Menurut Wina (41:2008) Prinsip fleksibilitas memiliki dua sisi: Pertama, fleksibel bagi guru, yang artinya kurikulum harus memberikan ruang gerak bagi guru untuk mengembangkan program pengajarannya sesuai dengan kondisi yang ada. Kedua, fleksibel bagi siswa, artinya kurikulum harus menyediakan berbagai kemungkinan program pilihan sesuai dengan bakat dan minat siswa.====== (c)Prinsip Kontinuitas. Kontinuitas yang dimaksud disini adalah berkesinambungan, artinya perkembangan proses belajar itu tidak terputus-putus tapii berkesinambungan-terus menerus. Oleh karenanya pengalaman yang meski ada dalam isi kurikulum harus memperhatikan kesinambungan antara materi pelajaran pada berbagai jenjang dan jenis program pendidikan. Untuk itu pengembangan kurikulum meski dilakukan secara bersama-sama antara pengembang kurikulum pada setiap jenjang pendidikan sekolah dasar, jenjang SLTP jenjang SLTA, dan pengembang kurikulum pada perguruan tinggi.====== d. Praktis (Efisiensi).Kurikulum praktis dikatakan baik jika memenuhi prinsip efisiensi yang berhubungan dengan tenaga, waktu, sarana, dan biaya yang dikeluarkan semurah mungkin dan hasil yang diperoleh dapat maksimal. Karena sehebat dan seideal-idealnya kurikulum namun jika peralatan, sarana dan prasarana sangat mahal harganya, maka kurikulum tidaklah praktis dan akan sulit untuk di implementiiskan, oleh karenanya kurikulum meskinya harus dirancang utnuk dapat digunakan dalam situasi apapun (keadaan terbatas).e). Efektifitas.Kurikulum disamping harus murah dan sederhana, bukan lantas mengindahkan faktok keberhasilan yang ingin dicapai dari kurikulum itu sendiri baik secara kualitas maupun kuantitas. Karena pengembangan kurikulum merupakan penjabaran dari perencanaan pendidikan. Menurut Wina (2008:4) Prinsip efektivitas berkenaan dengan rencana dalam suatu kurikulum dapat dilaksanakan dan dapat dicapai dalam kegiatan belajar mengajar. Terdapat dua sisi efektivitas dalam suatu pengembangan kurikulum. Pertama, efektivitas berhubungan dengan kegiatan guru dalam melaksanakan tugas mengimplementasikan kurikulum di dalam kelas. Kedua, efektivitas kegiatan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar. (forumguruhebat.blogspot.com/Tio dalam blog Forum Guru Hebat)====== 4. Diferensiasi berarti bahwa suatu produk atau jasa memiliki tidak saja keberbedaan dengan produk atau jasa yang sudah ada, melainkan juga merupakan titik keunggulan dibandingkan yang lainnya itu. Tetapi, diferensiasi tidak berarti ‘asal berbeda’, sehingga kalau sudah berbeda berarti pasti memiliki titik keunggulan yang dimaksud.===== 5. Kurikulum Diferensiasi (a) Kurikulum diferensiasi adalah kurikulum yang memberi pengalaman pendidikan yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan intelektual siswa (Ward, 1980). (b)Kurikulum diferensiasi adalah kurikulum yang menantang sesuai dengan kemampuan siswa. Kurikulum yang mempunyai karakter cepat belajar, mampu menyelesaikan problem lebih cepat maupun keunggulan lain. (c). Kurikulum berdiferensiasi adalah kurikulum nasional dan lokal yang dimodifikasi dengan penekanan pada materi esensial dan dikembangkan melalui sistem eskalasi yang dapat memacu dan mewadahi secara integrasi pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

56 komentar:

  1. Well, Ok...
    Pertama membaca tulisan Bapak, Saya tidak menyangka bahwa istilah kurikulum yang sebenarnya berawal dari istilah OLAH RAGA--saya ulangi lagi OLAH RAGA--pada zaman Yunani kuno yang berasal dari kata "curir" dan "curere" yang kemudian dimaknai sebagai jarak tempuh yang dilakukan oleh seorang pelari.
    So, why the hell that word is used in education term? (hehe.. maaf sedikit nambah-nambah English, saya sendiri kurang tahu apakah gramar-nya bagus atau tidak :) :D )
    Ngomong-ngomong ceritanya seperti apa kata yang berasal dari istilah olah raga digunakan sebagai istilah di dalam dunia pendidikan dan sangat melekat dalam dunia belajar mengajar?..

    Yang kedua, melihat situasi di Indonesia ini, Which is kurikulum semenjak zaman awal kemerdekaan hingga sekarang, kurikulum Pendidikan Indnesia banyak sekali mengalami pergantian, bahkan kurikulum yang baru beberapa tahun yang lalu (KTSP) di mana pendidikan berpusat pada siswa belum juga mencapai hasil yang baik(bahkan menurut stistik peringkat Pendidikan di Indonesia nomor 12 di antara ke-12 negara ASEAN), sudah akan diganti dengan kurikulum 2013. Ada apa ini seenarnya?

