Selamat Datang di Blog saya

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jumat, 26 Februari 2010

SOSIOLOGI DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Suatu Kajian Boro dari Perspektif Sosiologis Fenomenologis

Timbulnya sosiologi pendidikan
dapat gambarkan; masyarakat mengalami perubahan sangat cepat, progresif, dan kerap kali menunjukkan gejala “desintegrasi” (berkurangnya kesetiaan terhadap nilai-nilai umum). Perubahan sosial yang cepat ini sering menimbulkan masalah baru di dalam masyarakat. Masalah-masalah sosial seperti itu juga dialami dunia pendidikan, sehingga lembaga-lembaga pendidikan tidak mampu mengatasiya. Maka para ahli sosiologi diharapkan dapat menyumbangkan pemikirannya untuk ikut memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Dari gambaran tersebut dapat disimpulkan bahwa sosiologi pendidikan ialah suatu ilmu yang mengkaji masalah-masalah pendidikan dengan pendekatan sosiologis, atau sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental.

Guru adalah jabatan dan pekerja profesioal, indikator untuk mengukur keprofesionalan adalah apabila kelas yang diberi pelajaran menjadi “surganya siswa untuk belajar”, atau “kehadiran seorang sebagai guru di kelas bisa membuat hati siswa menjadi sejuk, dan rindu jika sang guru belum hadir, atau dengan perkataan lain kehadirannya sang guru sangat dinantikan para siswa”. Kepribadian guru seperti ini menurut penulis hanya akan ada pada guru yang memahami sosiologi pendidikan dan mengimplementasikan sosiologi pendidikan dalam pekerjaan dan profesinya.

Kepribadian guru juga dapat mempengaruhi suasana kelas/sekolah, baik kebebasan yang dinikmati anak dalam mengeluarkan pendapatnya dan mengembangkan kreatifitasnya maupum pengembangan Kepribadiannya. Kebebasan guru juga tergantung atasannya (Kepala Sekolah, Pengawas, Kadiknasnya, sampai Menteri Diknasnya), keseluruhannya dipengaruhi, dibatasi, serta diarahkan pada pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah. Sudahkah kita mencapai kondisi yang demikian? Insya Allah.

Pemesanan : 0816652241

Tidak ada komentar:

Posting Komentar