Kurikulum Diferensiasi
1. Pengertian Kurikulum
Ada banyak kalangan yang beranggapan bahwa kurikulum berhubungan dengan materi ajar, sehingga kurikulum selalu dikaitkan dengan buku-buku pelajaran. Jika kita runut dari awal, sebenarnya istilah kurikulum berawal dari istilah olah-raga pada zaman Yunani kuno yang berasal dari kata curir dan curere yang kemudian dimaknai sebagai jarak tempuh yang dilakukan oleh seorang pelari.
Sementara Sukmadinata (2006 : 5) membedakan antara kurikulum sebagai rencana (curriculum plan) dengan kurikulum yang fungsional (functioning curriculum). Sebagai suatu rencana pendidikan atau pengajaran., Menurut Beauchamp, pelaksanaan rencana tersebut sudah termasuk dalam pengajaran. Sementara menurut Zais, kurikulum tidak dapat dinilai dari dokumen tertulisnya saja, melainkan harus dinilai dalam proses pelaksanaan fungsinya dalam kelas. Sedangkan S. Nasution (2008: 5) menjelaskan kurikulum adalah suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses berlajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggunga jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. Kurikulum adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di bawah pengawasan sekolah, jadi selain kegiatan kulikuler yang formal juga kegiatan yang tak formal.
Untuk mendapatkan rumusan tentang pengertian kurikulum, para ahli mengemukakan pandangan yang beragam. Dalam pandangan klasik, lebih menekankan kurikulum dipandang sebagai rencana pelajaran di suatu sekolah. Pelajaran-pelajaran dan materi apa yang harus ditempuh di sekolah, itulah kurikulum. George A. Beauchamp (1986) mengemukakan bahwa: “ A Curriculun is a written document which may contain many ingredients, but basically it is a plan for the education of pupils during their enrollment in given school”. Dalam pandangan modern, pengertian kurikulum lebih dianggap sebagai suatu pengalaman atau sesuatu yang nyata terjadi dalam proses pendidikan, seperti dikemukakan oleh Caswel dan Campbell (1935) yang mengatakan bahwa kurikulum … to be composed of all the experiences children have under the guidance of teachers. Dipertegas lagi oleh pemikiran Ronald C. Doll (1974) yang mengatakan bahwa : “ …the curriculum has changed from content of courses study and list of subject and courses to all experiences which are offered to learners under the auspices or direction of school.
Untuk mengakomodasi perbedaan pandangan tersebut, Hamid Hasan (1988) mengemukakan bahwa konsep kurikulum dapat ditinjau dalam empat dimensi, yaitu:
1. Kurikulum sebagai suatu ide; yang dihasilkan melalui teori-teori dan penelitian, khususnya dalam bidang kurikulum dan pendidikan.
2. Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis, sebagai perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide; yang didalamnya memuat tentang tujuan, bahan, kegiatan, alat-alat, dan waktu.
3. Kurikulum sebagai suatu kegiatan, yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis; dalam bentuk praktek pembelajaran.
4. Kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan konsekwensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan, dalam bentuk ketercapaian tujuan kurikulum yakni tercapainya perubahan perilaku atau kemampuan tertentu dari para peserta didik.
Sementara itu, Purwadi (2003) memilah pengertian kurikulum menjadi enam bagian : (1) kurikulum sebagai ide; (2) kurikulum formal berupa dokumen yang dijadikan sebagai pedoman dan panduan dalam melaksanakan kurikulum; (3) kurikulum menurut persepsi pengajar; (4) kurikulum operasional yang dilaksanakan atau dioprasional kan oleh pengajar di kelas; (5) kurikulum experience yakni kurikulum yang dialami oleh peserta didik; dan (6) kurikulum yang diperoleh dari penerapan kurikulum.
Dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional sebagaimana dapat dilihat dalam Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 19, menyatakan bahwa: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu” (diakses dari www.muniryusuf.com/.../pengertian-pendidikan-kurikulum-diferensiasi Written by Munir Yusuf on February 2, 2010 — Leave a Comment)
Dari uraian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana yang berisi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, isi, bahan pelajaran, cara yang digunakan, dan semua komponen yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan (pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, laboratorium, perpustakaan, gedung sekolah, lingkungan sekolah, jongos sekolah dan lain-lain) yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2. Fungsi Kurikulum
Hamalik (2007:13) menyatakan bahwa kurikulum memiliki beberapa fungsi yaitu : (1) Fungsi penyesuaian, (2) Fungsi pengintegrasian, (3) Fungsi diferensiasi, (4) Fungsi persiapan, (5) Fungsi pemilihan, dan (6) Fungsi diagnostik.
a. Fungsi Penyesuaian (The Adjustive of Adaptive Function).
Individu hidup dalam lingkungan. Setiap individu harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya secara menyeluruh. Karena lingkungan senantiasa berubah dan bersifat dinamis, maka masing-masing individu pun harus memiliki kemampuan menyesuaikan diri secara dinamis pula. Dibalik itu, lingkungan pun harus disesuaikan dengan kondisi perorangan. Di sinilah letak fungsi kurikulum sebagai alat pendidikan, sehingga indi¬vidu bersifat well-adjusted.
b. Fungsi Integrasi (The Integrating Function).
Kurikulum berfungsi mendidik pribadi-pribadi yang terintegrasi. Oleh karena individu sendiri merupakan bagian dari masyarakat, maka pribadi yang terintegrasi itu akan memberikan sumbangan dalam pembentukan atau pengintegrasian masyarakat.
c. Fungsi Diferensiasi (The Differentiating Function).