    Tambahan: Berbicara mengenai kurikulum, saya teringat dengan kata Pak Prof. Rhenald Kasali, Ph.D (Guru bersar Universitas Indonesia) dalam videonya yang diunggah di situs youtube.com. Beliau mengatakan bahwa "mengacu pada UU Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003, Mengakibatkan Indonesia menjadi NEGARA DENGAN JUMLAH MATA PELAJARAN TERBANYAK DI DUNIA". (Bisa disaksikan di link ini: http://www.youtube.com/watch?v=Ylc3OkxCgDc)

    So, what should we do, as the next teacher?
    Mohon feed back-nya, Pak Tjipto..

    Comment by: PUJIYANTO
    NIM: A410100011
    Jurusan: Pendidikan Matematika
    Semester: 5A
    Blog: http://pujiyanto-matematika.blogspot.com/ (di follow ya.. :D :) )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kreativitas seorang guru sangat dibutuhkan, coba dibaca "Hiddent Curiculum" yang dikembangkan di Amerika.

      Hapus
  2. berbagai macam dan pergantian kurikulum untuk menemukan yang sesuai dengan tingkat kemampuan belajar peserta didik tidak masalah, alangkah lebih baiknya jika memasukkan suatu kurikulum yang mana memasukkan pendidikan mitigasi bencana dalam materi, secara tidak langsung kami sebagai calon pendidik geografi mampu untuk meminimalisir resiko bencana melalui tingkat pendidikan yang formal.. :)

    Pritha Suci N.R
    A610100063
    Kelas B
    FKIP Geografi_Semester 5

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum,.. Wr.Wb

    Nama: Fajar Wulandari
    Nim: A610100070
    FKIP GEOGRAFI
    Semester 5
    Kelas B

    menurut pendapat saya, perkembangan kurikulum di Indonesia negeri kita tercinta. Memang selalu mengalami perkembangan dan perubahan secara berkala mengikuti perkembangan zaman yang terpengaruh oleh teknologi. dari kurikulum 1994 berubah hingga menjadi kurikulum ktsp,..
    kurikulum sebagai alat yang digunakan sebagai acuan dalam proses belajar antara peserta didik dan pendidik (guru) sehingga tidak main-main dalam proses belajar mengajar tersebut.

    Waalaikumsalam,.. Wr.Wb ^_^
    Terimakasih Pak atas materinyaa

    BalasHapus
  4. Nama : Sasongko Putro Nugroho
    NIM : A610100020
    FKIP Geografi

    Good Morning All..
    Setelah saya membaca materi di atas kurikulum yang disebutkan ada beberapa penafsiran,terutama menyangkut masalah isi dan fungsi dari kurikulum tersebut,perbedaan ini tercipta karena adanya perbedaan tingkat perkembangan pendidikan.saya rasa materi tersebut logis untuk dikaji karena beberapa pengertian menyangkut seperangkat isi,tujuan,dan bahan ajar pembelajaran yuang penting untuk dikembangkan di masa mendatang,tetntunya ini merupakan PR kita bersama sebagai calon pendidik.pada intinya kurikulum yang diciptakan harus berdasar kuat pada karakter bangsa ini,karena ada beberpa kota besar yang membangun sekolah denga kurikulum negara tetangga,ini menjadi pertanyaan besar,kenapa bangsa sebesar ini justru mengimpor kurikulum yang berasal dari negara segede upil? ini tentunya menjadi cambuk bagi kita sebagai calon pendidik untuk meningkatkan mutu pendidikan di negri ini,untuk merubah pendidikan nasional menjadi berkarakter pribumi.

    BalasHapus
  5. Nama : Muh Faqih Febriyanto
    NIM : A610100018
    FKIP Geografi

    Assalamualaikum Pak tjiptosubandi
    Materi bapak tentang kurikulum sangat bermanfaat bagi saya sebagai calon pendidik, bahwa perencanaan kurikulum sangat penting untuk perkembangan pendidikan khususnya diIndonesia. kurikulum juga harus sesuai dengan zamannya,seperti pembelajaran Internet yang diajarkan pada siswa, memiliki tujuan bahwa suatu saat nanti apa yang telah diajarkan dapat memberikan manfaat di masyarakat, terutama dalam mengahadpi kemajuan teknologi informasi seperti yang dijelaskan di materi diatas