Kurikulum perlu memberikan pelayanan terhadap pebedaan di antara setiap orang dalam masyarakat. Pada dasarnya, diferensiasi akan mendorong orang berpikir kritis dan kreatif, sehingga akan mendorong kemajuan sosial dalam masyarakat. Akan tetapi, adanya diferensiasi tidaf berarti mengabaikan solidaritas sosial dan integrasi, karena diferensiasi juga dapat menghindarkan terjadinya stagnasi sosial.
d. Fungsi Persiapan (The Propaedeutic Function).
Kurikulum berfungsi mempersiapkan siswa agar mampu melanjutkan studi lebih lanjut untuk suatu jangkauan yang lebih jauh, misal melanjutkan studi ke sekolah yang lebih tinggi atau persiapan belajar di dalam masyarakat Persiapan kemampuan belajar lebih lanjut ini sangat diperlukan, mengingat sekolah tidak mungkin memberikan semua yang diperlukan siswa atau apa pun yang menarik perhatian mereka.
e. Fungsi Pemilihan (The Selective Function).
Perbedaan (diferensiasi) dan pemilihan (seleksi) adalah dua hal yang saling berkaitan. Pengakuan atas perbedaan berarti memberikan kesempatan bagi seseorang untuk memilih apa yang diinginkan dan menarik minatnya. Kedua hal tersebut merupakan kebutuhan bagi masyarakat yang menganut sistem demokratis. Untuk mengembangkan berbagai kemampuan tersebut, maka kurikulum perlu disusun secara luas dan bersifat fleksibel.
f. Fungsi Diagnostik (The Diagnostic Function).
Pendidikan adalah membantu dan mengarahkan siswa untuk mampu memahami dan menerima dirinya, sehingga dapat mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Hal ini dapat dilakukan jika siswa menyadari semua kelemahan dan kekuatan yang dimilikinya melalui proses eksplorasi. Selanjutnya siswa sendiri yang memperbaiki kelemahan tersebut dan mengembangkan sendiri kekuatan yang ada. Fungsi ini merupakan fungsi diagnostik kurikulum dan akan membimbing siswa untuk dapat berkembang secara optimal. (forumguruhebat.blogspot.com/Tio dalam blog Forum Guru Hebat)
3. Proses Pengembangan Kurikulum
Kurikulum pada dasarnya berfungsi sebagai pedoman terutama bagi pendidik di setiap jenjang pendidikan pada tingkat satuanya masing-masing, oleh karenanya ada sejumlah prinsip dalam proses pengembanganya. Berikut ini beberapa prinsip dalam pengembangan kurikulum yaitu (1) Prinsip relevansi. (2) Prinsip fleksibilitas (3) Prinsip kontinuitas (4) Prinsip efisiensi, dan (5) Prinsip efektifitas.
a. Prinsip Relevansi
Kurikulum sebagai pedoman akan membawa siswa untuk dapat memaknai hidup sesuai dengan aturan hidup yang ada di masyarakat dan membekali siswa baik dalam bidang pengetahuan, sikap maupun keterampilan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Oleh karenanya dalam penyusunan kurikulum yang didapat melalui pengalaman belajar siswa, kurikulum harus relevan dengan kebutuhan masyarakat dan inilah yang dinamakan prinsip relevansi.
Relevansi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu relevansi internal dan relevansi eksternal. Wina (2008 : 39) Relevansi internal adalah bahwa setiap kurikulum harus me-miliki keserasian antara komponen-komponennya, yaitu keserasian antara tujuan yang harus dicapai, isi, materi atau pengalaman belajar yang harus dimiliki siswa, strategi atau metode yang digunakan serta alat penilaian untuk melihat ketercapaian tujuan. Relevansi internal ini menunjukkan keutuhan suatu kurikulum.
Relevansi eksternal memiliki makna bahwa antara tujuan, isi, dan proses belajar siswa yang tercakup dalam kurikulum seyogiyanya sesuai dengan kebutuh¬an dan tuntutan masyarakat. Menurut Wina (2008 : 39) dalam pengembanganya relevansi eksternal terbagi menjadi tiga: Pertama, relevan dengan lingkungan hidup peserta didik. Artinya isi kurikulum hendaknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar siswa. Misalkan untuk siswa yang tinggal di perkotaan perlu dikenalkan kehidupan lingkungan perkotaan seperti bagaimana cara menyebrang yang baik pada zebra cross, pelayanan jasa : pembayaran Air, Listrik, Telepon baik secara manual maupunonline dan sebagainya. Kedua, relevan dengan perkembangan zaman baik sekarang maupun dengan yang akan datang. Artinya, isi kurikulum harus sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang berkembang. Selain itu juga apa yang diajarkan kepada siswa harus bermanfaat untuk kehidupan siswa pada waktu yang akan datang. Ketiga, relevan dengan tuntutan dunia pekerjaan. Artinya, bahwa apa yang diajarkan di sekolah harus mampu memenuhi dunia kerja. Misalkan pembelajaran Internet yang diajarkan pada siswa, memiliki tujuan bahwa suatu saat nanti apa yang telah diajarkan dapat memberikan manfaat di masyarakat, terutama dalam mengahadpi kemajuan teknologi informasi.
b. Prinsip Fleksibilitas
Prinsip ini lebih menekankan tentang perlunya sifat fleksibel atau kelenturan, prinsip ini dirasa perlu karena bisa jadi apa yang kita harapkan dalam kurikulum ideal tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di masyarakat artinya kurikulum harus dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang ada.
Menurut Wina (41:2008) Prinsip fleksibilitas memiliki dua sisi: Pertama, fleksibel bagi guru, yang artinya kurikulum harus memberikan ruang gerak bagi guru untuk mengembangkan program pengajarannya sesuai dengan kondisi yang ada. Kedua, fleksibel bagi siswa, artinya kurikulum harus menyediakan berbagai kemungkinan program pilihan sesuai dengan bakat dan minat siswa.
c. Prinsip Kontinuitas
Kontinuitas yang dimaksud disini adalah berkesinambungan, artinya perkembangan proses belajar itu tidak terputus-putus tapii berkesinambungan-terus menerus. Oleh karenanya pengalaman yang meski ada dalam isi kurikulum harus memperhatikan kesinambungan antara materi pelajaran pada berbagai jenjang dan jenis program pendidikan.