    BalasHapus
  6. NAMA :ALIKHA INDAH NURCAHYANINGSIH
    NIM :A610100089
    PENDIDIKAN GEOGRAFI


    Assalamualaikum WR.WB
    terimakasih atas meteri yang bapak berikan kepada kami, menurut pendapat saya, Adanya perubahan sosial yang terjadi dimasyarakat maka beriplikasi pada perlunya perubahan dalam kurikulum sehingga dapat mengikuti dan memenuhi apa yang menjadi tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Jadi kurikulum sekolah harus dapat mengikuti perubahan dan perkembangan jaman, sebab jika tidak dilakukan perubahan maka pendidikan tidak dapat menghasilkan generasi berikut yang tanggap terhadap perkembangan. KTSP merupakan bentuk kurikulum baru yang sarat dengan perubahan/inovasi. Hal ini dilakukan sebagai jawaban terhadap perlunya mengantisipasi perubahan masyarakat. Perubahan yang terjadi pada kurikulum tentunya juga harus diimbangi dengan perubahan dalam proses pembelajaran. Meskipun kurikulum berubah, tidak berarti otomatis akan terjadi perubahan dalam proses implementasi di lapangan. Perubahan tidak akan terjadi apabila guru sebagai pelaksana pendidikan tidak atau belum melakukan perubahan tersebut.

    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  7. Nama :Ika Rinda Sari
    NIM :A610100109
    Kelas:B
    FKIP GEOGRAFI

    Assalamualaikum WR.WB
    saya baru tahu kalau kurikulum itu berasal dari istilah olah raga. berbicara mengenai kurikulum, kurikulum itu sendiri merupakan seperangkat komponen pendidikan yang harus dipahami oleh pendidik dan dikuasai oleh siswa.

    menurut saya kurikulum diindonesia yang sekarang ini perangkat rencana pendidikan yang perlu dikembsngksn secara dinamis yang sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi dimasyarakat, walaupun masih ada yang belum sesuai dengan tuntutan perubahan.karena apa? indonesia ini masih dipengaruhi sistem pendidikan kolonial jepang dan belanda. karena kehidupan bangsa pada saat itu masih dijajah oleh negara kolonial, maka pendidikan sebagai development conformism lebih menekankan pembentukan karakter manusia yang bedaulat dan sejajar dengan bangsa lain dimuka bumi ini.:)
    terimakasih pak< atas materi yang sudah bapak sampaikan dan ini sangat bermanfaat untuk saya dan teman- teman sebagai calon pendidik.
    wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  8. Nama : Elis Yustyanasari
    Nim : A610100055
    FKIP PENDIDIKAN GEOGRAFI

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Menurut pendapat saya keberadaan kurikulum sangatlah penting dalam dunia pendidikan karena kedudukannya yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan Namun dalam pemilihan kurikulum tersebut kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan masa mendatang.
    Sekian komentar dari saya Pak.
    Terimakasih sebelumnya pak atas materi yang Bapak berikan :)

    BalasHapus
  9. Nama: Dini dwi pratiwi
    Nim : A610100001
    FKIP PENDIDIKAN GEOGRAFI

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Materi di atas sangat bagus dan menambah pengetahuan saya tentang kurikulum. ternyata kurikulum harus diteliti dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik serta harus sesuai dengan pengetahuan yang ada.
    Terima kasih atas materi yang disampaikan, materi tersebut sangat bermanfaat
    wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  10. Nama : Yeti Fatnawati
    NIM : A610100085
    KLAS :B
    FKIP GEOGRAFI/2010

    Assalamualaiku Wr.Wb pak Tjipto
    terima kasih pak materinya setelah saya baca materi dari blog bapak ini, maka saya tahu apa itu kurikulum, diferensiasi, definisi kurikulum diferensiasi, prinsip-prinsip kurikulum dan apa itu hidden curiculum. Seiring dengan perkembangan zaman, mengapa pendidikan di Indonesia masih juga tertinggal, padahal kurikulumnya sudah dilakukan perubahan/perbaikan. Dan terutama untuk hidden curiculum sendiri di negara Indonesia juga belum bisa diterapkan secara keseluruhan. Padahal hidden curiculum ini sangat penting juga untuk membangun karakter siswa lebih baik/menjadi baik.Padahal pengetahuan yang disampaikan melalui hidden curiculum ternyata lebih banyak digunakan dan diperlukan dalam kehidupan nyata dibandingkan dengan yang lain.

    Terimakasih pak
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    BalasHapus
  11. nama: Ari mulyono
    NIM: A610100087
    Kelas: B
    Progdi: Pendidikan Geografi

    Assalamualaiku,
    terima kasih pak materinya.....sekarang saya bisa mengetahui apa yang dimaksud dengan kurikulum diferensiasi dan prinsip-prinsipnya.
    saya juga dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan hidden curiculum.

    BalasHapus
  12. nama: Astika Putri K
    NIM: A610100112
    Kelas: B
    progdi: Pendidikan Geografi

    Assalamualaikum pak,
    setelah saya membaca postingan bapak ini sekarang saya bisa mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan kurikulum diferensiasi, tujuan, dan prinsip-prinsipnya.
    saya juga tau apa yang disebut dengan hidden curiculum.
    setelah ini saya akan belajar materi ini untuk persiapan UAS nanti.