Untuk itu pengembangan kurikulum meski dilakukan secara bersama-sama antara pengembang kurikulum pada setiap jenjang pendidikan sekolah dasar, jenjang SLTP jenjang SLTA, dan pengembang kurikulum pada perguruan tinggi.
d. Praktis (Efisiensi)
Kurikulum praktis dikatakan baik jika memenuhi prinsip efisiensi yang berhubungan dengan tenaga, waktu, sarana, dan biaya yang dikeluarkan semurah mungkin dan hasil yang diperoleh dapat maksimal. Karena sehebat dan seideal-idealnya kurikulum namun jika peralatan, sarana dan prasarana sangat mahal harganya, maka kurikulum tidaklah praktis dan akan sulit untuk di implementiiskan, oleh karenanya kurikulum meskinya harus dirancang utnuk dapat digunakan dalam situasi apapun (keadaan terbatas).
e. Efektifitas
Kurikulum disamping harus murah dan sederhana, bukan lantas mengindahkan faktok keberhasilan yang ingin dicapai dari kurikulum itu sendiri baik secara kualitas maupun kuantitas. Karena pengembangan kurikulum merupakan penjabaran dari perencanaan pendidikan. Menurut Wina (2008:4) Prinsip efektivitas berkenaan dengan rencana dalam suatu kurikulum dapat dilaksanakan dan dapat dicapai dalam kegiatan belajar mengajar. Terdapat dua sisi efektivitas dalam suatu pengembangan kurikulum. Pertama, efektivitas berhubungan dengan kegiatan guru dalam melaksanakan tugas mengimplementasikan kurikulum di dalam kelas. Kedua, efektivitas kegiatan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar. (forumguruhebat.blogspot.com/Tio dalam blog Forum Guru Hebat)
4. Diferensiasi berarti bahwa suatu produk atau jasa memiliki tidak saja keberbedaan dengan produk atau jasa yang sudah ada, melainkan juga merupakan titik keunggulan dibandingkan yang lainnya itu. Tetapi, diferensiasi tidak berarti ‘asal berbeda’, sehingga kalau sudah berbeda berarti pasti memiliki titik keunggulan yang dimaksud.
5. Kurikulum Diferensiasi
a. Kurikulum diferensiasi adalah kurikulum yang memberi pengalaman pendidikan yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan intelektual siswa (Ward, 1980).
b. Kurikulum diferensiasi adalah kurikulum yang menantang sesuai dengan kemampuan siswa. Kurikulum yang mempunyai karakter cepat belajar, mampu menyelesaikan problem lebih cepat maupun keunggulan lain.
c. Kurikulum berdiferensiasi adalah kurikulum nasional dan lokal yang dimodifikasi dengan penekanan pada materi esensial dan dikembangkan melalui sistem eskalasi yang dapat memacu dan mewadahi secara integrasi pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Nama : RIAN APRILIANI
BalasHapusNim : A310100110
Materi tentang kurikulum hingga kurikulum deferensiasi ini dapat menambah pengetahuan saya terhadap ragam kurikulum yang mungkin belum dijelaskan secara gamblang di buku refrensi.
Terimakasih Pak Tjipto.
assalamualaikum,
BalasHapusizin masuk pak?
terima kasih ya pak materinya...smakin tambah ilmu pengetahuan saya tentang kurikulum diferensiasi
BalasHapus#Riki Madsyuri (A 310 100 108)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapuswah tambah lg ilmu beta... makasih pak
BalasHapusdwi achmad fauzan: a310100111
pak mau tanya.
Hapus1. Sebuah kurikulum pastinya memiliki hambatan baik secara eksternal maupun internal termasuk kurikulum diferensiasi. yang saya tanyakan hambatan apa saja yang dialami dlam pengembangan kurikulum diferensiasi?
2. Apakah setiap sekolah didaerah2 terpencil seperti daerah pedalaman kalimantan juga bisa menggunakan kurikulum semacam ini? jika bisa, hal apa saja yang harus dilakukan demi mendukung terlaksananya kurikulum ini.
trimakasih
sangat bermanfaat materi yang Bapak tulis...terimaksih
BalasHapusVandy Saputra
A310100102
Alkhamdulillah materinya sudah diunduh, superrr sekali ^_^
BalasHapusTerima kasih bapak sudah membagikan pengetahuan kepada kami lewat blog ini
Puspasari Nur Hidayah
A 310 100 081
PBSID
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusAssalamu'alaykum hatur nuhun bapak sudah diberi materi mengenai Kurikulum Diferensiansi.
BalasHapusFitri Kartikasari
A 310 100 068
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSelamat malam bapak, materi sudah diunduh.
BalasHapusLaporan selesai :D
Putri Ambarsari
A 310 100 070
Terima kasih pak atas pemberian materinya, blog bapak sangat membantu ;-)
BalasHapusWidya Putri
A 310 100 051
Materi sudah diunduh pak,,,
BalasHapussiap untuk dibuat belajar untuk pertemuan berikutnya.....
terimakasih,,,,
Novita Asriyanti K.
A.610090093
Pend.geografi
trimakasih pak, atas tambahan materinnya, melalui blog bapak..
BalasHapuswaskito hari handoyo
a.310100087
atur nuwun pak,.. atas materi yang telah bapak tulis melalui blog bapak, semoga sangat berguna...
BalasHapusEko Nuryanto
A. 310100089
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerima kasih bapak..,
BalasHapustelah memberikan materi tambahan di blog bapak..,semoga dengan tamabahan materi ini dapat menambah ilmu dan berguna kedepannya..,
amien..,
Sugeng Saputro
A. 310 100 067
Rahayu: A310100113
BalasHapusartikel yang sangat bagus dan pastinya dapat menambah ilmu saya. Makasih pak....
Farid Firmana : A310100125
BalasHapusmateri yang sangat bagus, lengkap n berbobot. wah nambah lg pengetahuan saya tenang inovasi pendidikan. makasih pak
M. Supriyanto Wahyu/ a310100128
BalasHapusMateri yang menarik dan bagus skali. alhamdulillah ya sesuatu.
makasih pak untuk materinya
ADITYA DONI PRADIPTA
BalasHapusA310100077
Terimakasih bapak,Artikel yang sangat menarik.
Untuk mewujudkan pendidikan yang dapat dirasakan oleh semua kalangan, maka alangkah baik Pemerintah bisa saja mengadopsi strategi dan teknik dalam kurikulum dan pembelajaran dari sekolah Internasional untuk diterapkan di sekolah berstandar nasional yang menggunakan kurikulum nasional sehingga dapat memperkaya pendidikan di Indonesia. Dengan memadukan kedua kurikulum, antara kurikulum Internasional dan Kurikulum Nasional dapat membuat kurikulum mempunyai strategi pembelajaran yang maksimal.
WINY NOVITASARI
BalasHapusA 3101001materi
materi yang diberikan bapak sangat super dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa.
terima kasih untuk materi yang bapak berikan
NOVIANA DWI ANGGRAINI
BalasHapusA 310100120
Materi tentang kurikulum deferensiasi yang bapak berikan sangat berguna dan bermanfaat bagi mahasiswa....
Terima kasih Pak atas infonya!!!!!!
HABIB ARIF RAHMAN
BalasHapusA.310100116
assalamu'alaikum.
Trimakasih atas Materinya pak.
Pasti menambah ilmu untuk saya...
Sedikit pertanyaan dari saya :
Diferensiasi kurikulum itu diwujudkan oleh sekolah dalam bentuk kelas EKSELERASI.
Adanya kelas Ekselerasi ini pasti mendatangkan kecemburuan dari siswa lain yang Reguler disebabkan karena perlAkuan yang berbeda.
Bagaimana mengatasi permasalahan tersebut pak?
Trimakasih
Wassalamu'alaikum
assalamu'alaikum wr.wb
BalasHapustrimaksih bapak telah memberikan ilmu yang bermanfaat buat sya pribadi dan teman2 yang lainnya. semoga ilmu yang bapak berikan bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi kami semua... amin!!!
Nama: Harsanti.M.F
Nim: A310100013
wassalamualaikum wr.wb
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusTerima kasih pakk..,
BalasHapusTelah memberikan materi tambahan..,semoga dapat menambah ilmu.,
amien.
Umi Nursanty
A. 310 100 094
penjelasan tentang kurikulum sudah jelas pak
BalasHapusterimakasih
Rizki Hertanto
A310100107
terimakasih atasan penjelasan kurikulum yang bapak berikan
BalasHapuszaid ali wardana
A. 610110027
Rizki Andreas : A310100133
BalasHapusTrimakasih pak untuk materinya. semoga materi ini dapat berguna bagi semua orang yang membacanya
yudha satyo wibowo: a310100122
BalasHapusWah kalau begini tidak hanya inovasi pendidikan. Tp juga cara pemberian materi yang inovatif dan enak selain itu bisa dinikmati semua orang. trimakasih pak......
anggun s yudhiastuti: a310100130
BalasHapusWah yang begini ini saya seneng. jd selain ga bisa dilihat sewaktu2, berguna juga efisien. makasih banyak pak tjipto......
materi telah diunduh siap untuk di pelajari. terima kasih ilmunya :)
BalasHapusAlista NSP
A310100056
Assalamua'laikum Bapak
BalasHapusNamaSaya Aesoh Roding
Nim A310100109
Dari materi yang diberikan bapak di atas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami Alhamdulillah bisa menambah ilmu saya tentang kurikulum termasuk,arti maupun fungsi-fungsinya dan lain-lain
terimakasih ya Bapak
wassalam.
Asurina Charu
BalasHapusA310100129
Assalamu'alaikum
Terima kasih pak,yang mana sudah membagikan ilmunya.
Tambahan materi yang bagus dan bermanfaat. Menambah pengetahuan :) terima kasih pak
BalasHapusBarokah Nur Fitriani
A310100143
terima kasih pak, atas materinya,,,
BalasHapusmaterinya bagus dan sangat bermanfaat sekali.
Sigit Puriyanto
A310 100 088
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusGinanjar arif w: a310100106
BalasHapusterimakasih pak untuk materinya tentag kurikulum diferensiasi.
rimaksih bapak telah memberikan ilmu yang bermanfaat buat sya pribadi dan teman2 yang lainnya. Dengan memadukan kedua kurikulum, antara kurikulum Internasional dan Kurikulum Nasional dapat membuat kurikulum mempunyai strategi pembelajaran yang maksimal.Semoga ilmu yang bapak berikan bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi kami semua.