    BalasHapus
  13. Nama : Ali Ufron
    Nim : A610100017
    Kelas : A
    FKIP GEOGRAFI

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    terimakasih pak,, atas materinya yang telah diberikan, materi tersebut sangat bermanfaat bagi saya, karena dengan materi tersebut, saya dapat mengetahui apasih maksud kurikulum deferensiasi.dan saya juga dapat mengerti tentang pengertian kurikulum dalam pendidikan yang telah dijelaskan menurut para ahli,selain itu saya juga mengerti tentang prinsip-prinsip kurikulum dan fungsi kurikulum,,

    BalasHapus
  14. nama : etana octa sintha
    nim : a 610100019
    kelas : A
    prodi : pend.geografi

    comment:
    Berbagai pengertian Kurikulum sudah mengalami perkembangan dari masa-kemasa. Di indonesia sendiri Kurikulum juga mangalami perkembangan.
    Namun sebaik-baik apapun Kurikulum dibuat, jika tidak didukung oleh pelaksana Kurikulum yaitu Guru yang berakhlak mulia, maka kwalitas pembelajaran diindonesia tidak akan seperti yang telah direncanakan dalam Kurikulum itu sendiri. Maka dari itu Guru juga mempunyai peran yang sangat penting dalam penyuksesan pelaksanaan kurikulum.

    BalasHapus
  15. nama :susiani k
    nim : A610100102
    KELAS :B
    PEND.GEOGRAFI

    terima kasih atas materi yang bapak berikan.materi ini sangatlah bermanfaat bagi saya sehingga saya dapat mengerti apa itu kurikulum, deferensiasi & kurikulum deferensiasi. Bahwa Kurikulum dibuat harusalah mengikuti perkembangan jaman,serta sesuai dengan karakteristik peserta didik. Agar apa yang direncanakan sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan

    BalasHapus
  16. Nama: Lina Gradina D
    Nim : A610100073
    Kelas : B
    Progdi : Pendidikan Geografi

    Assalamualaikum pak,,
    Setelah saya membaca materi bapak lewat postingan ini saya menjadi tahu arti kurikulum serta asal mula dari istilah kurikulum itu sendiri.Adanya perkembangan kurikulum dari waktu ke waktu sebagai tujuan untuk menjadikan perkembangan kurikulum yang lebih baik bagi dunia pendidikan dan tentunya mengikuti dengan adanya perkembangan jaman. Disamping itu saya juga memahami prinsip,tujuan,kurikulum diferensiasi,serta hidden curiculum.Sehingga adanya keseimbangan antara pemangku sekolah agar kurikulum dapat di implementasikan dengan sebaiknya.

    BalasHapus
  17. Nama : Nur Meily Adlika
    NIM: A610100059
    Kelas : B
    Semester : 5
    Prodi : Pendidikan Geografi

    Assalamu'alaikum...
    setelah saya baca materi ini, saya dapat tahu dan mengerti apa, bagaimana, mengapa kurikulum dan diferensiasi kurikulum itu sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. kurikulum dan pembelajaran sangat erat kaitannya dan saling mempengaruhi. oleh karena itu diperlukan pengembangan kurikulum agar pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat lebih efektif sehingga tercapainya tujuan-tujuan kurikulum.terima kasih pak atas materi yang diberikan. bermanfaat sekali bagi saya... ;)

    BalasHapus
  18. Nama : Ambar Sadiman
    NIM : A610100005
    Kelas :A
    Prodi : Pendidikan Geografi

    Blog ini sangat membantu saya untuk mendalami pengertian kurikulum dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. dalam penulisan blog lebih baik diringkas kembali agar pengunjung blog dapat menyerap intisari perkuliahan dalam waktu yang lebih cepat dan bahsanya tidak berlarut-larut.

    BalasHapus
  19. Nama : Septa Eka M
    NIM: A610100015
    Kelas A
    Prodi: Pend Geografi

    Materi ini telah memberikan manfaat bagi saya, antara lain mengenai berbagai macam inovasi pendidikan yang sangat berguna bagi perbaikan mutu pendidikan, salah satu contohnya yakni penelitia tindakan kelas. Dan selain itu dapat memberikan wawasan mengenai kurikulum secara luas.

    BalasHapus
  20. Nama : Metasari Ratna A
    NIM : A610100022
    Fakultas : FKIP
    Prodi : Geografi

    Kurikulum merupakan bagian penting yang tidak mampu dipisahkan dalam pendidikan. Kurikulum harus dibuat sesuai dengan lingkungan yang ada agar mampu mencapai tujuan kurikulum sendiri.
    Setelah membaca blog ini, saya mampu menambah pengetahuan terkait kurikulum diferensiasi. Dengan adanya kurikulum ini, diharapkan dapat membuat perubahan dalam perkembangan dunia pendidikan terutama pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  21. Nama : Paramita Sugiyarto
    NIM : A610100009
    FKIP GEOGRAFI

    Menurut saya kurikulum merupakan salah satu bagian penting dalan suatu pendidikan, karena tanpa kurikulum maka arah pendidikan menjadi tidak jelas.
    Setalah menbaca materi diatas saya jadi lebih memahami bagaimana kurikulum berperan dalam pemdidikan.

    BalasHapus
  22. Nama : Hilda Sulikah
    NIM : A610100104
    Pendidikan Geografi

    setelah membaca blog ini saya menjadi tau apa itu kurikulum, diferensiasi, kurikulum diferensiasi dan hidden kurikulum. Terimakasih pak blog ini sangat membantu.

    BalasHapus
  23. Nama :M Iqbal Farza
    NIM : a610100064
    FKIP Geografi

    menurut saya dalam perkembangan yang terjadi pada kurikulum di indonesia sangat penting adanya hal itu dikarenakan tuntutan zaman yang perkembangannya berubah2, dengan demikian penyesuaian kurikulum sangat diperlukan karena diharapkan siswa dapat mampu bersaing pada eranya. kurikulum sebagai tolak ukur dalam perkembangan2 zaman dalam memfasilitasi siswa untuk belajar.

    BalasHapus
  24. Nama : Bekti Romadhaningsih
    NIM : A610100035
    Pendidikan Geografi

    Assalamua'alaikum,
    Setelah saya membaca beberapa hal penting mengenai kurikulum di blog bapak, menurut saya kurikulum merupakan hal yang penting karena kurikulum bagian dari program pendidikan. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas pendidikan dan bukan semata-mata hanya menghasilkan suatu bahan pelajaran. Kurikulum tidak hanya memperhatikan perkembangan dan pembangunan masa sekarang tetapi juga mengarahkan perhatian ke masa depan.

    BalasHapus
  25. Nama : Sri Hermawati
    Nim :A610100040
    Kelas:A
    Progdi : Pendidikan Geografi

    Melihat dari pembahasan yang di ulas di blog dapat di simpulkan bahwa kurikulum sangat berperan penting dalam pengembangan potensi peserta didik demi pencapaian fungsi dari pendidikan nasional. seharusnya pendidikan di indonesia di selaraskan dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini demi penyesuaian gaya belajar peserta didik.

    BalasHapus
  26. Nama : Susi Apriana
    Nim : A610100106
    Progdi: Pendidikan Geografi

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Terima kasih buat materi yang bapak sajikan di blog ini sehingga saya jadi tahu kurikulum, diferensiasi, kurikulum diferensiasi dan prinsip-prinsipnya.
    Semoga materi ini sangat membantu
    aminnnn
    Wassalam'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  27. NAMA : Dian Aditya Oktaviantika
    NIM : A610100094
    Pendidikan Geografi
    Semester 5

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Terimakasih pak atas materi yang bapak berikan , setelah saya membaca blog ini saya menjadi mengerti apa itu kurikulum , kurikulum diferensiasi , prinsip kurikulum , tujuan kurikulum dan hidden kurikulum.
    menurut saya kurikulum merupakan salah satu hal penting dalam dunia pendidikan seiring perkembangan zaman kurikulum di dunia pendidikan terus mengalami perkembangan ataupun perubahan hal ini dimaksudkan agar dunia pendidikan terutama di Indonesia tidak tertinggal dan pendidikan di Indonesia akan semakin maju dan lebih baik lagi.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  28. NAMA: Miftahul Muttaqin
    NIM : A610100030
    FKIP GEOGRAFI

    assalamualaikum wr.wb
    Terimakasih saya ucapkan kepada pak dosen yang sudah berbagi ilmunya tentang kurikulum diferensiasi. Setelah membaca materi ini saya tahu betapa pentingnya sebuah kurikulum dalam pembelajaran, karena salah satu fungsi kurikulum itu sendiri yaitu berfungsi mempersiapkan siswa agar mampu melanjutkan studi lebih lanjut untuk suatu jangkauan yang lebih jauh, misal melanjutkan studi ke sekolah yang lebih tinggi atau persiapan belajar di dalam masyarakat Persiapan kemampuan belajar lebih lanjut ini sangat diperlukan, mengingat sekolah tidak mungkin memberikan semua yang diperlukan siswa atau apa pun yang menarik perhatian mereka

    BalasHapus
  29. NAMA:WAHYU EKO BUDIANTO
    NIM :A610100038
    FKIP GEOGRAFI UMS

    Asalamualaikum wr.wb
    Saya ucapkan terima kasih kepada bapak tjipto yang telah memberikan materi tentang kurikulum deferensiasi.pada materi hasil posting dari bapak membuat saya lebih mengerti tentang apa itu kurikulum,kurikulum deferensiasi,lalu tenteng 4 konsep kurikulum,fungsi kurikulum dan tentang prinsip kurikulum.Saya juga agak kaget saat membaca bahwa kurikulum telah ada sejak yunani kuno.
    ada 1 pertanyaan pak dari saya.
    Kurikulum diferensiasi adalah kurikulum yang menantang sesuai dengan kemampuan siswa.Apakah kurikulum tersebut bisa diterapkan disemua jenjang sekolahan misalnya di sekolah luar biasa(SLB untuk sekolah anak inklusi)?terima kasih bapak.
    Wasalamualaikum wr.wb