BalasHapusNURIANA MM
A610090085
FKIP GEOGRAFI
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama : TRI HARIYANTI
NIM : A310100115
Materi kurikulum diferensiasi sangat perlu dipelajari. Hal ini penting untuk diketahui bagi calon pendidik sebagai rangsangan sikap berfikir kritis dan analitis untuk menghimpun energi positif untuk inovasi pendidikan yang lebih baik. Terima kasih, Bapak Tjip. Materi semoga bermanfaat. Demikian.Terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Nama : RIA WIDYAWATI
BalasHapusNIN : A310100096
Terima kasih pak atas materi yang udah diberikan kepada kami,. semoga bermanfaat,.
assalamu'alaikum wr. wb
BalasHapusNama:anik maslihah
NIM: A610090092
FKIP Geografi
Terima kasih pak Tjip atas materinya. ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman untuk menambah ilmu pengetahuan bagi kami, terutama mengenai materi kurikulum differensisi yang sebelumnya kami belum mengetahuinya.
Wassalamu'alaikum wr. wb
Nama : Bagas Setyawan
BalasHapusNIM : A610090071
sebagai komentar saya tanya sedikit pak??
perkembangan kurikulum di indonesia sangat pesat,dengan kurikulum yang sekarang ini dipaki di indonesia, menurut bapak sudah tepat apa belum??dan alasannya gmna pak??
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusA610090075 YAYUK TRIYANI
BalasHapusMAKASIH PAK SAYA JADI TAU APA ITU KURIKULUM....
Dianita Fenty U
BalasHapusa610090091
sebaik apapun kurikulum,jika gurunya tidak profesional maka tujuan pembelajaran tidak tercapai
assalamuallaikum wr.wb
BalasHapusterima kasih atas materinya pak, semoga bermanfaat bagi kita semua, amin.
wassalamuaalaikum wr.wb
Nama : wiwik Murtiningsih
NIm : A310100097
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusassalamu'alaikum wr.wb.
BalasHapusSemula saya hanya mengerti definisi kurikulum dari satu atau dua ahli saja, setelah membaca materi Bapak mengenai kurikulum tersebut,tidak hanya definisi kurikulum saja ilmu yang saya peroleh, namun komponen- komponen yang berhubungan dengan kurikulum tersebut dapat saya pelajari juga,, terimakasih Pak Tjip semoga materi tersebut dapat membantu dan bermanfaat untuk kami dalam proses pembelajaran selanjutnya,amin.
wassalamu'alaikum wr.wb.
Nama : Riska Prasetiyarini
NIM : A310 100 099
assalamualaikum wr.wb
BalasHapusterima kasih atas tambahan materinya pak, menambah pengetahuan saya
Nama : Lintang Aji sasongko
Nim : A 310 100 083
assalamuaikum wr.wb
BalasHapusterimakasi atas tamabahan materinya pak sehingga mampu menambah pengetahuan saya
nama: Diki utomo
nim a310 100 075
Nama : Nur Wijayanto
BalasHapusNIM : A 310 100 034
Asslamu'alaikam.
saya koment untuk memenuhi tugas dari bapak. maaf untuk materi di atas belum saya baca secara cermat. insyaallah setelah saya download akan saya baca.
Terimakasih atas bimbingannya selama ini.
assalamualaikum wr wb
BalasHapusnama : wega sukmawati ariesta
nim : A 310 100 098
super sekali, materi ini telah menambah pengetahuan saya dan teman-teman.......
Nama :Suryanti
BalasHapusNIM :A 310100100
Assalamu'alaikum, Wr.Wb
Terimakasih bapak atas materi yang diberikan mengenai Kurikulum Diferensiasi. Semoga bermanfaat bagi semua. Wassalamu'alaikum.
NAMA: ATIK PURWANTI
BalasHapusNIM : A 310 100 078
Assalamu'alaikum, Wr. Wb
Terimakasih pak, atas materi tambahannya. tentang kurikulum Deferesiansi, smoga bermanfaat bagi semua untuk kedepannya.
Wassalamu'alaikum
Nama : Ade uci w
BalasHapusNim : A 610090088 penddkn.Geografi
Trimakasih pak,atas Materi tentang kurikulum diferensiasi ini dapat menambah pengetahuan saya lebih luas lagi mengenai kurikulum.
Erwan Andi Nugroho : A310100135
BalasHapusMateri yang bagus, terima kasih pak untuk materinya....
irma agustina: A310100131
BalasHapusMateri yang sangat berguna bg calon guru. makasih pak.........
Wahid febryanto : a310100138
BalasHapusMateri yang bagus n bermanfaat. makasih pak...
Pend.geografi
BalasHapuseka jayanti:A610110045
Assalamualaikum wr.wb
terimakasih,setelah saya membaca blog bapak pengetahuan saya bertambah.semoga blog bapak bermanfaat.
Pend.geografi
BalasHapusbetty gustina siregar:A610110078
Assalamualaikum wr.wb
blog ini sangat bermanfaat,memberikan pengetahuan baru bagi saya,terimakasih pak ..
Pend.geografi
BalasHapuslaila dyah mustafida:A610110077
Assalamualaikum wr.wb
Alhamdulillah materinya sudah saya baca dan bisa saya pahami,tapi alangkah baiknya apabila bapak bisa memberikan kesimpulan materi tersebut di kelas.
semoga bermanfaat,terimakasih.
assalamualaikum wr.wb
BalasHapusterima kasih pak atas materi yang telah anda berikan ,semoga bermanfaat untuk kedepannya
wassalamualaikum wr.wb
yusuf
a.610110012
geografi
assalamualaikum wr.wb
BalasHapustrima kasih pak atas materi yang anda berikan dan alhamdulillah sudah sya pahami. semoga bermanfaat untuk kedepannya.
Nama: aprillia dian safitri
Nim: A310100015
assalamualaikum wr.wb
BalasHapusterimakasih pak, penjelasan materinya sangat jelas dan bermanfaat buat saya...
nama : elviana yuniar kuswanti
nim : A310100054
assalamu'alaikum wr. wb
BalasHapusterima kasih atas materinya pak.
Nama : Diah Rahayu Marwati
Nim : A310 100 079
terimakasih atas materi yang anda berikan sehingga saya lebih mudah memahaminya dan lebih bermanfaat bagi saya
BalasHapusnama : nilam sari nurjanah
nim : A310100060
nama: Ardhiyansah F.S
BalasHapusNIM: A310100057
terima kasih materi yang telah diberikan, secepatnya saya akan mempelajarinya.
nama: pungkas ari bowo
BalasHapusNIM: A310100082
makasih pak atas materinya semoga bisa menjadi pegangan dan menambah wawasan bagi saya
nama: ari catur w
BalasHapusNIM: A310100119
dalam suatu pengembangan mutu pembelajaran hendaknya guru mempunyai metode pembelajaran aktif dan kreatif agar siswa tidak merasa bosan.
nama: fredi hargiato
BalasHapusNIM: A310100093
trima kasih pak, atas materi yang diberikan. semoga bermanfaat untuk kedepanya.
Nama : Hoppy Nurjayati
BalasHapusNim : A 310 100 038
Kelas : 4A
trimakasih atas materi yang sudah bapak berikan. penjelasan tentang materi kurikulum sudah sangat jelas sehingga saya lebih mudah untuk mempelajari.
terima kasih bapak. saya sudah mengunduh materi ini.. bermanfaat sekaliii
BalasHapusnama : sri lestari
BalasHapusnim : a310100053
nama : Popy Septiana
BalasHapusnim : A310 100 139
makasih pak
materinya sangat baik...
smoga dapat bermanfaat
Assalamu'alaikum...
BalasHapusterima kasih bapak,telah memberikan materi ini yang selalu memberikan manfaat dalam bidang pendidikan.
Nama: Yuyun Yuniati
Nim: A310100011
Dewi Cahya Ningsih
BalasHapusA310100112
Materi yang sangat bermanfaat bagi kami,terima kasih pak..
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusterima kasih atas materi yang telah bapak berikan di blog ini, materi ini sangat bermanfaat bagi saya.
wassalamualaikum wr.wb
Nama : Siti Untari
Nim : A310100101
assalamu'alaikum wr wb
BalasHapusnama: Diah Ayuk Triutami
NIM: A310100090
prodi: PBSID
suppeeerrr sekali pak, materi yang disajikan..
sangat bermanfaat bagi kami..
kami tunggu materi selanjutnya..
wa'alaikumsalam.wr.wb
assalamu'alaikum wr.wb
BalasHapusnama: PUSPITASARI
nim :a610090098
prodi:Pend.GEOGRAFI
terimakasih atas materi yang telah bapak sampaikan, materi tersebut sangat berguna bagi saya.
NAMA : NIKEN PERMATA SARI
BalasHapusNIM : A 310100050
PBSID
Terimakasih atas materinya Bpk....
Nama: Dian Artisa
BalasHapusNIM: A310100092
Progdi: PBSID
terima kasih atas materi yang diberikan, karena dengan adanya materi kurikulum diferensiasi, saya lebih mengerti apa itu kurikulum diferensiasi.
Nama : Riska Putri Murniaati
BalasHapusNIM : A 310 100 080
Progdi : PBSID
Terima kasih Pak, atas tambahan materi yang diberikan melalui blog ini.
nama : nuriana m m
BalasHapusnim : A610090085
Assalamu'alaikum...
terima kasih bapak,telah memberikan materi ini yang selalu memberikan manfaat dalam bidang pendidikan.
Nama : Oktavia Army Anjani
BalasHapusNIM : A310100073
Progdi : PBSID
assalamu'alaikum pak..
terima kasih pak atas materi yang diberikan melalui blog ini. saya bisa mendapatkan tambahan ilmu melalui blog bapak...
Nurwanti
BalasHapusA310100049
PBSID/4A
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terima kasih pak atas materi yang ada di blog ini, semgoga bermanfaat untuk saya dan teman-teman.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Winda Yulianingsih
BalasHapusA310100028
assalamualaikum..
alhamdulilah yah,dengan membaca blog ini saya jadi tambah pengetahuan tentang kurikulum diferensiasi. semoga bermanfaat.
wahyu Lestari
BalasHapusA310100018
asaalamualaikum pak,,,
makasih ya pak atas materi ini saya jadi lebih bisa memahami secara mendalam tentang kurikulum diferensiasi
Nur Fita Arismawati
BalasHapusA310100126
Materi kurikulum diferensiasi ini sangat membantu dan menambah wawasan kita tentang kurikulum.
Terima kasih Pak.
Nama: Oktalifa Hanna Maulina
BalasHapusNim : A310100066
Assalamu'alaykum Wr.Wb. Bapak, maaf kemarin ada kesallahan teknis,jadi komentar baru bisa sekarang. untuk materi sudah diundah dari minggu-minggu lalu. terimakasih, atas materinya yang sangat membantu pemahaman saya berkaitan dengan kurikulum. Terima kasih pak :}
Wassalamu'alaykim Wr. Wb.
Nama: Astika Putri K
BalasHapusNIM : A610100112
Progdi : Pendidikan Geografi
terima kasih pak materinya,
materinya sudah saya unduh untuk tugas mencari materi yang berhubungan dengan deferensiasi kurikulum.
Nama:Dian Mega Aprilia
BalasHapusNim:A610100027
Progdi:Pendidikan Geografi
Assalamualaikum Wr.Wb.
Materi tentang kurikulum sudah saya unduh pak...
Dengan adanya blog ini sangat membantu mahasiswa dalam memudahkan mencari materi inovasi pendidikan terutama kurikulum.Sehingga mahasiswa tidak kesuulitan dalam menghadapi UAS karena materinya sudah disediakan oleh bapak.