    BalasHapus
  30. Nama : Teguh subroto
    Nim : A610100028
    Progdi: Pendidikan Geografi

    ijin kopas materinya pak buat belajar..... hee
    Memang Perkembangan ilmu pengetahuan menghasilkan kemajuan teknologi yang mempengaruhi kehidupan social, ekonomi, politik, pendidikan dan kebudayaan bangsa ini. maka dari itu pembuatan blog untuk pembelajaran sperti ini sangat baik untuk kami mahasiswa kususnya saya sendiri. Lanjutkannnnn......

    BalasHapus
  31. Nama : Yeni Puji Astuti
    NIM : A610100021
    Progdi : Pendidikan Geografi


    Dari berbagai pengertian , prinsip , dan segala sesuatu mengenai kurikulum pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama yaitu memberikan inovasi bagi dunia pendidikan sehingga dapat tercipta dunia pendidikan yang lebih inovatif dan lebih modern . Namun jangan sampai berbgaia pengertian yang ada membuat sudut pandang kita mengenai pendidikan menjadi berubah karena sesautu apapun yang berkaitan dengan pendidikan entah itu kurikulum , materi , atau pun metode dan lain sebagainya semua bertujuan sama yaitu untuk kepentingan dan kemajuan sistem pendidikan dan bagi kebaikan generasi penerus bangsa di bangku pendidikan .

    BalasHapus
  32. Nama : octavina mayansary
    Nim : A610100111
    Progdi : pendidikan geografi
    kelas : B

    Asalamualaikum wr.wb
    menurut pendapat saya, perkembangan kurikulum di Indonesia negeri kita ini. Memang selalu mengalami perkembangan dan perubahan secara berkala mengikuti perkembangan zaman yang terpengaruh oleh teknologi. dari kurikulum 1994 berubah hingga menjadi kurikulum ktsp,
    kurikulum sebagai alat yang digunakan sebagai acuan dalam proses belajar antara peserta didik dan pendidik (guru) sehingga tidak main-main dalam proses belajar mengajar tersebut.Hal ini dilakukan sebagai jawaban terhadap perlunya mengantisipasi perubahan masyarakat. Perubahan yang terjadi pada kurikulum tentunya juga harus diimbangi dengan perubahan dalam proses pembelajaran. Meskipun kurikulum berubah, tidak berarti otomatis akan terjadi perubahan dalam proses implementasi di lapangan. Perubahan tidak akan terjadi apabila guru sebagai pelaksana pendidikan tidak atau belum melakukan perubahan tersebut.

    Waalaikumsalam,Wr.Wb
    Terimakasih Pak atas materinyaa.:)

    BalasHapus
  33. Nama :HERNI SETYAWATI
    NIM :A610100091
    FKIP GEOGRAFI

    Dari postingan diatas saya jadi benar benar paham dan mengerti dimensi.PRINSIP PRINSIP dan fungsi dari kurikulum,dan bahwasanya inti dari kurikulum tersebut sangatlah luas bahkan tak terbatas dikarenakan kurikulum didasarkan pada evolusi dunia itu sendiri yang terus menerus dibenahai agar bisa diterima sesuai keadaan lingkungan luas,oleh karna itu saya sebagai calon pendidik harus menguasai kurikulum tersebut atau bahkan menjalankan hidden curikulum agar apa yang kita sampaikan bisa tepat sasaran dan menjadi manfaat masyarakat luas pada umumnya.

    sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  34. Nama : Nurdiana Purnamasari
    NIM : A610100033
    Progdi : Pendidikan Geografi

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dari materi di atas, dapat diketahui bahwa kurikulum bukan hanya materi tetapi semua yang menyangkut pendidikan. kurikulum harus berubah sesuai dengan perkembangan jaman dan perkembangan peserta didik.

    materi tersebut sangat bermanfaat.
    wassalamualaikum Wr. Wb

    BalasHapus
  35. Nama : Nanda Pradiasttuti
    NIM : A610100043
    FKIP Geografi

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Terima kasih atas materi yang telah bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami dan juga menambah pengetahuan tentang kurikulum diferensiasi, prinsip kurikulum, dan hidden kurikulum. kurikulum dari tahun ke tahun harus berganti dan tentu mengalami peningkatan standar demi tercapainya tujuan pembelajaran siswa.

    sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum Wr. Wb


    BalasHapus
  36. Nama : Jarwo Nugroho
    Nim : A610100039
    Progdi: Pendidikan Geografi

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Terima kasih buat materi yang bpak disajikan dalam blog ini semoga bermanfaat bagi kami dan juga menambah wawasan atau pengetahuan tentang kurikulum diferensiasi,prinsip kurikulum,dan hidden kurikulum.
    materi ini sangat membantu kami semua

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  37. Nama : Ahmat Zainal Abidin
    Nim : A610100107
    Progdi: Pendidikan geografi

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Menurut saya pribadi, kurikulum bukan hanya sekedar alat yang terkait materi ajar dan juga bukan sebuah sirkuit yang harus dilintasi oleh guru dan murid untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    Namun dengan kurikulum adalah sebagai dasar guru dituntut harus inovatif dan kreatif dalam menentukan materi apa dan sirkuit apa yang harus di pilih untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  38. nama:Tri untari
    nim: A610100034
    fkip geografi

    assalamualaikum wr.wb
    setelah saya membaca materi tentang kurikulum deferensiasi sangat bagus sekali pak dan bermanfaat untuk pengetahuan saya dan bermanfaat bagi pendidikan di sekolah-sekolah dalam pengembangan kurikulum.

    BalasHapus
  39. Nama : M. Rizal Ihsanudin
    Nim : A610100092
    Progdi: Pendidikan Geografi

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Terima kasih buat materi yang bapak sajikan dalam blog ini sehingga menambah wawasan saya tentang kurikulum, diferensiasi, kurikulum diferensiasi dan hidden kurikulum.
    Menurut saya Kurikulum sangat penting bagi seorang guru untuk menunjang pembelajaran disekolah dan kurikulum merupakan suatu jalur atau jalan yang harus dilewati oleh guru.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  40. Nama: Siti Nur Hayati
    Nim: A610100071
    FKIP GEOGRAFI
    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    setelah saya membaca blog bapak saya bisa mengetahui tentang kurikulum diferensi, prinsip-prinsip kurikulum, tujuan, dan hidden kurikulum dan menambah saya pengetahuan.
    semoga bermanfaat bagi yang membaca karena " انظرما قا ل ولا تنظرمن قا ل"
    terimakasih
    والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

    BalasHapus
  41. thoha mustofa
    a610100079
    FKIP GEOGRAFI
    setelah saya mempelajari blog pak tjipto saya bertambah wawasan tentang kurikulum deferensiasi,kurikulum, tujun, hidden dan kurikulum. dengan membaca blog ini semoga menambah khasanah ilmu yang aq miliki dan semoga saya kelak dapatmengamalkan ilmu ini...........

    BalasHapus
  42. TOOMY ANWAR (A610100110)
    mengucapkan terimakasih kepada Bp Cipto Subadi yang sudah mendokumentasikan blok ini sebagai media pembelajaran, semoga blok ino\i bermanfaat bagi kami sebagai media belajar, dan pembelajaran ini bisa berkembang terus untuk model pembelajaran. AMIIIN,

    BalasHapus
  43. Nama : Dhediek Prasetyo Susilo
    NIM : A610100031
    FKIP GEOGRAFI
    saya sebagai mahasiswa pendidikan geografi mengucapkan banyak terima kaasih kepada bapak tjipto subadi yang bagaimana sudah membantu memberikan banyak materi baik dari perkuliahan d kelas dan di Blog ini. semoga wawasan saya setelah membaca materi tentang kurikulum, diferensiasi, kurikulum diferensiasi dan hidden kurikulum dapat bermanfaat kedepannya.
    sekian terimakasih

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. nama:wahyumugirahayu (a610100093)
    fkip:geografi
    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    terimakasih banget buat bapak cipto subadi yang telah mensajikan materi di blog ini... setelah sya membaca materi di blog ini saya dapat mengetahui tentang kurikulum diferensi, prinsip-prinsip kurikulum, tujuan, dan hidden kurikulum,.,karena kurikulum sangat penting bagi guru untuk mencapai sebuah tujuan pembelajran...
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  46. nama : Abdul Aziz
    nim : A610100013
    FKIP GEOGRAFI
    Assalamu'alaikum wr wb
    materi dalam blog ini merupakan materi khusus yang memang terasa pas untuk semua calon guru, karena kurikulum umumnya juga merupakan bagian penting dalam sebuah pembelajaran yang dapat dikatakan sebuah cara atau sistem yang harusnya digunakan oleh seorang guru agar materi dan tujuan pembelajaran yang disampaikan lebih jelas dan terstruktur.
    oleh karena itu, dengan memahami akan materi yang ada dalam blog ini, semoga kita lebih tahu dan paham akan langkah-langkah maupun cara jitu untuk menyampaikan materi pembelajaran dan lebih mendalami akan artinya sebuah profesi guru.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  47. nama; Andy Tatang H
    NIM; A610100046
    FKIP GEOGRAFI
    Asskum,,
    Semoga setelah saya mengikuti mata kuliah ini dapat bermanfaat utk menambah pengetahuan saya mengenai inovasi pendidikan yang berkembang di Indonesia saat ini,smoga kedepannya menjadi lebih baik lagi,amin..
    Semangat utk kita semua.

    BalasHapus
  48. nama :bagus purnomo
    nim : A610100056
    KELAS :B
    PEND.GEOGRAFI

    Assalamualaikum wr.wb.
    terimakasih atas materi yang bapak beri.sehingga saya lebih mengerti tentang deferensiasi & kurikulum deferensiasi. Bahwa Kurikulum dibuat harusalah mengikuti perkembangan jaman,serta sesuai dengan karakteristik peserta didik. Agar apa yang direncanakan sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan.
    materinya sangat bermanfaat bagi saya...

    BalasHapus
  49. Nama : Kurnia Fitriningtyas
    nim : A610100088
    kelas B

    Asslamualikum.wr.wb
    Terimakasih bapak atas publikasi materinya
    setelah saya membaca saya mencoba mencerna tentang apa itu kurikulum, deferensiasi, srta kurikulum Diferensi yang bersifat fleksibel, relevan di sesuaiksn dengan krakteristik pesreta didik dalam hal pemecahan suatu maslah untuk mencapai cita2 pendidikan yang lebih baik kedepanya.

    BalasHapus
  50. Nama : ALWAN FITRIYANTO
    NIM : A610100003
    Pendidikan Geografi 2010
    Kelas A

    Asslamualikum.wr.wb
    materi sudah saya baca awalanya, terimakasih bapak telah upload materi ini. semoga bermanfaat bagi saya khususnya dan para mahasiswa. Amien
    Waalaikum salam wr, wb

    BalasHapus
  51. SOLPIN FAEDAH
    A610100047
    FKIP GEOGRAFI 2010
    Kelas A

    saya mengucapkan terimakasih kpda bapak karena sudah memberikan materinya, gak nyangka ya ternyta istilah kurikulum brasal dari istilah olahraga pd zaman Yunani kuno, dan istilah tersebut brkembang dngn seiring zaman dan para ahlinya. Saya sudah membaca semua materinya pak,tp kurang menyerap intisarinya. izin copas buat belajar ya pak,,

    BalasHapus
  52. Nama : Lail Nur Asor
    Nim : A610100041
    Prog : FKIP Geografi

    Asslamualikum.wr.wb
    Alhamdulilah saya sudah membaca sampai kelar materi di atas pak,dan ikut membaca komentar teman2. Semoga bermanfaat
    Waalaikum salam wr, wb

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Assalamuallaikum.wr.wb

    Terimakasih untuk materinya. Lumayan buat jadi bahan ajaran saya dan modal pengetahuan. Mungkin saya akan baca sekali lagi agar lebih paham. hehehe.

    Tapi pendapat saya kurikulum dalam dunia pendidikan sangatlah penting, dimana kurikulum bertujuan sebagai pedoman melakukan proses pembelajaran. Kurikulum yang ada bisa ditujukan kepada Kepala sekolah, Guru, Wali Murid, Siswa, maupun Masyarakat.

    Untuk diketahui bahwa kurikulum pendidikan saat ini lebih terfokus pada penajaman kemampuan kognitif dan cenderung meremehkan nilai dasar dari ilmu itu sendiri, yakni perilaku dan karakter. Mata pelajaran kognitif dinilai sampai detail, sedangkan untuk perilaku nilainya hanya menggunakan huruf (A,B,C,D,E).
    Cukup banyak hal yang harus diperbaiki, misalnya tarap kelulusan seorang siswa hanya dilihat dari nilai uas yang sangat memberatkan siswa padahal masih banyak kategori lain untuk menentukan bahwa siswa bisa lulus tanpa melihat faktor nilai yang kurang bagus di uas.
    Saya berharap kurikulum yang sekarang harus bisa menumbuhkan dan meningkatkan potensi yang muncul dari para anak-anak indonesia supaya bisa meneruskan dan membuat negara ini lebih maju.

    Nama : Bayu Purnoyudho
    Nim : A610100002
    Prog : FKIP Geografi

    BalasHapus
  55. menurut saya setelah membaca artikel tersebut, bahwa kurikulum dalam pembelajaran harus berkesinambungan antara proses pembelajaran. baik strategi maupun metodenya. Relevansi internal adalah bahwa setiap kurikulum harus me-miliki keserasian antara komponen-komponennya, yaitu keserasian antara tujuan yang harus dicapai, isi, materi atau pengalaman belajar yang harus dimiliki siswa, strategi atau metode yang digunakan serta alat penilaian untuk melihat ketercapaian tujuan.
    dalam pendidikan kita melalui proses dan hasil akhir.

    Nama : Anisa Dwi Jayanti
    Nim : A610110005
    Progdi : pendidikan geografi

    BalasHapus