Terima kasih ya Pak atas kemudahannya...:D
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Nama:Susi Apriana
BalasHapusNim :A610100106
Progdi:Pendidikan Geografi/2010
Assala'alaikum Wr.Wb
Materi mengenai kurikulum sudah saya unduh untuk materi inovasi pendidikan sehingga memudahkan kita untuk belajar dalam mengadapi UAS.
Terima kasih pak buat materi yang bapak sajikan semoga kita semua dapat mengambil manfaat dari materi tersebut.
Wassalammualaikum Wr.Wb
NAMA : Dian Aditya Oktaviantika
BalasHapusNIM : A610100094
PROGDI : Pendidikan Geografi / 2010
kelas : B
Assalamualaikum Wr.Wb
Terima kasih pak atas Materi mengenai diferensiasi kurikulum yang bapak tampilkan dalam blog ini sudah saya unduh ,, semoga dengan adanya materi ini dapat bermanfaat bagi semua mahasiswa dan dapat menjawab dalam ujian UAS nanti dan semoga dapat menambah pengetahuan , wawasan bagi kita semua.
Wassalammualaikum Wr.Wb.
anisa harini triana
BalasHapusA610100095
pendidikan geografi
Assalamu'alaikum Wr.Wb
terimakasih pak atas materi yang telah bapak sajikan kepada kami,semoga materi ini bisa bermanfaat untuk kami mahasiswa FKIP Geografi...dan materinya sudah saya unduh pak
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Nama : Ariska Wulandari
BalasHapusNIM : A610100032
Pend. Geografi
Assalamualaikum Wr.Wb
Materi sudah saya unduh pak. Materi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk belajar.
Makasih bapak... :) :)
Wassalamualaikum Wr.Wb
Nama : Dyah Puspitasari
BalasHapusNIm : A610100025
Pend. Geografi
Assalamualaikum Wr.Wb
Terima kasih pak. Materi yang ada di blog ini sangat membantu mahasiswa. :)
Materi sudah saya unduh.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Nama : Sofira Laila Rahmawati
BalasHapusNim : A610100078
Progi: Pendidikan Geografi /2010
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Materi dari blog bapak sudah saya unduh sebagai bahan materi inovasi pendidikan. terimakasih untuk materi yang bapak sajikan.
wassalamu'alaikum Wr. Wb
Nama :Arif Suryawan
BalasHapusNim :A610100012
Pend Geografi
Assalamu'alaikum wr wb.
Terimakasih pak atas materi yang telah bapak berikan sehingga saya dapat mempelajarinya dan telah saya unduh.
Wassalamu'alaikum wr wb.
Nama :Wahyu Setyo Nugroho
BalasHapusNim :A610100024
Pend Geografi / 2010
Assalamu'alaikum wr wb.
Terimakasih kepada bapak Tjipto Subadi yang telah memberikan materi pelajaran dan saya sudah mengunduh materi tersebut sehingga saya dapat mempelajarinya dan sangat membantu mahasiswa untuk belajar. terimakasih.
Wassalamu'alaikum wr wb.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama :Evita Lylyana Dewi
BalasHapusNim :A610100083
Pend Geografi
Assalamu'alaikum wr wb.
Materi yang bapak berikan telah saya unduh sehingga saya dapat mempelajarinya. dan semoga bermanfaat bagi mahasiswa yang mempelajarinya. Terimakasih.
Wassalamu'alaikum wr wb.
Nama: Linta Fathimah
BalasHapusNIM : A610100011
Pend. geografi/2010
Assalamu'aliakum wr.wb
terimakasih pak, atas materi yang diberikan sangat membantu pemahaman saya tentang kurikulum.
materi yang diberikan sudah saya unduh pak.. mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi kami.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Nama : Octavina Mayansary
BalasHapusNim : A610100111
Progdi: Pendidikan Geografi / 2010
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Terimakasih buat materi yang bapak sajikan di blog ini,materi ini sangat membantu mahasiswa FKIP Geografi untuk menghadapi UAS, dan materi sudah saya unduh pak.
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb
nama : hildawati
BalasHapusnim:A610100010
progdy : pendidikan geografi
assalamu'alaikum wr.wb
sebelumnya terima kasih atas materi yang bapak berikan di blog ini, sangat super sekali...
kurikulum oke..
terima kasih pak buat materinya...:)
Nama : Nia Paramitha Sari
BalasHapusNIM : A 610100029
Progdi : Pendidikan Geografi
Assalamu'alaikum wr.wb
kepada pak tjipto yang saya hormati, terima kasih atas materi yang diberikan kepada kami, semoga materi ini akan bermanfaatkan bagi kami. Dan semoga UAS bsok kita dapat mengerjakan soal-soal dengan baik, dan mendapat nilai yang baik pula, amin
wassalamu'alaikum wr.wb
Nama : ANDITA YANUANTO
BalasHapusNIM : A610100036
Progdi : Pendidikan Geografi
materi yang bapak posting diblog sangat membatu saya dalam belajar, semoga sukses dan lancar dalam UAS. amin
terima kasih bapak.
Nama : ALWAN FITRIYANTO
BalasHapusNIM : A610100003
Prodi : Pendidikan Geografi / 2010
Kelas : A
Assalamu'alaikum wr.wb
Materi sudah saya unduh dan terimakasih, Insya Allah akan saya baca sebagai salah satu bahan UAS. waalaikumsalam Wr. Wb
Ainul Fata
BalasHapusA610100053
FKIP Geografi
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Materi mengenai kurikulum ini sangat baik ,,ini bisa menjadi bahan acuan saya ketika kelak menjadi guru.amin
sebagai referensi sudah baik mencakup banyak hal mengenai kurikulum.
semoga dapat menambah pengetahuan saya dan kelak dapat berguna materi ini.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Gesit Febi Andika
BalasHapusA610100037
FKIP Geografi
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Dengan membaca materi ini saya jadi mengerti bahw kurikulum itu adalah seperangkat rencana yang berisi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, isi, bahan pelajaran, cara yang digunakan, dan semua komponen yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.semoga kelak pengetahuan ini dapat berguna dan bisa saya terapkan dalam proses pembelajaran yang saya lakukan.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Nama : Isti Ridyawati
BalasHapusNIM : A.310110185
Progdi : PBSID
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Kurikulum Diferensiasi ini sangat membantu kita dalam menghadapi UAS, dan dapat mengasah karakteristik siswa.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Nama : UMI MUHIMAH
BalasHapusNIM : A610110076
Progdi : Pend.Geografi
Berdasarkan materi diatas bisa diambil kesimpulan bahwa materi kurikulum dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi menganai kurikulum dan membantu mahasiswa untuk menghadapi UTS dan UAS.terimakasich
Nama : Arga Radetya H
BalasHapusNIM : A610110035
Progdi : Pend.Geografi
Assalamu'alaikum.wr.wb
Materi diatas sudah saya baca dan saya menjadi paham mengenai materi kurikulum secara mendalam dan rinci.Wassalamu'alaikum.wr.wb
Nama : Andi Sahdam S
BalasHapusNIM : A610110018
Progdi : Pend. Geografi
Assalamu'alaikum.wr.wb
Materinya sangat membantu sekali dalam belajar mahasiswa mengenai kurikulum yang ada.terimakasih
Wassalamu'alaikum
Nama : Winda Dwiky N
BalasHapusNIM : A610110066
Progdi : pendidikan geografi
Assalamu'alaikum.wr.wb
Materinya sudah saya baca dan isinya sangat membantu saya dalam belajar serta menjadi acuan ketika saya menjadi guru dimasa yang akan datang.terimakasih
Wassalamu'alaikum.wr.wb
Nama : Errys Dwi S
BalasHapusNIM : A610110036
Progdi : pendidikan Geografi
Assalamu'alaikum.wr.wb
Materinya sangat bagus untuk dibaca, karena kita adalah seorang calon pendidik sehingga perlu mengerti mengenai kurikulum yang baik itu seperti apa jadi materi ini sangat penting untuk dipelajari.
Wassalamu'alaikum.wr.wb
Nama : Rizky Fajar R
BalasHapusNIM : A610110009
Progdi: Pend.Geogrfi
assalamu'alaikum.wr.wb
terimakasih atas materinya dengan membaca ini menambah ilmu bagi saya.
terimakasih
Wassalamualaikum.wr.wb
Nama:Herlian triastono
BalasHapusNim:A610110011
progdi:Pend.Geografi
assalamu'alaikum wr.wb
Terimakasih atas materi yg anda berikan dan dapat menambah ilmu saya.
Terimakasih
wassalamualaikum.wb.wr
Nama : Hanna puji maleeva
BalasHapusNim : a610110081
Prodi : FKIP Geografi
Assalamualaikum wr.wb
Terimakasih atas materi yang telah bapak berikan karena, sangat bermanfaat dan dapat menjadi bekal dimasa depan sebagai seorang pendidik .
Wassalamualaikum wr.wb
Nama : Indrayani
BalasHapusNIM : a610110051
Assalamualaikum wr.wb
materi yang bapak berikan bisa bermanfaat untuk calon seorang guru,terimakasih atas materi yang bapak berikan.wassalamualaikum wr.wb
NAMA :NURUL CHURIYAT
BalasHapusNIM : A 610110060
Assalamualaikum wr.wb
terimakasih atas materi yang bapak sampaikan ,materi tersebut sangat luar biasa sekali.semoga bisa bermanfaat bagi kehidupan saya.wassalamualaikum wr.wb
Nama : Perdana hadiid wijayanto
BalasHapusnim : a610110116
Assalamualaikum wr.wb
terimakasih atas materi yang pak cipto berikan , materi tersebut dapat menambah pengetahuan saya dan bermanfaat sebagai bekal sebagai seorang pendidik di masa depan .
Wassalamualaikum wr.wb
Nama : Mohammad Pandu Andino
BalasHapusNim : A 610110109
Pendidikan Geografi
Assalammualaikum wr.wb
Terimakasih pak, atas materi yang bapak berikan kepada saya. sehingga ilmu saya bertambah lagi, apalagi menurut saya materi ini sangat penting untuk diketahui oleh seorang calon pendidik (seperti saya ini), sebagai bekal untuk menjadi guru yg profesional. Semoga materi yang bapak berikan dapat saya manfaatkan sebaik-baiknya.
Wassalammualaikum wr.wb
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : IKHSAN NUR RASYIDIN
BalasHapusNim : A 610110083
Pendidikan Geografi
Assalammualaikum wr.wb
Terima kasih pak atas materi tentang kurikulum yang bapak posting, semoga dengan membaca materi ini saya semakin dapat memahami tentang arti dan fungsi kurikulum sesuai dengan mestinya. sekali lagi terima kasih pak.
Wassalammualaikum wr.wb
Assalamualaikum wr.wb.
BalasHapusterimakasih atas materi yang sudah di berikan.
Nama: Zainal Musthofa
NIM : A610110055
Assalamualaikum.wr.wb.
BalasHapusPak terimakasih atas kisi-kisi dan materinya sangat bermanfaat sekali.
Nama: Enik Suryati
NIM: A610110064
Assalamualaikum wr.wb.
BalasHapusterimakasih pak materinya bermanfaat sekali.
Nama: Retnaning Widiastuti
NIM: A610110068
assalamualaikum wr.wb.
BalasHapusterimakasih pak materinya bermanfaat bagi saya untuk di pelajari.
nama: Yudi Anggara
NIM: A610110057
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus